Rabu, September 16, 2009

Pertamina Gelar Olimpiade Sains Nasional

Berhadiah Total Rp 2 Miliar

PT Pertamina kembali menggelar Olimpiade Sains Nasional Perguruan Tinggi Indonesia (OSN-PTI) 2009 setelah sukses menyelenggarakan event yang sama tahun lalu.

"OSN-PTI adalah ajang penjaringan bibit unggul di bidang sains, terutama kimia, fisika, dan matematika," kata Asistant Manager External Relation PT Pertamina Pemasaran Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Heppy Wulansari di Semarang, Selasa (15/9).

Dia mengatakan, penyelenggaraan OSN-PTI 2008 diikuti peserta sebanyak 4.666 mahasiswa, dari target yang diharapkan pihak penyelenggara sekitar 2.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia, dan alasan inilah yang mendorong pihaknya menyelenggarakan OSN-PTI 2009.

"Kami menargetkan jumlah peserta yang akan mengikuti OSN-PTI mencapai sekitar 10.000 mahasiswa, dan harapan kami target tersebut terpenuhi atau bahkan mampu melebihi target yang diharapkan mengingat antusiasme peserta OSN-PTI tahun lalu," katanya.

OSN-PTI 2009, kata Heppy, memperlombakan sebanyak 18 kategori untuk tiga bidang, yaitu matematika (4 kategori), fisika (5), dan bidang kimia (8). Para pemenang OSN-PTI nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti olimpiade sains tingkat nasional.

Menurut Heppy, penyelenggaraan OSN-PTI 2009 terdiri atas empat tahapan, yakni pendaftaran, seleksi tingkat daerah, seleksi tingkat nasional, dan pengumuman pemenang. "Pendaftaran telah berlangsung sejak 5 September sampai 26 Oktober mendatang," kata Heppy.

Sedangkan seleksi tingkat daerah, katanya, akan berlangsung secara serentak di masing-masing provinsi pada 3 November 2009, dilanjutkan seleksi tingkat nasional pada 4-9 Desember 2009, dan pengumuman pemenang akan dilakukan pada 9 Desember mendatang.

"Seleksi tingkat daerah akan diselenggarakan oleh koordinator PT yang ditunjuk membawahi PT yang ada di wilayah provinsinya, misalnya Universitas Diponegoro (Undip) yang menjadi koordinator PT di Jateng, di antaranya Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto," katanya.

Heppy mengatakan, pendaftaran peserta dapat dilakukan melalui website (www.osnpti.com) yang bersifat terbuka bagi seluruh mahasiswa strata 1 (S-1), namun minimal harus sudah berada di semester tiga.

"Kami menyediakan hadiah uang tunai untuk pemenang dengan total lebih dari Rp2 miliar," katanya.

Pembantu Dekan (PD) IV Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Undip, Dr. Endang Kusdiantini mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan mahasiswa Undip, terutama mahasiswa MIPA dengan maksimal untuk menjadi peserta OSN-PTI 2009.

"Kami berharap dari target keseluruhan peserta OSN-PTI yang berjumlah 10.000 mahasiswa, sekitar 30 persennya berasal dari Jateng dan peserta dari Undip lolos dengan jumlah yang cukup signifikan dari 30 persen tersebut," katanya.

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...