Senin, April 30, 2007

Wikipedia on a CD-ROM


WikiMedia Foundation and LinterWeb mengatakan mereka baru saja merilis Wikipedia Version 0.5, sebuah koleksi lebih dari 2000 artikel dari Wikipedia yang berbahasa Inggris.

Wikipedia Version 0.5 CD compatible dengan sistem operasi seperti Windows (mulai 98), Macintosh (Intel) OS X dan Linux x86. CD tersebut dapat dibawa pulang dengan merogoh kocek sebesar $13.99 atau dapat juga didownload dengan torrent melalui situsnya.

Wikipedia:Version 1.0 Editorial Team

Wikipedia 0.5 available on a CD-ROM

sumber : http://microsia.com

Ekapasers




Eka Pasers, Gardu, 28 April 2007

sumber : muhammadsoleh@...

The Guinness Book of World Records untuk Indonesia, Sebagai Negeri Penghancur Hutan Tercepat

Adalah Greenpeace yang mendaftarkan Indonesia ke lembaga tersebut. Dalam masalah penghancuran hutan, Indonesia dianggap luar biasa, sehingga layak masuk dalam catatan mereka. Sertifikat negara penghancur hutan tercepat di dunia pun diberikan untuk Indonesia.

Data yang dirujuk Greenpeace adalah data laporan State of the World's Forests 2007 yang dikeluarkan the UN Food & Agriculture Organization's (FAO). Namun mereka mengaku sekarang punya data terbaru, nanti akan dirilis.

Data FAO menunjukkan, dari sepuluh negara yang membentuk 80 persen hutan primer dunia, Indonesia, Meksiko, Papua Nugini dan Brasil mengalami kerusakan hutan terparah sepanjang kurun waktu 2000 hingga 2005.

Indonesia menghancurkan kira-kira 51 kilometer persegi hutan setiap harinya, setara dengan luas 300 lapangan bola setiap jam.

sumber : Detik.com

Pelangi Alangkah Indahmu

Fenomena alam ini biasa muncul sehabis hujan. Begitu indah sehingga menginspirasi banyak lagu, dongeng, dan legenda.

Pelangi adalah pembiasan cahaya. Ketika dibiaskan, cahaya akan berubah arah. Biasanya pembelokan ini terjadi ketika cahaya pindah dari medium satu ke yang lain. Hal ini terjadi karena cahaya bergerak dengan kecepatan dan medium (prisma kaca) berbeda.

Selain membiaskan cahaya, prisma memisahkan cahaya putih menjadi komponen warnanya. Warna cahaya yang berlainan ini berbeda frekuensinya, sehingga memiliki kecepatan tempuh berbeda ketika memasuki suatu zat.

Cahaya yang kecepatannya rendah di dalam kaca akan dibelokkan lebih tajam ketika pindah dari udara ke kaca, karena perbedaan kecepatannya berlainan. Tak mengherankan jika komponen yang membentuk cahaya putih dipisahkan berdasarkan frekuensinya ketika melewati kaca. Pada prisma, cahaya akan dibelokkan dua kali, ketika masuk dan keluar, sehingga penyebaran cahaya terjadi.

Tetesan air hujan dapat membiaskan dan menyebarkan cahaya mirip sebuah prisma. Dalam kondisi yang tepat, pembiasan cahaya ini membentuk pelangi.

Hari Pendidikan Nasional

ing ngarso sung tulodo — di depan memberi teladan
ing madyo mangun karso — di tengah membangun karya
tut wuri handayani — di belakang memberi dorongan

Itulah tiga kalimat dari ajaran seorang ningrat Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang kemudian mengganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara. Pelopor Perguruan Taman Siswa ini kemudian diangkat menjadi Bapak Pendidikan Nasional dan hari lahirnya 2 Mei (1889) diabadikan menjadi Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah pada tahun 1959.

sumber : Jay adalah Yulian

Jumat, April 27, 2007

Anak Sekolah, by Chrisye

Bukan aku tak tertarik
Akan kata rayuanmu
Saat matamu melirik
Aku jadi suka padamu

Tiap kali kau bermanja
Gemetar rasa didada
Ingin kubisikkan cinta
Tapi hati malu jadinya

Reff :
Engkau masih anak sekolah satu SMA
Belum tepat waktu tuk begitu begini
Anak sekolah datang kembali
Dua atau tiga tahun lagi


Angkutan Sungai (Waterway) Jakarta, Diresmikan Mei 2007

Keinginan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memfungsikan kali atau sungai sebagai salah satu jalur transportasi (waterway) seperti di kota Venesia, Italia akan segera terwujud. Karena, Pemprov DKI Jakarta akan meluncurkan dari Manggarai hingga Muara Angke pada bulan Mei 2007 mendatang.

“Kita akan resmikan pertengahan bulan depan (Mei-red),” jelas Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso di Balai Kota, Kamis (26/4). Demikian diikutip dari BeritaJakarta.com

Angkutan air (Waterway) Jakarta tersebut juga akan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya seperti busway, monorel, dan subway. Rute Manggarai-Muara Angke sepanjang 2 kilometer itu merupakan awal pengoperasian angkutan air di Ibu Kota yang membelah Kanal Barat dan Timur.

Pilot Projec transportasi sungai ini akan menghubungkan wilayah-wilayah yang sebelumnya tak terlayani angkutan umum lain. Dari Manggarai, Jakarta selatan, pengguna moda ini akan mengarungi sebagian Banjir Kanal Barat melalui kawasan Pasar Rumput, menembus Jembatan Rasuna Said, melalui tepian Jalan Galunggung, Stasiun KA Dukuh Atas, tepian Jalan KH Mas Mansyur, dan berakhir di Pintu Air Karet, Tanahabang, Jakarta Pusat.

Menurut rencana, angkutan air akan beroperasi dari pukul 07.00-19.00 WIB. Pada jalur ini akan dilengkapi dengan empat buah kapal berkapasitas 24 orang, akan melayani 22 trip atau perjalanan dengan frekuensi delapan kapal per jam dengan kecepatan 13 knot atau setara dengan 23,5 kilometer per jam.

Sementara kapal yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang memiliki panjang 10 meter, lebar 2,10 meter, dan tinggi 2,75 meter dengan mesin berkekuatan 2x100 Hp, milik Dinas Perhubungan (DISHUB).

Kapasitas kapal ini diperkirakan mencapai 183 penumpang dan setiap harinya dapat mengangkut sebanyak 2.193 penumpang.

Dermaga, sebagai tempat naik dan turunnya penumpang akan ada di lokasi-lokasi sebagai berikut :
* Dermaga Manggarai
* Dermaga Pasar Rumput
* Dermaga Rasuna Said (kiri dan kanan)
* Dermaga di Jalan Mas Mansyur
* Dermaga Dukuh Atas
* Dermaga di Jalan Latuharhari
* Dermaga Karet

Untuk jangka panjang, Pemprov DKI akan meneruskan rute dari Pintu Air Manggarai-Karet hingga ke Kapuk Muara, Jakarta Utara. Rute ini melintasi sejumlah permukiman penduduk antara lain Setia Budi-Tomang-Jembatan Besi-Jembatan Dua hingga Teluk Gong.

Boyz II Men Live in Concert

MyWILL Synergy Entertainment

15 Mei 2007
Istora Senayan Jakarta
19.00 WIB

It"s so hard to say goodbye to yesterday…., memang susah untuk Boyz II Men dan penggemarnya berpisah pada pertunjukan 2 Mei 2005 lalu di Jakarta. Untuk itu Boys II Men are back!

Nah, bagi Anda yang ketinggalan menikmati alunan suara romantis milik Wanya Morris, Shwan Stockman, dan Nathan Morris, jangan lewatkan pertunjukkan yang satu ini! Pada 15 Mei Mendatang, group asal Philadelphia ini akan menggelar konser kedua kalinya di Istora Senayan Jakarta pada pukul 19.00 WIB.

How do I say goodbye to what we had?
The good times that made us laugh
Outweigh the bad
I thought we"d get to see forever
But forever"s gone away
It"s so hard to say goodbye to yesterday…..

Rabu, April 25, 2007

Taman Lalu Lintas Hadir di Jakarta

Taman Lalu Lintas seluas lima hektar di Buperta Cibubur, Jakarta, sebagai wadah bermain dan belajar bagi siapa saja yang ingin belajar masalah lalu lintas diresmikan Ibu Presiden Ani Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 April 2007.

Menurut Ajun Komisaris Besar Dr Chrysanda DL MSi, ini adalah salah satu dari tiga belas program keselamatan jalan atau road safety. Yaitu Polisi Sahabat Anak, Patroli Keamanan Sekolah, Saka Bhayangkara Lantas, Police Goes to Campus, Traffic Management Centre, Kawasan Tertib Lalu Lintas, Kampanye Keselamatan Lalu Lintas, Operasi Khusus Kepolisian, Sekolah Mengemudi, Traffic Board, Safety Ridding, Taman Lalu Lintas dan Penegakan Hukum.

Tidur Berkualitas

Kualitas tidur merupakan sumber kesegaran, tenaga, dan vitalitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya. Kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak yang sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olah raga.

Yang terjadi pada tubuh selama kita tidur

Tidur adalah proses alamiah manusia untuk memberikaY kesempatan pada sel saraf (neuron) tubuh kita untuk beristirahat dan memperbaiki kondisinya.

Inilah yang terjadi pada tubuh kita selama kita tidur:
1. Tubuh memproduksi hormon pertumbuhan pada anak-anak dan orang dewasa muda
2. Produksi protein meningkat. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan memperbaiki kerusakan sel
3. Aktivitas otak pada bagian pengontrolan emosi, pengambilan keputusan, dan hubungan sosial akan beristirahat total
4. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa terjadi Sebuah pola signal yang terjadi berulang-ulang, yang mirip pada saat terjaga. Pola signal tersebut dapat membantu melakukan enkode pada sistem ingatan dan meningkatkan kemampuan belajar.

Tidur berkualitas

Semua manfaat tidur itu bisa diperoleh kalau tidur kita berkualitas. Artinya, tidur yang dalam alias nyenyak dan cukup porsinya dalam sehari. Inilah yang menjelaskan mengapa manusia disarankan untuk cukup tidur-menurut jam biologisnya, rata-rata 8 jam sehari. Kalau itu tidak tercukupi dan berlangsung terus menerus, maka keempat manfaat tadi tidak akan didapat, dan dapati dipastikan, kualitas hidup Anda bakal menurun.

Bentuk nyatanya, Anda lebih berisiko menderita hipertensi, lebih mudah marah dan stres, konsentrasi berkurang, dan lain sebagainya.

