Sabtu, Agustus 01, 2009

Kontes Suara Konsumen 2009

Kegiatan Kontes Suara Konsumen ini merupakan kegiatan dari Perbankan Nasional yang diselenggarakan oleh Tim Kelompok Kerja (POKJA) Edukasi Masyarakat di Bidang Perbankan dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai produk & jasa Bank serta kesadaran hak dan kewajibannya sebagai nasabah.


Latar Belakang
  • Bank sebagai lembaga intermediasi dan pelaksana sistem pembayaran memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia mengingat pangsa perbankan yang masih sangat mendominasi sistem keuangan di Indonesia.
  • Namun demikian, interaksi antara perbankan dan masyarakat belum se-intensif yang diharapkan.
  • Hasil baseline survey tingkat literasi dan pemahaman masyarakat terhadap produk keuangan dan perbankan di tahun 2006 menyimpulkan edukasi sangat diperlukan. Untuk itulah Bank Indonesia (BI), bank-bank, dan asosiasi perbankan menetapkan tahun 2008 sebagai Tahun Edukasi Masyarakat di Bidang Perbankan.
  • Dalam Arsitektur Perbankan Indonesia (API) yang diluncurkan Januari 2004 ada program utama dalam peningkatan perlindungan & pemberdayaan nasabah.
    1. penyusunan mekanisme pengaduan nasabah bank;
    2. pembentukan lembaga mediasi independen;
    3. penyusunan standar transparansi informasi produk perbankan; dan
    4. edukasi nasabah.

Tujuan dan Manfaat

  • Mengetahui seberapa besar pemahaman masyarakat terhadap produk /Jasa Bank & LPS
  • Sarana mengekspresikan pemikiran dan pendapat masyarakat tentang Bank
  • Memberikan masukan ke Bank terhadap pelayanan selama ini sehingga dapat memperbaiki produk & jasa yang ditawarkan
  • Mengedukasi masyarakat dalam memilih & memanfaatkan produk & jasa perbankan sesuai dengan profil nasabah
  • Lebih teredukasi untuk mengetahui manfaat, hak, kewajiban dan risiko yang dihadapi
  • Tahu lebih banyak lagi fungsi Bank meningkatkan partisipasi aktif masyarakat di dunia perbankan

Tema “Aku dan Bank” – voice of customer (suara konsumen) mencakup pengalaman masyarakat tentang produk dan layanan bank, peran bank di keluarga, masyarakat dan Negara. Merupakan ekspresi, pengalaman maupun persepsi masyarakat terhadap produk dan jasa perbankan antara lain: Tabungan,Kartu Kredit, ATM, Customer Service, Kredit Tanpa Anggunan dan Produk Perbankan (Bank Umum, Bank Syariah, Bank BPR)


Bentuk Suara Konsumen yang dilombakan :



















Ketentuan lomba sekurangnya mencakup batasan bank yang diperluas ke bank umum, syariah, BPR/S


KATEGORI PESERTA
  1. Pelajar Sekolah menengah Atas di seluruh Indonesia,dan mahasiswa dari perguruan tinggi negeri/ swasta di seluruh indonesia dari segala jurusan dan disiplin ilmu / berusia 16 – 25 tahun (kode: PPM)
  2. Guru/ Dosen/Wartawan media nasional atau daerah yang meliputi bidang ekonomi, keuangan, perbankan dan hukum (kode: PDW)
  3. Masyarakat Umum (kode: PMU)

Finalis akan diumumkan melalui surat dan website Bank Indonesia (www.bi.go.id) serta di kontessuarakonsumen.blogspot.com pada tanggal 15 September 2009

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...