Jumat, Februari 09, 2007

Belajar dari Para Jenius

Bagaimana cara orang jenius berpikir dan berusaha ? Ternyata ada beberapa hal positif yang dapat kita petik dan terapkan dalam pola belajar sehari-hari.

Pertama, lihatlah persoalan dari berbagai cara. Jangan pernah puas dengan cara yang telah biasa. Terus berusaha untuk mencari cara baru. Apa yang bakal kita dapat kadang merupakan cara yang lebih praktis dan efisien.

Kedua, pergunakan visualisasi dan metafora. Kemampuan untuk memvisualisasikan suatu persoalan adalah salah satu ukuran kejeniusan seseorang. Kenapa? Karena dengan demikian ia mampu menerjemahkan hal-hal yang sulit ke dalam bentuk yang lebih sederhana.

Ketiga, jangan pernah berhenti. Orang gagal akan berhenti dan bertanya, "Mengapa saya gagal?" Sebaliknya, orang yang berpikiran jenius akan balik bertanya ke diri sendiri, "Apa yang telah saya lakukan?" Jadi tidak perlu buang waktu untuk meratapi kegagalan. Gunakan waktu seefisien mungkin untuk bangkit kembali dari kegagalan. Caranya? Tidak berhenti berusaha, melihat kembali, menganalisa dan mengevaluasi apa yang telah dilakukan.

- Dikutip dari Belajar dari Para Jenius, Kompas, 27 April 2004.

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...