Caranya:

  • Pilih ruang tidur yang tenang, nyaman dengan ventilasi yang memadai
  • Tidurlah hingga Anda merasakan segar, namun jangan berlebihan
  • Untuk menyesuaikan siklus tidur Anda, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama pula setiap pagi harinya
  • Berolahragalah setiap hari, namun jangan terlalu dekat dengan waktu tidur. Anda boleh tidur setidaknya 6 jam setelah berolahraga
  • Hindari makan terlampau banyak sebelum tidur. Jika lapar membuat Anda tidak bisa tidur, konsumsilah makanan ringan
  • Jangan mengonsumsi kafein dan alkohol pada sore hari, karena akan membuat Anda sulit tidur di malam hari
  • Hentikan merokok, karena nikotin akan menghambat kenyamanan tidur Anda
  • Jangan bekerja, menonton televisi, atau membaca di atas tempat tidur. Hal itu akan membuat tubuh Anda sulit untuk tidur akibat pikiran Anda tidak beristirahat
  • Jangan berbaring di tempat tidur lebih dari 30 menit jika Anda tidak bisa tidur. Jika Anda sulit tidur, sebaiknya bangun sejenak, lakukan aktivitas ringan hingga Anda mengantuk, dan selanjutnya coba kembali memulai tidur Anda.
Cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda mengalami kekurangan tidur atau tidak

Cobalah untuk duduk-duduk santai di udara terbuka pada siang hari dan cukup cahaya matahari. Jika beberapa saat kemudian Anda merasa lelah, mengantuk, dan tertidur dengan mudah, tandanya Anda mengalami kurang tidur.

Selain hal tersebut, ada beberapa tanda lain orang yang mengalami kurang tidur. Misalnya, sulit menahan kantuk saat beraktivitas ringan, merasa lelah saat terjaga, sulit mengingat dan berkonsentrasi, mengantuk setelah makan, dan tidur lebih panjang di akhir pekan.

Mengatasi kekurangan tidur

Cobalah menambah waktu tidur harian Anda sekitar 15 hingga 30 menit setiap malam. Setelah 2-3 minggu, perhatikan, adakah perubahan dalam kualitas kerja, aktivitas, dan mood. Jika memang berubah baik, tambahkan lagi hingga Anda mencapai waktu tidur ideal, yaitu sekitar 8 jam sehari.

Selasa, April 24, 2007

World Book and Copyright Day

The connection between 23 April and books was first made in 1923 by booksellers in Catalonia as a way to honour the author Miguel de Cervantes who died on that day. This became a part of the celebrations of the Saint George's Day (also 23 April) in the region, where it has been traditional since the medieval era for men to give roses to their lovers and since 1925 for the woman to give a book in exchange. Half the yearly sales of books in Catalonia are at this time with over 400,000 sold and exchanged for over 4 million roses.

In 1995, UNESCO decided that the World Book and Copyright day would be celebrated on this date because of the Catalonian festival and because the date is also the anniversary of the birth and death of William Shakespeare, the death of Inca Garcilaso de la Vega and Josep Pla, the birth of Maurice Druon, Vladimir Nabokov, Manuel Mejía Vallejo and Halldór Laxness

Although 23 April is often stated as the anniversary of the deaths of both Shakespeare and Cervantes, this is not strictly correct. Cervantes died on 23 April according the the Gregorian calendar; however, at this time England still used the Julian calendar. Whilst Shakespeare died on 23 April by the Julian calendar in use in his own country at the time, in actual fact he died ten days after Cervantes, because of the discrepancy between the two date systems. The apparent correspondence of the two dates was a fortunate coincidence for UNESCO.

Minggu, April 22, 2007

WORLD BOOK DAY 2007 INDONESIA

Buku untuk Perubahan

Program dan Kampanye: 23 April s.d. 5 Mei 2007
Festival dan Pameran: 26 s.d. 29 April 2007

Perpustakaan Pendidikan Nasional dan Plasa Depdiknas, Senayan Jakarta Pusat

PENGANTAR

World Book Day yang dirancang oleh UNESCO adalah sebuah perayaan buku dan literasi yang diadakan setiap tahun di seluruh dunia. Indonesia pertama kali melaksanakannya di tahun 2006 dengan prakarsa Forum Indonesia Membaca yang didukung oleh berbagai pihak, baik itu pemerintah, dunia usaha, akademisi, komunitas dan masyarakat umum. Pada awalnya adalah bagian dari perayaan Hari Saint George di wilayah Katalonia sejak abad pertengahan dimana para pria memberikan mawar kepada kekasihnya. Namun sejak tahun 1923 para pedagang buku memengaruhi tradisi ini untuk menghormati Miguel de Cervantes, seorang pengarang yang meninggal dunia pada 23 April. Hingga itu sejak tahun 1925 para perempuan memberikan sebuah buku sebagai pengganti mawar yang diterimanya. Pada masa itu lebih dari 400.000 buku terjual dan ditukarkan dengan 4 juta mawar.

Pada tahun 1995, Konferensi Umum UNESCO di Paris memutuskan tanggal 23 April sebagai World Book Day berdasar keberadaan Festival Katalonia serta pada tanggal tersebut, Shakespeare, Cervantes, Inca Garcilaso de la Vega dan Josep Pla meninggal dunia sedangkan Maurice Druon, Vladimir Nabokov, Manuel Mejía Vallejo and Halldór Laxness dilahirkan. Walaupun pada kasus Shakespeare dan Cervantes ada sedikit perbedaan karena masing–masing meninggal dihitung dengan sistem kalender yang berbeda dimana pada masa
itu Inggris masih mempergunakan sistem Kalender Julian sedangkan Katalonia mempergunakan sistem Kalender Gregorian.

Perayaan ini merupakan bentuk penghargaan dan kemitraan antara pengarang, penerbit, distributor, organisasi perbukuan serta komunitas–komunitas yang semuanya bekerja sama mempromosikan buku dan literasi sebagai bentuk pengayaan diri dan meningkatkan
nilai–nilai sosial budaya kemanusiaan. Secara umum, tujuan diselenggarakannya World Book Day sebagai sebuah world event adalah untuk menyemangati masyarakat, terutama kalangan anak–anak untuk mengeksplorasi manfaat dan kesenangan yang bisa didapat dari buku dan membaca.

Acara–acara yang mengangkat dunia literasi sudah diselenggarakan di Indonesia, diantaranya ada 'Hari Buku Nasional', 'Hari Kunjungan Perpustakaan' sampai berbagai pameran dan bazaar buku (book fair) di tingkat lokal maupun nasional. Seiring dengan adanya globalisasi informasi dan perkembangan ilmu pengetahuan, sudah saatnya kita melebarkan aktivitas kita dalam dunia perbukuan dengan ikut berpartisipasi melakukan perayaan buku berskala internasional agar lebih menggaungkan buku dan literasi di tengah masyarakat Indonesia.

Forum Indonesia Membaca (FIM), sebuah organisasi sosial kemasyarakatan yang berkonsentrasi di aktivitas literasi, berupaya membuka ruang partisipasi seluas–luasnya kepada masyarakat dalam penguatan budaya baca. Setelah sukses dengan World Book Day yang diadakan pertama kalinya di Indonesia pada tahun 2006 di Plasa Depdiknas dan Perpustakaan Diknas, Senayan, Jakarta, dan banyaknya permintaan dari komunitas
literasi, lembaga, penerbit buku dan masyarakat umum maka di tahun 2007, Forum Indonesia Membaca, dengan mengambil tema ’Buku untuk Perubahan’, berusaha merealisasikan kembali pelaksanaan World Book Day di Indonesia menjadi sebuah tradisi festival yang tujuannya untuk merayakan buku dan literasi, dimana acara World Book Day membuka partisipasi masyarakat
sebesar–besarnya dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya buku dan membaca, serta mengapresiasi dunia perbukuan itu sendiri, baik itu terlibat sebagai pembicara, pengisi acara, peserta, maupun sebagai pengunjung. Kegiatan selama penyelenggaraan World Book
Day 2007 ini ditujukan untuk memunculkan wacana di masyarakat akan pentingnya buku, dunia membaca dan menulis sehingga muncul kesadaran di masyarakat untuk menggunakan literasi sebagai media perubahan dalam kehidupannya.


#Program Acara, Festival dan Pameran#

#
Senin, 23 April 2007 Jam 13.00 wib
Ruang Tengah Perpustakaan Pendidikan Nasional
Depdiknas, Senayan Jakarta Pusat

Dialog dan Ekspos Media
Perayaan World Book Day 2007 Indonesia
Buku untuk Perubahan bersama Tantowi Yahya (Duta Baca Indonesia), Angelina Sondakh (Komisi X DPR RI), Nasir Tamara (Millenium Development Goals National Coordinator for Target MDGs UNDP), Bambang Wasito Adi (Pusat Informasi dan Humas Depdiknas), Wien Muldian (Perpustakaan Diknas/library@senayan), Dessy Sekar Astina (Forum Indonesia Membaca).

#
Senin, 23 April 2007 jam 16.00 wib
Meet the International Author: Deborah Ellis
Ruang Tengah Perpustakaan Pendidikan Nasional Depdiknas, Senayan Jakarta Pusat
Deborah Ellis adalah penulis dari Kanada yang telah menulis belasan buku dan memenangkan beberapa penghargaan internasional. (jadwal tentatif menyesuaikan kedatangan penulis ke Indonesia)

#
Selasa, 24 April 2007
Kunjungan Komunitas Literasi ke Media

#
Rabu, 25 April 2007
Kunjungan Komunitas Literasi ke Penerbit


-----------------------------------------------
Kamis, 26 s.d. Minggu, 29 April 2007
-----------------------------------------------
Festival, Pameran Komunitas Literasi dan Bursa Buku
Murah
Jam 10.00 s.d. 19.00 wib
Plasa Depdiknas Senayan Jakarta

----------------------------
Kamis, 26 April 2007
----------------------------
1. Pembukaan Festival dan Pameran World Book Day 2007 Indonesia
2. Talkshow "Buku Untuk Perubahan" bersama para penulis cilik
3. Dongeng dan Lomba Berburu Buku untuk Anak
4. Pemutaran Film dan Diskusi ”Multatuli” bersama Rumah Dunia
5. Talkshow “Literasi dalam Millennium Development Goals”
6. Pemutaran Film ”The Night Listener”
7. dan acara-acara komunitas, penulis dan penerbit

----------------------------
Jum'at, 27 April 2007
----------------------------
1. Workshop Manajemen Perpustakaan dan Informasi untuk Komunitas
2. Workshop Manajemen Perpustakaan dan Informasi untuk Sekolah
3. Retrospeksi Tokoh “Sutan Takdir Alisjahbana”
4. Pemutaran Film ”Walkout”
5. Diskusi ”Menilik Budaya Lisan dan Aksara Daerah:Sebuah kearifan Lokal”
6. Pemutaran Film ”Freedom writer”
7. Reproduksi Cerita Lama bersama Komunitas Tjersil, Komik Silat dan Karl May (PKMI)
8. dan acara-acara komunitas, penulis dan penerbit


---------------------------
Sabtu, 28 April 2007
---------------------------

1. Klinik Literasi “How to Read a Book”
2. Klinil Literasi “Writing without Teachers”
3. Talkshow "Read Aloud”
4. Pemutaran Film ”Charlotte’s Web”
5. Bincang-Bincang “Biblioholic Lifestyle”
5. Pemutaran Film ”The Chorus”
6. Panggung Seni Komunitas Literasi
7. dan acara-acara komuntas, penulis dan penerbit

