Minggu, November 29, 2009

Manfaat Pemanasan Sebelum Berolah Raga

Memutuskan untuk rutin berolahraga adalah hal yang baik. Namun, jangan lupa untuk memulainya dengan pemanasan. Lantas sebenarnya seberapa penting pemanasan itu?

Saat Anda rutin berolah raga, banyak sekali manfaat yang didapat. Baik dari turunnya berat badan, semakin kuatnya otot dan tulang, hingga lancarnya sistem kardiovaskular.

Beberapa latihan awal dapat menyakitkan apabila Anda mengabaikan langkah kecil yang penting sebelum berolah raga, yakni pemanasan. Sepenting itukah pemanasan sebelum berolah raga?

Jawabannya ya! Tujuan utama dari pemanasan adalah mempersiapkan seluruh tubuh Anda baik sistem kardiovaskular, sendi-sendi hingga otot-otot sebelum tubuh bekerja keras.

Layaknya mesin mobil yang dipanaskan, pemanasan sebelum berolah raga berfungsi juga untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga meningkatkan kadar oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu pemanasan juga mengurangi resiko cedera selama berolah raga. Karena tanpa melakukan pemanasan sendi-sendi dan otot-otot kerap kaget sehingga menimbulkan cidera. Bahkan pemanasan juga dapat meningkatkan kinerja selama program latihan Anda.

2 komentar:

jauharotul maknunah mengatakan...

Salam kenal admin,,

Artikel yang sangat bemanfaat sekali... Kalu boleh tau ni... Apakah ada waktu khusus yang baik untuk melakukan pemanasan? Dan ada g jenis baju senam wanita khusus yang harus digunakan?

Thanks buat jawabannya ya? :)

muhamad rozali mengatakan...

terima kasih artikelnya sangta memabntu dan menambah wawasan isinya praktis dan mudah di pahami. sya juga mengulas hal yang hampir sama anda bisa berkunjung ke blog saya di http://bisaspeak.blogspot.com/

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...