-----------------------------
Minggu, 29 April 2007
-----------------------------

1. Workshop Literacy for Family
2. Pengumuman Pemenang ”Library Quiz” Lomba untuk Siswa Sekolah Dasar
3. Pemutaran Film dari Rumah Pelangi Muntilan
4. Kopi Darat Komunitas Literasi Maya
5. Temu Komunitas ”Semua Bisa Melakukan Perubahan”
6. Penghargaan dari Pembaca untuk Dunia Literasi WBD 2007
7. Pengumuman Lomba Berburu Buku dan Tebak Buku untuk Remaja dan Dewasa
8. Acara-acara komunitas, penulis dan penerbit
9. Penutupan Festival dan Pameran World Book Day 2007 Indonesia


#
Jum’at, 4 Mei 2007
Meet the Librarian:
Prof. Jordan Scepanski
The International Relations Round Table (IRRT)
American Library Association
Dr Putu Laxman Pendit, Australia Harkrisyati Kamil, Indonesia

#
Sabtu, 5 Mei 2007
Workshop “Literacy for Family”

Festival ini akan diikuti oleh komunita literasi di Indonesia, antara lain:
EORLINGAS, Kelompok komunitas pecinta karya J.R.R.
Tolkien
Yayasan Tunas Cendikia
Komunitas Puisi Bunga Matahari
Yayasan Mitra Netra
Forum Lingkar Pena
Rumah Dunia Serang
Rumah Baca (RUMBA) Depok
Rumah Pelangi Muntilan
Kalam Bogor
Warung Bacaan Anak (WACANA)
Masyarakat Komik Indonesia (MKI)
Sanggar Rakyat Miskin Kota
Klub Pecinta Perpustakaan SMU 49 Jakarta
Himaka Library Care Unpad Jatinangor
KKS Melati Jakarta
Komunitas Penulis Bacaan Anak
Blogfam
Sanggar Anak Bulungan
Rumah Baca Maciku
Fedus, Bekasi
APISI , Asosiasi Pekerja Informasi Sekolah Indonesia
ASIPII, Asosiasi Sarjana Ilmu Perpustakaan dan
Informasi Indonesia
MATABACA, Majalah Perbukuan
Komunitas PasarBuku Indonesia
Perpustakaan Masyarakat Lamreh Aceh Besar NAD
Rumah Baca Kwartet Jakarta
TBM Mutiara Ilmu Bekasi
TBM Perahu Baca Cisauk Serpong
TJERSIL, Komunitas Komik Silat
Komunitas Komik Wayang
BRITZONE library@senayan English Club
Teras Book Club SMP Lab-School Kebayoran Jakarta
Mata Pena, Jaringan Literasi Pesantren
Komunitas 1001buku
Taman Bacaan Mabulir “Dauzan Farook” Kauman Jakarta
Komunitas AthenaeumLight Indonesia
Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Sulawesi Selatan
Indo Harry Potter
Komunitas Sejarah Historia
Komunitas Pendidikan School of Life
Komunitas Pekerja Buku Indonesia
Lembaga Sokola, Butet Manurung, Jambi
Forum Taman Bacaan Masyarakat
TBM Arjasari Bandung Jawa Barat
Perpustakaan Umum Jakarta Selatan
Indonesian Literacy Institute

kontak person:
Kepesertaan Komunitas: Riri, 0817 4807809
Kepesertaan Penerbit/Institusi: Sekar 021 70030093,
08568056192
Program Acara: Mahmudin 0817 9249345
Kerjasama Institusi dan Media: Ida 0818 934564
Sponsorship dan Stand Produk: Sekar 021 70030093,
08568056192
Email panitia: indonesiamembaca@...

Sekretariat Panitia WBD 2007 Indonesia
Ruang Komunitas library@senayan
Perpustakaan Pendidikan Nasional Gedung A Komplek
Depdiknas Senayan Jl. Jenderal Sudirman Jakarta Pusat

Program ini diselenggarakan oleh Forum Indonesia Membaca atas dukungan Perpustakaan Pendidikan Nasional Depdiknas Pusat Informasi dan Humas Setjen Depdiknas

Forum Indonesia Membaca
Sekretariat, Pusat Aktivitas dan Perpustakaan
Jl. Mampang Perapatan XVIII no. 6C
Duren Tiga Jakarta Selatan 12670

Indonesia Membaca! adalah gerakan berkelanjutan bersifat kultural edukatif yang berupaya memperbanyak akses informasi, memfasilitasi dan membuka ruang partisipasi seluas-luasnya kepada masyarakat dalam penguatan budaya baca. Sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan menguak kecintaan akan ilmu pengetahuan, seni dan nilai-nilai kemanusiaan, gerakan ini mensosialisasikan aktivitas membaca dan menulis di tingkat lokal (local literacy) serta mendukung tumbuhnya perpustakaan-perpustakaan komunitas (community libraries).

sumber : milis

Sabtu, April 21, 2007

Mengenang era 80-an

Biar aja orang pada bilang norak, jadul, najong, memble... yang penting kita2 tetep merasa kece dan juga hepi bisa bernostalgia.
Bernostalgia..., anda lahir pada tahun 1970-an atau di awal 1980-an? layaklah anda mengujungi blog "80-an" (http://lapanpuluhan.blogspot.com). Blog ini didedikasikan untuk anda yang ingin mengenang berbagai hal di era tahun 1980-an itu. Mulai dari makanan, film, serial TV, musik, dan juga life-style era 80-an dikupas di blog ini, pastinya akan membuat anda tersenyum sendiri bagi yang merasa pernah mengalaminya.

Untuk navigasi lebih mudah, telah dibuatkan Index (http://80s-index.blogspot.com),dalam indexnya kita bisa melihat beberapa categories yang disusun dalam blog 80-an diantaranya : Peristiwa, Olahraga, Buku, Films, Anak-anak, dll.

Mereka juga mengundang pada pengunjungnya untuk menyumbangkan tulisan bisa dikirim via email ke: q.inside@gmail.com.

Jumat, April 20, 2007

Hari Bumi 2007: Selamatkan Hutan dengan Tanganmu!

Hari Bumi 2007: Jeda Tebang Sekarang!
Hari Bumi 2007: Jeda Tebang Sekaran

Menyambut peringatan Hari Bumi pada Minggu, 22 April 2007, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) mengadakan serangkaian acara menarik untuk semua Sahabat WALHI.

Berikut rangkaian acara Hari Bumi yang dimulai dari tanggal 19 - 23 April 2007:

AKSI KREATIF SAHABAT WALHI DI HARI BUMI 2007
Tema: ”Selamatkan Hutan dengan Tanganmu!

Aksi simpatik ini akan dilakukan bersama dengan 250 Sahabat WALHI dari seluruh Indonesia!

Hari/tanggal: Minggu, 22 April 2007
Waktu: Pukul 09.00 - 13.00 WIB
Tempat: Bundaran HI, Jakarta Utara (kumpul di samping Plasa Indonesia)
Kostum: T-shirt putih dan jeans biru (ada kostum seru buat semua!)
Acara: Pawai dan aksi kreatif bersama Sahabat WALHI

Jangan lupa untuk membawa air minum sendiri (untuk mengurangi sampah), topi dan pakai tabir surya (ingat, pemanasan global!). Jangan lupa ajak teman, pacar, dan keluarga.

SEMINAR NASIONAL
Tema: ”Pemenuhan dan Pemulihan Keadilan Ekologis

Hari/Tanggal: Kamis, 19 April 2007
Waktu: Pukul 09.00 – 13.00 WIB
Tempat: Gedung Yayasan Tenaga Kerja Indonesia, Jl. Jend. Gatot Subroto, Kav. 44 Jakarta Selatan
Pembicara:

  1. Ibu Erna Witoelar (Duta Besar PBB untuk MDGs Asia-Pasifik)
  2. Bpk. Paskah Suzetta (Kepala BAPPENAS)*
  3. Bpk. Syaifullah Yusuf (Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal)
  4. Bpk. Emil Salim (Mantan Menteri Lingkungan Hidup)*
  5. Bpk. Hendro Sangkoyo (Peneliti, Pengamat Pertambangan dan Energi)
  6. Hira Jamtani (Aktivis Eko Feminis)

Moderator: Bapak Effendi Ghazali, Ph.D.

*dalam konfirmasi.

SEMINAR JAMBORE NASIONAL SAHABAT WALHI
Tema: ”Lingkungan, Kepemudaan, dan Kerelawanan

Hari/Tanggal: Senin, 23 April 2007
Waktu: Pukul 10.00 - 12.00 WIB
Tempat: Bumi Perkemahan Ragunan, Jl. Harsono RM (depan kantor pusat departemen pertanian Jakarta Selatan)
Pembicara:

  1. Bpk Chalid Muhammad (Direktur WALHI)
  2. Bpk Adhiyaksa Dault (Menteri Pemuda dan Olahraga)
  3. Bpk Isnu Handono

Moderator: Khalisah Khalid

Untuk info selengkapnya, klik www.walhi.or.id atau hubungi Utut di 0856 15 46 725 atau utut@walhi.or.id.

Bersama Sahabat WALHI se-Nusantara, ayo tunjukkan semangat dan serukan “Selamatkan Hutan dengan Tanganmu!”

Salam adil dan lestari,



Chalid Muhammad
Direktur


Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Helvi Lystiani
Pjs. Manajer Penggalangan Sumber Daya Eksekutif Nasional WALHI
Email Helvi Lystiani
Telepon kantor: +62-(0)21-791 93 363
Mobile:
Fax: +62-(0)21-794 1673

sumber : http://www.walhi.or.id

Raden Adjeng Kartini

Raden Adjeng Kartini atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini, (Jepara, 21 April 1879 - Rembang, 17 September 1904), adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Sosroningrat, bupati Jepara. Beliau putri R.M. Sosroningrat dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Kala itu poligami adalah suatu hal yang biasa.

Kartini lahir dari keluarga ningrat Jawa. Ayahnya, R.M.A.A Sosroningrat, pada mulanya adalah seorang wedana di Mayong. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Teluwakur, Jepara. Peraturan Kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Ajeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo.

Kartini adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari kesemua saudara sekandung, Kartini adalah anak perempuan tertua. Beliau adalah keturunan keluarga yang cerdas. Kakeknya, Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat bupati dalam usia 25 tahun. Kakak Kartini, Sosrokartono, adalah seorang yang pintar dalam bidang bahasa.

Sampai usia 12 tahun, Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School). Di sini antara lain Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit.

Karena Kartini bisa berbahasa Belanda, maka di rumah ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, dimana kondisi sosial saat itu perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah.

Kartini banyak membaca surat kabar Semarang De Locomotief yang diasuh Pieter Brooshooft, ia juga menerima leestrommel (paket majalah yang diedarkan toko buku kepada langganan). Di antaranya terdapat majalah kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang cukup berat, juga ada majalah wanita Belanda De Hollandsche Lelie. Kartini pun kemudian beberapa kali mengirimkan tulisannya dan dimuat di De Hollandsche Lelie. Dari surat-suratnya tampak Kartini membaca apa saja dengan penuh perhatian, sambil membuat catatan-catatan. Kadang-kadang Kartini menyebut salah satu karangan atau mengutip beberapa kalimat. Perhatiannya tidak hanya semata-mata soal emansipasi wanita, tapi juga masalah sosial umum. Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas. Di antara buku yang dibaca Kartini sebelum berumur 20, terdapat judul Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta karya Multatuli, yang pada November 1901 sudah dibacanya dua kali. Lalu De Stille Kraacht (Kekuatan Gaib) karya Louis Coperus. Kemudian karya Van Eeden yang bermutu tinggi, karya Augusta de Witt yang sedang-sedang saja, roman-feminis karya Nyonya Goekoop de-Jong Van Beek dan sebuah roman anti-perang karangan Berta Von Suttner, Die Waffen Nieder (Letakkan Senjata). Semuanya berbahasa Belanda.

Oleh orangtuanya, Kartini disuruh menikah dengan bupati Rembang, Raden Adipati Joyodiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka.

Anak pertama dan sekaligus terakhirnya, RM Soesalit, lahir pada tanggal 13 September 1904. Beberapa hari kemudian, 17 September 1904, Kartini meninggal pada usia 25 tahun. Kartini dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang.

Berkat kegigihannya Kartini, kemudian didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912, dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah "Sekolah Kartini". Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis.

Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Buku

  • Habis Gelap Terbitlah Terang

Pada 1922, oleh Empat Saudara, Door Duisternis Tot Licht disajikan dalam bahasa melayu dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang; Boeah Pikiran. Buku ini diterbitkan oleh Balai Pustaka. Armijn Pane, salah seorang sastrawan pelopor Pujangga Baru, tercatat sebagai salah seorang penerjemah surat-surat Kartini ke dalam Habis Gelap Terbitlah Terang. Ia pun juga disebut-sebut sebagai Empat Saudara.

Pada 1938, buku Habis Gelap Terbitlah Terang diterbitkan kembali dalam format yang berbeda dengan buku-buku terjemahan dari Door Duisternis Tot Licht. Buku terjemahan Armijn Pane ini dicetak sebanyak sebelas kali. Selain itu, surat-surat Kartini juga pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Armijn Pane menyajikan surat-surat Kartini dalam format berbeda dengan buku-buku sebelumnya. Ia membagi kumpulan surat-surat tersebut ke dalam lima bab pembahasan. Pembagian tersebut ia lakukan untuk menunjukkan adanya tahapan atau perubahan sikap dan pemikiran Kartini selama berkorespondensi. Pada buku versi baru tersebut, Armijn Pane juga menciutkan jumlah surat Kartini. Hanya terdapat 87 surat Kartini dalam "Habis Gelap Terbitlah Terang". Penyebab tidak dimuatnya keseluruhan surat yang ada dalam buku acuan Door Duisternis Tot Licht, adalah terdapat kemiripan pada beberapa surat. Alasan lain adalah untuk menjaga jalan cerita agar menjadi seperti roman. Menurut Armijn Pane, surat-surat Kartini dapat dibaca sebagai sebuah roman kehidupan perempuan. Ini pula yang menjadi salah satu penjelasan mengapa surat-surat tersebut ia bagi ke dalam lima bab pembahasan.

  • Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya

Surat-surat Kartini juga diterjemahkan oleh Sulastin Sutrisno. Pada mulanya Sulastin menerjemahkan Door Duisternis Tot Licht di Universitas Leiden, Belanda, saat ia melanjutkan studi di bidang sastra tahun 1972. Salah seorang dosen pembimbing di Leiden meminta Sulastin untuk menerjemahkan buku kumpulan surat Kartini tersebut. Tujuan sang dosen adalah agar Sulastin bisa menguasai bahasa Belanda dengan cukup sempurna. Kemudian, pada 1979, sebuah buku berisi terjemahan Sulastin Sutrisno versi lengkap Door Duisternis Tot Licht pun terbit.

Buku kumpulan surat versi Sulastin Sutrisno terbit dengan judul Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya. Menurut Sulastin, judul terjemahan seharusnya menurut bahasa Belanda adalah: "Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsa Jawa". Sulastin menilai, meski tertulis Jawa, yang didamba sesungguhnya oleh Kartini adalah kemajuan seluruh bangsa Indonesia.

Buku terjemahan Sulastin malah ingin menyajikan lengkap surat-surat Kartini yang ada pada Door Duisternis Tot Licht. Selain diterbitkan dalam Surat-surat Kartini, Renungan Tentang dan Untuk Bangsanya, terjemahan Sulastin Sutrisno juga dipakai dalam buku Kartini, Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan Suaminya.

  • Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904

Buku lain yang berisi terjemahan surat-surat Kartini adalah Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904. Penerjemahnya adalah Joost Coté. Ia tidak hanya menerjemahkan surat-surat yang ada dalam Door Duisternis Tot Licht versi Abendanon. Joost Coté juga menerjemahkan seluruh surat asli Kartini pada Nyonya Abendanon-Mandri hasil temuan terakhir. Pada buku terjemahan Joost Coté, bisa ditemukan surat-surat yang tergolong sensitif dan tidak ada dalam Door Duisternis Tot Licht versi Abendanon. Menurut Joost Coté, seluruh pergulatan Kartini dan penghalangan pada dirinya sudah saatnya untuk diungkap.

Buku Letters from Kartini, An Indonesian Feminist 1900-1904 memuat 108 surat-surat Kartini kepada Nyonya Rosa Manuela Abendanon-Mandri dan suaminya JH Abendanon. Termasuk di dalamnya: 46 surat yang dibuat Rukmini, Kardinah, Kartinah, dan Soematrie.

  • Panggil Aku Kartini Saja

Selain berupa kumpulan surat, bacaan yang lebih memusatkan pada pemikiran Kartini juga diterbitkan. Salah satunya adalah Panggil Aku Kartini Saja karya Pramoedya Ananta Toer. Buku Panggil Aku Kartini Saja terlihat merupakan hasil dari pengumpulan data dari berbagai sumber oleh Pramoedya.

  • Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya

Akhir tahun 1987, Sulastin Sutrisno memberi gambaran baru tentang Kartini lewat buku Kartini Surat-surat kepada Ny RM Abendanon-Mandri dan suaminya. Gambaran sebelumnya lebih banyak dibentuk dari kumpulan surat yang ditulis untuk Abendanon, diterbitkan dalam Door Duisternis Tot Licht.

Kartini dihadirkan sebagai pejuang emansipasi. Dalam kumpulan itu, surat-surat Kartini selalu dipotong bagian awal dan akhir. Padahal, bagian itu menunjukkan kemesraan Kartini kepada Abendanon. Banyak hal lain yang dimunculkan kembali oleh Sulastin Sutrisno.

  • Aku Mau ... Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903

Sebuah buku kumpulan surat kepada Stella Zeehandelaar periode 1899-1903 diterbitkan untuk memperingati 100 tahun wafatnya. Isinya memperlihatkan wajah lain Kartini. Koleksi surat Kartini itu dikumpulkan Dr Joost Coté, diterjemahkan dengan judul Aku Mau ... Feminisme dan Nasionalisme. Surat-surat Kartini kepada Stella Zeehandelaar 1899-1903.

"Aku Mau ..." adalah moto Kartini. Sepenggal ungkapan itu mewakili sosok yang selama ini tak pernah dilihat dan dijadikan bahan perbincangan. Kartini berbicara tentang banyak hal: sosial, budaya, agama, bahkan korupsi.

Kamis, April 19, 2007

Stasiun luar angkasa "Salyut 1, " 19 April 1971

Salyut 1 (DOS 1) adalah stasiun luar angkasa buatan manusia yang pertama. Salyut 1 diluncurkan pada 19 April 1971. Awak pertamanya yang diluncurkan dalam Soyuz 10 gagal masuk akibat kegagalan pada mekanisme pelabuhan (docking mechanism); awak keduanya diluncurkan dalam Soyuz 11 dan berada di Salyut 1 selama 23 hari. Sayangnya, sebuah valva penyeimbang-tekanan dalam kapsul reentry Soyuz 11 terbuka terlalu awal ketika para awak kembali ke Bumi, menewaskan ketiganya. Salyut 1 memasuki atmosfer Bumi kembali pada 11 Oktober 1971.

Stasiun luar angkasa Salyut 7 (DOS 6) juga diluncurkan tanggal 19 April, tepatnya pada tahun 1982.

CD Linux Ubuntu 7.04 (Feisty Fawn) Gratis!

Tidak seperti Ubuntu Edgy yang hanya disediakan versi downloadnya saja, Feisty tampaknya akan dibagi bagi gratis dalam bentuk keping cd via Shipit . Hal ini dapat dibuktikan dari pengumuman yang terpasang di situsnya. Tampaknya Ubuntu sedang bersiap - siap mengcopy ribuan keping cd dan covernya untuk selanjutnya disebar ke luruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

More about Ubuntu :
Ubuntu is a community developed, linux-based operating system that is perfect for laptops, desktops and servers. It contains all the applications you need ...
Download - www.ubuntu.com/download
Information - www.ubuntu.com/desktop
server - www.ubuntu.com/server
Shipit - Free CDs - https://shipit.ubuntu.com

Full Circle is an e-magazine run by the Ubuntu community

Duta Muda ASEAN-Indonesia 2007

Bila kalian merasa punya pengetahuan dan wawasan yang luas, saatnya untuk membuktikan. Tunjukkan bakat dan prestasi, wakili Indonesia untuk menjadi Duta Muda ASEAN – Indonesia 2007

Ketentuan :
  • Mahasiswa dan mahasiswi dari seluruh Universitas/Akademi di Indonesia Berprestasi
  • Indeks Prestasi Komulatif di atas 2,75 bagi mahasiswa D-3/S-1 dan 3,00 bagi mahasiswa S-2
  • Berwawasan luas dan memahami tentang Indonesia dan ASEAN
  • Pengalaman organisasi
  • Mempunyai bakat bidang seni dan budaya
  • Menguasai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya
  • Kreatif dan inovatif
  • Berpenampilan menarik dengan tinggi badan minimum 165 cm untuk mahasiswa dan 160 cm untuk mahasiswi
  • Umur peserta tidak lebih dari 30 tahun pada tanggal 8 Agustus 2007 dan belum menikah.
Persyaratan peserta:
  • Mengisi dan mengirim formulir pendaftaran
  • Menyertakan copy Kartu Mahasiswa Universitas/Akademi yang masih berlaku
  • Menyertakan foto berwarna ukuran kartu pos seluruh badan dan close up masing-masing 2 lembar, tanpa rekayasa, menggunakan kaos putih dan celana panjang berwarna gelap
  • Menyertakan tulisan sendiri dengan tema “Duta Muda ASEAN-Indonesia 2007 Towards ASEAN Community’ dalam dalam Bahasa Inggris maksimal 2 halaman kwarto, huruf Arial 12, diketik 1,5 spasi
  • Sebarkan nilai persahabatan, ikuti pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia 2007
  • Menyertakan copy bukti prestasi pendukung
Formulir dapat diambil dari Website Departemen Luar Negeri RI dengan alamat http://www.deplu.go.id

Batas Waktu Pendaftaran, Formulir dan kelengkapannya diterima selambat-lambatnya Sabtu, 12 Mei 2007 dan ditujukan kepada:

Sekretariat Panitia Lomba Pemilihan Duta Muda ASEAN-Indonesia 2007
C.q. Direktorat Kerjasama Fungsional ASEAN
Departemen Luar Negeri RI
Jl. Pejambon No. 6 , Gedung Utama Lantai 9
Jakarta 10110

PEKAN KERJA 2007, 20-21 APRIL 2007

http://JOBindo.Com dan International Events Asia mengundang anda untuk mengikuti
Pekan Kerja 2007 Terbesar pada Tahun 2007, yaitu:

PEKAN KERJA 2007
Tanggal : 20-21 April 2007
Waktu : 08.00 - 20.00 WIB
Gedung Balai Kartini.
Jl. Jend Gatot Subroto Kav 37.
Jakarta 12950.

Pekan Kerja ini diikuti oleh lebih dari 100 Perusahaan Nasional dan Internasional dengan lebih dari 2000 LOWONGAN.
Lowongan Kerja tersedia untuk Level Staff s/d Manager dari perusahaan ternama di sektor:

MIGAS (Oil & Gas), Keuangan & Perbankan, Perdagangan & Pemasaran, Otomotif, Properti, Manufaktur, Konsultan, Konstruksi dan lain-lain.

Bawalah minimal 20 CV anda yang terkini untuk hasil maksimal di Pekan Kerja 2007!

Untuk informasi mengenai pekan kerja 2007 anda dapat dengarkan di:

"PEKAN KERJA 2007 RADIO TALKSHOW":
- SELASA 17 APRIL 2007 di RADIO MUSTANG (jam 09:00-10:00)
- RABU 18 APRIL 2007 di RADIO RAMAKO (jam 08:00-08:45)
- JUMAT 20 APRIL 2007 di TRIJAYA FM (jam 08:00-09:00)

PEKAN KERJA 2007 terselenggara atas kerjasama:
Jobindo.Com dan PT. Interevents Asia

Informasi hubungi ke no: 021-70716659
**************************************

PT. JOBINDO INDONESIA
Jl. Raya Panjang No. 10 Jakarta Barat, Indonesia
Tel: 62-21-53668535(Hunting), 021-70949944
Fax: 62-21-53678358

PT. International Events Asia
Gedung Kantor Taman A9 Unit C5 4th Floor Lot. 8-9
Kawasan Mega Kuningan Jakarta 12950
Telephone: +62 21 576 4240
Fax: +62 21 576 4239

Jumat, April 13, 2007

Tumbuhan di planet lain mungkin tidak "hijau"

Tumbuhan diplanet lain kemungkinan akan didominasi oleh warna merah atau kuning, ilmuan NASA mengumumkan pada hari Rabu lalu.

Tumbuhan di bumi terlihat hijau dikarenakan klorofil yang ada di dalamnya. Molekul klorofil menyerap sebagian besar cahaya biru dan merah untuk fotosintesis, suatu proses kimia yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan makan. Mata kita melihat sisa cahaya yang dipantulkan, membuat tumbuhan terlihat hijau.

Namun cahaya dari bintang (matahari panet lain) tidak sama (dengan yang dihasilkan oleh matahari), begitu pula cahaya yang mencapai planet tersebut, proses fotosintesis tumbuhan di planet lain mengalami perubahan untuk menyerap spektum cahaya lainnya. Ini yang menurut ilmuan NASA akan menyebabkan pantulan warna yang berbeda dengan kemungkinannya adalah merah atau kuning.

Referensi :
NASA: Plants on other planets not green
New hue: Plants on other planets may be yellow, red
Colorful Worlds: Plants on Other Planets Might Not Be Green

Bengawan Solo - Gesang Martohartono


bengawan solo, riwayatmu ini
sedari dulu jadi perhatian insani
musim kemarau, tak seberapa airmu
di musim hujan air meluap sampai jauh ...

mata airmu dari solo
terkurung gunung seribu
air mengalir sampai jauh
akhirnya ke laut ...

itu perahu, riwayatmu dulu
kaum pedagang s'lalu naik itu perahu


Mbah Gesang

Mitos Cinta

Supaya tidak 'tersesat', kini saatnya untuk mengetahui mana mitos yang benar dan yang mengada-ada!

1.Lebih Baik Punya Banyak Pacar Sebelum 'Serius' dengan Seseorang
TERGANTUNG. Kita bisa belajar lebih banyak tentang diri sendiri, merumuskan pasangan seperti apa yang kita butuhkan, dan belajar menekan rasa egois. Semua ini bakal kita ketahui lewat pengalaman cinta. Tapi bukan berarti jadi playgirl, ya....

2.Kita Baru Benar-benar Mengenal Pasangan Setelah Menikah
BENAR. Umumnya, sih, saat pacaran (yang cuma beberapa jam sehari itu...) si dia cuma memperlihatkan yang 'baik-baik'. Setelah menikah, tinggal bareng dan mengalami berbagai situasi bersama-sama, baru deh, kita mengenal aslinya....

3.Sekali-sekali Bertengkar Itu Baik
SALAH. Banyak pasangan yang menganggap pertengkaran adalah bumbu hubungan cinta karena berarti tidak ada lagi yang disembunyikan dari pasangan. Padahal, pertengkaran justru memicu komentar yang menyakitkan. Pertengkaran memang mungkin terjadi antar manusia termasuk juga dalam urusan cinta, jalan terbaik dalam menyelesaikan persoalan adalah dengan bicara baik-baik sambil berusaha mengontrol emosi masing-masing.

4.Kalau Cinta, Masing-masing Harus Menerima Apa Adanya dan Tidak Boleh
Saling Melontarkan Kritik :
SALAH. Saling menerima satu sama lain bukan berarti lantas menganggap semua perilakunya baik-baik saja. Ingat, kritik adalah bentuk kepekaan untuk memperbaiki perilaku pasangan yang tidak menyenangkan. Kalau implisit tidak berhasil coba dengan ekspilit. Sebaiknya, sih, lontarkan dengan niat bahwa semua ini dilakukan demi kebaikan bersama. Dia tidak akan sakit hati berkepanjangan setelah mengetahui tujuan kita yang lebih besar.

5.Kesamaan Minat Mempererat Hubungan Cinta
SALAH. Justru dengan perbedaan itu, hubungan cinta jadi lebih menyenangkan, lebih kuat dan lebih intim. Yang lebih penting untuk dilakukan adalah saling memberi dukungan dan perhatian terhadap minat, hobi, kebiasaan, dan cara hidup masing-masing.

6.Cinta dan Seks Berjalan Seiring
SALAH. Tidak semua orang punya pemikiran semacam ini. Cowok (emang cowok banyak yang berpikir kayak gini ya?) semacam ini umumnya tidak atau belum peduli akan kelanjutan masa depannya.

sumber : tidak diketahui

Kamis, April 12, 2007

IPDN adalah singkatan dari ...

Setelah menjadi "Headline" di seluruh media Nusantara, atas pemberitaan terkait kasus kematian Praja Madya Cliff Muntu, kini ternyata IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) mempunya banyak kepanjangan nama baru, berikut adalah beberapa yang beredar dimilis-milis!

  • Institut Penyiksaan dan Neraka
  • Institut Penganiayaan Dalam Negeri
  • Institut Pembantaian Dalam Negeri
  • Institut Pengkaderan Diktator Negara
  • Institut Paling Demen Ngeroyok
  • Ikatan Praja Doyan Nonjok
  • Injak Pukul Dorong Nah ... mati..
  • Inginnya Pendidikan Dapetnya Nisan
  • Ideologi Pejabat Durjana Negara
  • Inilah Pendidikan Dalam Negeri kita..
  • Ingin Pipis Dulu Nak ...! ???

Terlepas dari siapa yang salah, Pemerintah Indonesia memang perlu perbaikan diberbagai bidang termasuk pendidikan para kadernya.

Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan agar sistem pendidikan di IPDN dirombak dan dibenahi secara menyeluruh.

Berbahasa Indonesia Yang Baik dan Mendingan

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia baik di SD, SMP, maupun SMA, sering kita mendengar himbauan dari guru untuk menggunakan "Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar". Ternyata "Berbahasa Indonesia Yang Baik dan Benar" itu tidaklah mudah, banyaknya bahasa daerah dan pengaruh lingkunga dan media (cetak & elektronik), seringkali mempengaruhi kita dalam berbahasa.

Adalah Polisi EYD, sebuah blog yang didedikasikan untuk kaidah berbahasa indonesia khususnya ejaan. Secara teknis, ejaan adalah penulisan huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Blog ini membahas pemakaian ejaan—yang berpedoman pada EYD—serta penggunaan bahasa Indonesia pada umumnya.

Sayangnya blog yang menyatakan resmi pindah ke alamat http://weblogs.or.id/polisieyd/, ternyata pada artikel ini ditulis, alamat http://weblogs.or.id/polisieyd/ tidak aktif. Mudah-mudahan ini hanya masalah teknis semetara saja.

Bila memang kita belum mampu, setidaknya kita sudah berusaha Berbahasa Indonesia Yang Baik dan Mendingan.

Realtime Statistic 109 High blogs

General Statistic

PageRank Plus - Google PageRank checking, with a twist.

Last 30 Days Visits and Page Views



Country Share

Rabu, April 11, 2007

Apollo 13 (April 11, 1970)

Apollo 13 was the third manned lunar-landing mission, part of Project Apollo under the NASA in the United States. It launched on April 11, 1970. Two days after the launch, the Apollo spacecraft was crippled by an explosion, causing the Service Module portion of the Apollo Command/Service Module to lose its oxygen and electrical power. The crew used the Lunar Module as a “lifeboat” in space. The command module systems remained functional, but were deactivated to preserve its capability to reenter Earth’s atmosphere upon return to the earth. The crew endured difficult conditions due to severe constraints on power, cabin heat, and potable water, but successfully returned to Earth.

Selasa, April 10, 2007

Festival Sinema Perancis ke-12, 2007

Pecinta film di Indonesia kembali bakal dipuaskan. Pasalnya, Festival Sinema Perancis (FSP) kembali digelar mulai 13 April hingga 22 Mei 2007. Enam kota besar di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Denpasar, Lampung, dan Balikpapan dipilih untuk menggelar 35 film Perancis. Di Jakarta, festival akan berlangsung di beberapa tempat, yakni Djakarta Theatre XXI, Cilandak 21, dan Blitz Megaplex Grand Indonesia.

Atase Kerja sama Audio Visual Kedubes Perancis Pierre Devoluy mengatakan, pelaksanaan FSP tahun ini dimajukan dari bulan Juni menjadi April. “Kami mengikuti Festival Film Cannes yang juga dimajukan, sehingga kalau digelarnya setelah Festival Cannes, sulit untuk mendapatkan kopi film-nya,” ungkap Devoluy dalam konferensi pers yang digelar Rabu (4/4) di Jakarta.

Rencananya, FSP ke-12 akan dibuka oleh Duta Besar Perancis dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata pada 13 April di Djakarta Theatre XXI. Sebagai film pembuka adalah film komedi berjudul Hors de prix, yang disutradarai Pierre Salvadori dan dibintangi Audrey Taotou, Gad Elmaleh, dan Marie-Christine Adam.

Lebih Beragam

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, FSP ke-12 ini menghadirkan film yang lebih beragam, sehingga pantas disebut sebagai potret masyarakat Perancis dari berbagai angle . Berbagai genre film dihadirkan. Mulai dari drama, komedi, horror, animasi, thriller, kisah perang, maupun kisah percintaan.

“Festival kali ini memiliki karakter yang kuat dari keberagaman film yang diputarnya. Kami juga memutar film animasi karya sineas Perancis dan mendatangkan sineas Perancis untuk menggelar workshop bekerja sama dengan Institut Kesenian Jakarta,” tambah Konselor Kerja sama dan Kebudayaan Kedubes Perancis Gilles Garachon.

Total, ada 35 film berbahasa Perancis yang akan diputar yang diproduksi 2005-2007. “Bahkan ada film yang baru diluncurkan tiga bulan yang lalu di Perancis,” lanjut Garachon. Beberapa film yang diputar tersebut ada yang memenangkan festival film atau masuk nominasi.

Seperti biasa, FSP akan memilih 10 film yang akan dikompetisikan. Sepuluh film itu adalah A Perfect Day (drama), Quand j’etais chanteur (drama), La trahison (drama), Coeur (drama), Jean-philippe (komedi), 13 tzameti (thriller), Je m’apple Elizabeth (drama-komedi), Azur et asmar (animasi), Moliere (komedi), dan Meurtriere ( drama).

Tahun ini, yang diberi kesempatan untuk menjadi juri kompetisi film tersebut adalah Ria Irawan, Lukman Sardi, Ben Joshua, sutradara Teddy Soeriaatmadja, Olga Lydia, dan Ardina Rasti. Mereka akan menentukan siapakah yang memenangkan kategori film terbaik, actor dan aktris terbaik, sutradara terbaik, dan skenario terbaik pada malam penutupan tanggal 22 April di Blizt Megaplex Grand Indonesia.

“Sebuah kehormatan bagi syaa untuk duduk sebagai dewan juri. Buat saya, film Eropa seperti Perancis memiliki cara bertutur, rasa, dan budaya yang berbeda sehingga memperkaya pengetahuan kita. Mudah-mudahan festival ini bisa menjadi semangat untuk memajukan perfilman Indonesia,” ujar Olga Lidya.

Mendukung Olga, sutradara Teddy Soeriaatmadja mengaku sudah menikmati film-film Perancis sejak dulu. “Bahkan banyak karya-karya saya yang ter- influence dari film-film Perancis,” aku Teddy .

Daftar stasiun radio di Jakarta (dan sekitarnya)

101 Jak FM: 101.0 MHz
Arief Rahman Hakim (ARH-Global Radio): 88.4 MHz
Attahiriyah (ER Radio): 98.7 MHz
Bergaya Nyanyian Irama Sejati,PT - Bens Radio: 106.2 FM - Ciputat,Kab. Tangerang
Buana Komunika,PT - Radio Univ. Mercu Buana - 810 AM Jakarta
Cakrawala Gita Swara: 98.3 MHz
Camajaya Surya Nada, PT - Radio Camajaya: 102.6 Jakarta
Classical, News and Jazz (CNJ Radio): 99.9 MHz
Cosmopolitan FM: 90.4 MHz
Delta FM: 99.1 MHz
Elshinta: 90.0 MHz
Female Radio: 99.5 MHz
Garda Asia Bumi (Woman Radio): 94.3 MHz
Gracia,PT - 720 AM Jakarta
Hana Citra Swara Jakarta,PT - 1494 AM Jakarta
Hardrock FM: 87.6 MHz
Heartline FM: 100.6 MHz
IMAX - Community Radio FM 104.0 Cijantung - East Jakarta
Indika Milenia (Indika FM): 91.6 MHz
I-Radio: 89.6 MHz
KIS FM: 95.1 MHz
Media Suara Trisakti,PT FM: 104.2 Jakarta
MERSI FM: 93.9 MHz Bandar Dangdut Indonesia
Mitra Carita 16, PT - Music City (MC): 107.5 FM - Cimanggis, Kab. Bogor
Mustang FM: 88.0 MHz
Niaga Chakti Bhudi Bhakti, PT - CBB FM: 105.4 FM Jakarta
OTOMOTION Radio: 97.5 MHz
PAS FM: 92.4 MHz - Radio Bisnis Jakarta phone: 021 6339160
Perkumpulan Mahasiswa Univ. Tarumanagara - 1098 AM Jakarta
Pesona Gita Anindita, PT - Pesona FM: 103.8 Jakarta
Pop FM Jakarta: 103.0 MHz
Prambors FM : 102.2 MHz
Puspa Dwi Cipta Swara,PT - 936 AM - P2SC Jakarta
Radio Alaikassalam Sejahtera Jakarta PT.(RAS FM): 95.5 MHz
Radio Dangdut-TPI: 97.1 MHz
Radio El-Gangga: 100.3 MHz - Bekasi
Radio Kayumanis: 97.9 MHz
Radio Pelita Kasih (RPK FM): 96.3 MHz
Radio Sonora: 92.0 MHz
Radio Suara As Syafi'iyah, PT : AM 792 Khz
Radio Utan Kayu: 89.2 MHz
Ragesa Radio AM 1458 Khz
Ramako Jaya Raya, PT - Ramako FM: 105.8 FM - Jakarta
RRI 1332 AM Jakarta
RRI 999 AM Jakarta
RRI Jakarta Pro 1: 91.2 MHz
RRI Jakarta Pro 2 (Pro 2 FM): 105.0 MHz
RRI Jakarta Pro 3: 88.8 MHz
RRI Jakarta Pro 4: 92.8 MHz
Sabda Sosok Sohor, PT - Radio Muara -: 106.6 FM Jakarta
Sekuntum Bunga Yonina,PT - 666 AM - Radio SBY Jakarta
Sentra Komedi: 93.2 MHz
Siaran Pusat Cendrawasih,PT - 1062 AM Jakarta
Smart FM: 95.9 MHz
Suara Gema Pembangunan Utama (SP FM): 90.8 MHz
Suara Mega Asri Indonesia,PT - 1080 AM Jakarta
Suara Melin Perdana,PT - 603 AM - KBR68H Jakarta
Suara Metro (Polda Metro Jaya): 107.8 FM
Suara Multazam,PT - 1026 AM Jakarta
Suara Tunggal Angakasa Raya,PT - STAR FM: 107.3 FM - Kota Tangerang
Swara Rhadana Dunia (Radio A): 96.7 MHz
Taman Mini, PT (D Radio): 103.4 FM Jakarta
Terik Matahari Bahana Pembangunan PT.,Radio Bahana 101.8 FM
Tona,PT - 702 AM - Batak's Radio Station - Jakarta
Trax FM: 101.4 MHz
Trijaya Shakti,PT FM: 104.60 Jakarta
U FM (Agustina Yunior): 94.7 MHz

Daftar kode telepon di Indonesia

Berikut adalah daftar kode telepon di Indonesia.

Nanggroe Aceh Darussalam

* 0627 - Subussalam
* 0629 - Kutacane
* 0641 - Langsa
* 0642 - Blangkejeren
* 0643 - Takengon
* 0644 - Bireuen
* 0645 - Lhokseumawe
* 0646 - Idi
* 0650 - Sinabung (Simeulue)
* 0651 - Banda Aceh, Jantho, Lamno
* 0652 - Sabang
* 0653 - Sigli
* 0654 - Calang
* 0655 - Meulaboh
* 0656 - Tapaktuan
* 0657 - Bakongan
* 0658 - Singkil
* 0659 - Blangpidie

Sumatra Utara

* 061 - Medan, Binjai, Stabat
* 0620 - Pangkalanbrandan
* 0621 - Tebingtinggi
* 0622 - Pematangsiantar
* 0623 - Kisaran, Tanjungbalai
* 0624 - Rantauprapat
* 0625 - Parapat
* 0626 - Pangururan
* 0627 - Sidikalang, Salak
* 0628 - Karo
* 0630 - Telukdalam
* 0631 - Sibolga
* 0632 - Balige
* 0633 - Tarutung
* 0634 - Padangsidempuan
* 0636 - Panyabungan
* 0638 - Barus
* 0639 - Gunungsitoli

Sumatra Barat

* 0751 - Padang, Pariaman
* 0752 - Bukittinggi, Batusangkar, Padangpanjang, Payakumbuh
* 0753 - Lubuksikaping
* 0754 - Sawahlunto
* 0755 - Solok, Alahanpanjang
* 0756 - Painan
* 0757 - Balaiselasa
* 0759 - Muarasiberut

Riau

* 0760 - Telukkuantan
* 0761 - Pekanbaru, Pangkalankerinci, Rumbai
* 0762 - Bangkinang
* 0763 - Selatpanjang
* 0764 - Siak Sri Indrapura
* 0765 - Dumai, Duri
* 0766 - Bengkalis
* 0767 - Bagan Siapi-api
* 0768 - Tembilahan
* 0769 - Rengat, Airmolek

Kepulauan Riau

* 0771 - Tanjungpinang
* 0772 - Terempa
* 0773 - Ranai
* 0776 - Dabosingkep
* 0777 - Tanjungbalai Karimun
* 0778 - Batam, Kabil, Nongsa
* 0779 - Tanjungbatu

Jambi

* 0741 - Jambi
* 0742 - Kualatungkal
* 0743 - Muarabulian
* 0744 - Muaratebo
* 0745 - Sarolangun
* 0746 - Bangko
* 0747 - Muarabungo
* 0748 - Sungaipenuh

Sumatra Selatan

* 0711 - Palembang, Pangkalanbalai, Betung
* 0712 - Kayuagung
* 0713 - Prabumulih
* 0714 - Sekayu
* 0731 - Lahat
* 0733 - Pendopo, Lubuk Linggau
* 0734 - Muaraenim
* 0735 - Baturaja

Bangka-Belitung

* 0715 - Belinyu
* 0716 - Muntok
* 0717 - Pangkalpinang, Sungailiat
* 0718 - Koba, Toboali
* 0719 - Manggar, Tanjungpandan

Bengkulu

* 0732 - Curup
* 0736 - Bengkulu, Tais
* 0737 - Argamakmur, Mukomuko
* 0738 - Muara Aman
* 0739 - Bintuan, Manna

Lampung

* 0721 - Bandarlampung
* 0724 - Kotabumi
* 0725 - Metro
* 0726 - Menggala
* 0727 - Kalianda
* 0728 - Liwa
* 0729 - Pringsewu

Jakarta Raya

* 021 - Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi

Banten

* 0252 - Rangkasbitung
* 0253 - Pandeglang, Labuan
* 0254 - Serang, Cilegon, Merak

Jawa Barat

* 022 - Bandung, Cimahi, Soreang , Lembang
* 0231 - Cirebon, Losari
* 0232 - Kuningan
* 0233 - Majalengka, Kadipaten
* 0234 - Indramayu, Jatibarang
* 0251 - Bogor
* 0257 - Pasauran
* 0260 - Subang, Pamanukan
* 0261 - Sumedang
* 0262 - Garut
* 0263 - Cianjur
* 0264 - Purwakarta
* 0265 - Tasikmalaya, Banjar, Ciamis, Pangandaran
* 0266 - Sukabumi, Pelabuhan Ratu
* 0267 - Karawang

Jawa Tengah

* 024 - Semarang, Ungaran
* 0271 - Surakarta (Solo), Kartasura, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen
* 0272 - Klaten
* 0273 - Wonogiri
* 0275 - Purworejo
* 0276 - Boyolali
* 0280 - Majenang, Sidareja (Kabupaten Cilacap bagian barat)
* 0281 - Purwokerto, Banyumas, Purbalingga
* 0282 - Cilacap (bagian timur)
* 0283 - Tegal, Slawi, Brebes
* 0284 - Pemalang
* 0285 - Pekalongan, Batang (bagian barat)
* 0286 - Banjarnegara, Wonosobo
* 0287 - Kebumen, Gombong
* 0289 - Bumiayu (Kabupaten Brebes bagian selatan)
* 0291 - Demak, Jepara, Kudus
* 0292 - Purwodadi
* 0293 - Magelang, Mungkid, Temanggung
* 0294 - Kendal, Kaliwungu, Weleri (Kabupaten Batang bagian timur)
* 0295 - Pati, Rembang, Lasem
* 0296 - Blora, Cepu
* 0297 - Karimun Jawa
* 0298 - Salatiga, Ambarawa (Kabupaten Semarang bagian tengah dan selatan)

DI Yogyakarta

* 0274 - Yogyakarta, Sleman, Wates, Bantul, Wonosari

Jawa Timur

* 031 - Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Bangkalan
* 0321 - Mojokerto, Jombang
* 0322 - Lamongan, Babat
* 0323 - Sampang
* 0324 - Pamekasan
* 0325 - Sangkapura (Bawean)
* 0327 - Kepulauan Kangean, Kepulauan Masalembu
* 0328 - Sumenep
* 0331 - Jember
* 0332 - Bondowoso, Sukosari, Prajekan
* 0333 - Banyuwangi, Muncar
* 0334 - Lumajang
* 0335 - Probolinggo, Kraksaan
* 0336 - Ambulu, Puger (Kabupaten Jember bagian selatan)
* 0338 - Situbondo, Besuki
* 0341 - Malang, Kepanjen, Batu
* 0342 - Blitar, Wlingi
* 0343 - Pasuruan, Pandaan, Gempol
* 0351 - Madiun, Caruban, Magetan, Ngawi
* 0352 - Ponorogo
* 0353 - Bojonegoro
* 0354 - Kediri, Pare
* 0355 - Tulungagung, Trenggalek
* 0356 - Tuban
* 0357 - Pacitan
* 0358 - Nganjuk, Kertosono

Bali

* 0361 - Denpasar, Gianyar, Kuta, Tabanan, Tampaksiring, Ubud
* 0362 - Singaraja
* 0363 - Amlapura
* 0365 - Negara, Gilimanuk
* 0366 - Klungkung, Kintamani
* 0368 - Baturiti

Nusa Tenggara Barat

* 0370 - Mataram, Praya
* 0371 - Sumbawa
* 0372 - Alas, Taliwang
* 0373 - Dompu
* 0374 - Bima
* 0376 - Selong

Nusa Tenggara Timur

* 0380 - Kupang, Baa (Roti)
* 0381 - Ende
* 0382 - Maumere
* 0383 - Larantuka
* 0384 - Bajawa
* 0385 - Labuhanbajo, Ruteng
* 0386 - Kalabahi
* 0387 - Waingapu, Waikabubak
* 0388 - Kefamenanu, Soe
* 0389 - Atambua

Kalimantan Barat

* 0561 - Pontianak, Mempawah
* 0562 - Sambas, Singkawang, Bengkayang
* 0563 - Ngabang
* 0564 - Sanggau
* 0565 - Sintang
* 0567 - Putussibau
* 0568 - Nangapinoh

Kalimantan Tengah

* 0513 - Kualakapuas, Pulangpisau
* 0519 - Muarateweh
* 0522 - Ampah
* 0525 - Buntok
* 0526 - Tamianglayang
* 0528 - Purukcahu
* 0531 - Sampit
* 0532 - Pangkalanbun, Kumai
* 0534 - Kendawangan
* 0536 - Palangkaraya, Kasongan
* 0537 - Kualakurun
* 0538 - Kualapembuang
* 0539 - Kualakuayan

Kalimantan Selatan

* 0511 - Banjarmasin, Banjarbaru, Martapura, Marabahan
* 0512 - Pelaihari
* 0517 - Kandangan, Barabai, Rantau, Negara
* 0518 - Kotabaru, Batulicin
* 0526 - Tanjung
* 0527 - Amuntai

Kalimantan Timur

* 0541 - Samarinda, Tenggarong
* 0542 - Balikpapan
* 0543 - Tanahgrogot
* 0545 - Melak
* 0548 - Bontang
* 0549 - Sangatta
* 0551 - Tarakan
* 0552 - Tanjungselor
* 0553 - Malinau
* 0554 - Tanjungredeb
* 0556 - Nunukan

Sulawesi Utara

* 0430 - Amurang
* 0431 - Manado, Tomohon, Tondano
* 0432 - Tahuna
* 0434 - Kotamobagu
* 0438 - Bitung

Gorontalo

* 0435 - Gorontalo, Limboto
* 0443 - Marisa

Sulawesi Tengah

* 0450 - Parigi
* 0451 - Palu
* 0452 - Poso
* 0453 - Tolitoli
* 0457 - Donggala
* 0458 - Tentena
* 0461 - Luwuk
* 0462 - Banggai
* 0463 - Bunta
* 0464 - Ampana
* 0465 - Kolonedale

Sulawesi Barat

* 0422 - Majene
* 0426 - Mamuju
* 0428 - Polewali

Sulawesi Selatan

* 0411 - Makassar, Maros, Sungguminasa
* 0413 - Bulukumba
* 0414 - Bantaeng (Selayar)
* 0417 - Malino
* 0418 - Takalar
* 0419 - Janeponto
* 0420 - Enrekang
* 0421 - Parepare, Pinrang
* 0422 - Manene
* 0423 - Makale, Rantepao
* 0427 - Barru
* 0428 - Wonomulyo
* 0471 - Palopo
* 0473 - Masamba
* 0481 - Watampone
* 0482 - Sinjai
* 0484 - Watansoppeng
* 0485 - Sengkang

Sulawesi Tenggara

* 0401 - Kendari
* 0402 - Baubau
* 0403 - Raha
* 0404 - Wanci
* 0405 - Kolaka
* 0408 - Unaaha

Maluku dan Maluku Utara

* 0910 - Bandaneira
* 0911 - Ambon
* 0913 - Namlea
* 0914 - Masohi
* 0915 - Bula
* 0916 - Tual
* 0917 - Dobo
* 0918 - Saumlaku
* 0921 - Soasiu
* 0922 - Jailolo
* 0923 - Morotai
* 0924 - Tobelo
* 0927 - Labuha
* 0929 - Sanana
* 0931 - Saparua

Papua dan Irian Jaya Barat

* 0901 - Timika, freeport, Tembagapura
* 0902 - Agats (Asmat)
* 0951 - Sorong
* 0952 - Teminabuan
* 0955 - Bintuni
* 0956 - Fakfak
* 0957 - Kaimana
* 0966 - Sarmi
* 0967 - Jayapura, Abepura
* 0969 - Wamena
* 0971 - Merauke
* 0975 - Tanahmerah
* 0980 - Ransiki
* 0981 - Biak
* 0983 - Serui
* 0984 - Nabire
* 0986 - Manokwari

Seluler

* 0811, 0812, 0813, 0852 - Telkomsel
* 0814, 0815, 0816, 0855, 0856, 0858 - Indosat
* 0817, 0818, 0819, 0859 - XL
* 0832 - Lippo Telecom
* 0888 - Mobile-8
* 0896 - Tri

Senin, April 09, 2007

Mahasiswi FHUI Menangi Kompetisi Internasional

Hanna Azkiya, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), berhasil mencetak prestasi dan mengharumkan nama Indonesia dalam fora Internasional dengan memenangi kompetisi peradilan semu bergengsi di Amerika Serikat.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Prof. Hikmahanto Juwana SH di Jakarta, Rabu, mengatakan Hanna Azkiya, mahasiswi angkatan 2003 ber-IPK 2,96, menjadi Best Oralist (Oralis peringkat I) pada kompetisi peradilan semu bergengsi internasional Philip C. Jessup Moot Court Competition yang diselenggarakan pada tanggal 25 hingga 31 Maret di Washington DC.

Hanna menyisihkan rekan-rekannya dari 95 universitas dunia yang mencakup lebih dari 200 mahasiswa, termasuk dari fakultas dan sekolah hukum dari Amerika Serikat, Inggris, Australia, Singapura, China dan Malaysia.

Pengumuman oleh panitia dari Intenational Law Students Association (http://www.ilsa.org) dilakukan pada tanggal 31 Maret pukul 9 malam waktu setempat. Peradilan semu Philip C. Jessup Moot Court Competition merupakan peradilan simulasi dari International Court of Justice yang berkedudukan di Den Haag.

Peradilan semu ini diadakan oleh International Students Association yang berada di bawah American Society of International Law sejak tahun 1960. Oralist adalah mahasiswa yang berperan sebagai pengacara untuk menyampaikan argumentasi dan pertanyaan simultan yang dilontarkan oleh hakim.

Disamping kemampuan bahasa, Oralist dituntut untuk bisa menjawab berbagai pertanyaan secara tepat dan pandai dalam memilih kata dan kalimat. Pendeknya Oralist diuji kemampuan beracara di depan sidang.

Hanna Azkiya yang lahir pada tanggal 10 Oktober 1986 telah mengikuti kompetisi Jessup sebanyak dua kali. Ia pernah meraih prestasi sebagai Best Speaker dalam pertandingan peradilan semu bidang Maritim pada tahun 2005 di Sydney, Australia.

Dalam kompetisi Jessup tingkat nasional (national round) di Jakarta awal tahun ini, Hanna Azkiya terpilih sebagai Best Oralist. Kemampuan bahasa Inggris dan ketrampilan untuk meyakinkan hakim di depan sidang dari mahasiswi yang menggunakan jilbab dan lulus dari SMU Al-Azhar, Kemang, ini memang luar biasa. Memang pantas bagi Hanna untuk mendapat peringkat pertama sebagai Oralist.

Sementara itu, Tim Fakultas Hukum UI tahun ini belum berhasil masuk dalam 24 besar dunia. Terakhir tim UI mencetak prestasi pada tahun 2004 yang pada saat itu masuk sebagai Octafinalist.

Menurut Hikmahanto, Universitas Indonesia, khususnya Fakultas Hukum, sangat bangga atas prestasi yang dicetak oleh Hanna Azkiya. Komitmen UI untuk "go international" dan menjadikan dirinya "World Class University" semakin nyata dengan prestasi yang diraih oleh institusi, pengajar dan mahasiswanya.

"Prestasi ini pula yang diharapkan dapat memberikan harapan bidang hukum di Indonesia yang saat ini mengalami banyak tantangan. Generasi penerus menjadi kunci bagi reformasi dan pembenahan hukum di Indonesia di masa mendatang," demikian Hikmahanto. Saat ini Hanna Azkiya beserta Tim UI masih berada di Amerika Serikat.

sumber : http://www.suaramerdeka.com

Minggu, April 08, 2007

Lumut

Dalam bahasa Indonesia, lumut merupakan istilah umum untuk menyatakan sekumpulan tetumbuhan (vegetasi) kecil yang tumbuh menutupi suatu permukaan. Dari sudut pandang taksonomi, vegetasi ini mungkin tergolong dalam divisio tumbuhan lumut, lumut hati, lumut tanduk, fungi, alga, lumut kerak, atau bahkan tumbuhan berbiji (lumut spanyol).

Lumut mampu menyerap banyak karbon dioksida dan karbon monooksida, sehingga dapat berfungsi sebagai indikator pencemaran.

Lumut biasanya tidak disukai keberadaannya, khususnya bila tumbuh di tempat orang melakukan aktivitas (misalnya di tembok rumah, kantor, atau pagar). Pengendalian lumut biasanya dilakukan dengan pemberian oksidator kuat pada konsentrasi rendah yang banyak dijual sebagai pemutih (bleach), misalnya larutan natrium hipoklorit 4% (tersedia dalam beberapa merek dagang) atau larutan hidrogen peroksida 4%.

Tahukah Anda... Di bumi Indonesia tumbuh sekitar 1500 spesies lumut, sementara di dunia terdapat 4000 spesies? Dengan demikian Indonesia memiliki sekitar 38% dari kekayaan lumut dunia. Taman lumut dengan jumlah koleksi terbesar di dunia terdapat di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur? Taman ini memiliki sekitar 170 spesies lumut yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

Aliansi Blogger Nasional

Para blogger Malaysia membentuk The National Alliance of Bloggers (Aliansi Blogger Nasional) pada hari Kamis, 5 April 2007. Tujuan dibentuknya Aliansi Blogger Nasional Malaysia ini adalah untuk melindungi para blogger dan berusaha membuat pemerintah mengerti sudut pandang mereka.

Aliansi ini dibentuk setelah sebelumnya, dua orang blogger dituntut kepengadilan oleh Pemerintah Malaysia atas tuduhan pencemaran nama baik. Berikut dikutip dari Yahoo!, 6 April 2007 :
"When certain quarters in government become hostile towards bloggers, I believe they mean to aim their hostility at a small group of bloggers or online writers whose views and takes of current affairs they fear," Ahirudin wrote.
Bagaimana di Indonesia? Geliat blogger Indonesia terus meningkat perlukah kita membetuk sejenis "Aliansi Blogger Nasional Indonesia" untuk melindungi Blogger Indonesia?


artikel terkait lainnya :

Dadu

Dadu (dari bahasa Latin: datum yang berarti "sesuatu yang diberikan atau dimainkan") adalah sebuah objek kecil yang umumnya berbentuk kubus yang digunakan untuk menghasilkan angka atau simbol acak. Dadu digunakan dalam berbagai permainan anak-anak dan judi. Umumnya, dadu digunakan berpasangan. Dadu tradisional berbentuk kubus seringkali dengan sudut yang tumpul dan memiliki angka atau simbol yang berbeda di setiap sisinya. Dadu dirancang untuk memberikan satu angka bulat acak dari satu sampai enam dengan probabilitas yang sama. Keistimewaan yang lainnya adalah, jumlah nilai pada sisi berlawanan selalu berjumlah 7 (Tujuh).

Jumat, April 06, 2007

I'm still loving you


Want one? Go to http://109high.blogspot.com/2007/04/im-still-loving-you.html

Copy the code below and add/paste it to your friends testimonial


A ... to ... Z of Blogging

Following is A ... to ... Z of blogging including blogging tools, platforms, services and ways of making money from blogging. It's should help you improve your blogging.

A

AdSense - contextual ad program by Google
Adbrite - sell text ads
Amazon Associates - popular affiliate program
aStore - add an Amazon Store to your Blog
AdGenta - text ads by Qumana (see ‘Q’)
AdRotator - WP ad rotating plugin
Akismet - Comment Spam Fighting Tool
Adhearus - pay per click advertising
AdWords - the advertisers side of AdSense - many bloggers use it to promote their blogs
Agloco - advertising referral system
AzoogleAds - advertising system
Audio Blogger - adds audio to your blog

B

Build A Niche Store- add an eBay store to your site
Bidvertiser - bid based advertising
Blog Ads - blog advertising network
Blog Jet - blog editing tool
Blog Desk - blog editing tool
Bloglines - Web based RSS feed reader
BlogPulse - blog search tool
BlogPolls - tool for putting polls on your blog
Blog Poll - another blog poll tool
Backpackit - useful organizational tool
Blogger.com - blog platform
Bloggers for Hire - bloggers looking for work and potential employers looking for bloggers
BlogSitter.net - service for find guest bloggers while you take a holiday
BlogBurst - syndicates bloggers content for mainstream medium
BlogFlux - blog services portal
BlogRolling - a blogroll management tool
Blogbeat - blog metrics tool
Blogger Jobs - a blog following the advertising of blog jobs

C

Chitika eMiniMalls - advertising program
CrispAds - blog advertising network
Creative Commons - copyright licenses
Copyscape - tool for checking for content theft/plagiarism
Clicksor - advertising program
Clickbank - library of many affiliate products
Commission Junction - collection of many affiliate programs
Casale Media - advertising solution

D

Del.icio.us - social bookmarking
Digg - social bookmarking
Drupal - blog platform
DomainsBot - a tool for finding domain names
Digital Point - useful forum for webmasters

E

Ecto - blog editing tool
Expression Engine - blog platform
Endo - News aggregator for Mac Users
Ether - lets readers book a consulting call with you from your sidebar

F

Feedburner - RSS feed management tool - also provides Feed Advertising
Feedster - RSS search Tool
FeedDemon - RSS reader from NewsGator
FeedBlitz - email blog and RSS subscription service
Flickr - photo sharing and hosting
Flock - a browser with in built blogging
Furl - social bookmarking
Free Blog Polls
FilmLoop - free photocasting network
Feedpass - RSS management - integrates with AdSense
Favicon Maker - make Favicons from photos

G

Google Analytics - Metrics Tool
Gabbly - add chat to your blog
Google Reader - RSS reader
Gnoos - Australian made blog search tool
Google News - tracking news - many use it as a source of content
Google Blog Search - Google’s…. blog search
Google Sitemaps - get indexed in Google

H

Haloscan - a free commenting system for blogs (a little dated but I was a tad desperate for a ‘H’

I

IntelliTXT - In text advertising
Ice Rocket
- blog search engine

J

Jar (as in Tip Jar) - many bloggers ask their readers for donations/tips - but few make much from them

K

Kanoodle - Advertising program
Kontera - In text advertising
Keyword and Backlink Tracker - Search Engine ranking tool

L

LiveJournal - Blog Platform
Linkshare - Affiliate Program

M

Mars Edit - Blog Editing Tool
Memeorandum - Tracking and Aggregating news from blogs
MyBlogLog - Metrics Tool
Mint - Blog Metrics Tool
MovableType - Popular blog platform
MeCommerce - Sidebar shop - in beta
MSN Adcenter - Coming Soon - Contextual ads

N

NewsGator - RSS News Readers
Nichebot - keyword research tool
Nameboy - domain name generator
Nucleus CMS - open source blog platform
Netvibes - RSS News Aggregator
Netscape Beta - Social Bookmarking Tool

O

Only Wire - social bookmarking service
Overture Keyword Tool - keyword research tool

P

Performancing - great blog, firefox blog editor and metrics tools
Pheedo - RSS advertising
Post2Blog - Blog Editing tool - blog using Word, IE or Firefox
Pingoat - Pinging Tool
Pingomatic - Pinging Tool
pMachine - Blog Platform
Paypal - Payment tool - used by many affiliate programs and ad systems to pay publishers
PPCalc - Paypal Fee Calculator
PubSub - service that notifies you of new content
Photobucket - image and video hosting

Q

Qumana - Blog Editing Tool

R

Rojo - RSS feed reader
RocketPost - Blog posting tool
Right Media - advertising
Rmail - subscribe from any RSS feed to email

S

Sitemeter - a free website stats tool used by many bloggers
Six Figure Blogging - learn to make money blogging (one of my blogging resources)
Shoplinc - add a Chitika store to your blog
Scoopt Words - service to sell bloggers content to mainstream media editors
Sitening - Search Engine ranking tracker
Sparklines - sidebar widgets/graphs
Skype - VOIP tool for networking, podcast interviews etc
Spam Karma - WP comment spam tool
Sitepoint - Forums for webmasters
Slide - photo hosting, slideshows etc
SoloSub - RSS feed management tool
Squidoo - good alternative place to put content, make money and promote your blog
Snap - a preview tool to give your readers a preview of external links on your blog

T

Text Link Ads - text link advertising system
Technorati - Blog Search engine
Topix - News service - used by many bloggers to find stories
TagCloud - tool for making tag clouds
TinyURL - make long URLs tiny ones
TypePad - Hosted Blogging Platform
Tribal Fusion - Impression Based Ads
3bubbles - live chat on a blog

U

Unobtrusive Sidenotes - a way of putting sidenotes in your posts

V

ValueClick - Impression Based Ad Program (was FastClick)
Vizu - blog polls tool
Vox - a new blogging/social bookmarking platform from Six Apart (in beta)

W

WordPress - Blog Platform - very popular
w.bloggar - blog editing tool
Webpad - web based text editor
Weblogs.com - recently updated blogs - aggregator
WebmasterWorld - forums for webmasters

X

Xanga - Weblog Community

Y

YPN - Contextual Advertising Service
Yutter - RSS/Blog Subscription Service
YouTube - Video Hosting/Sharing
Yutter - RSS/Blog Subscription Service
Yahoo News - Tracking News from around the Web

Z

Zookoda - RSS to Email and Newsletter tool
Zoudry - blog editor

If there's any new or unlisted, we'll be glad to get inform and make the update!

reference : http://www.problogger.net

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...