Jumat, Februari 08, 2008

Abad 21, Satu Miliar Jiwa Meninggal Akibat Rokok

Hasil penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam sebuah laporannya, Kamis (7/2), memperkirakan sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia akan meninggal akibat rokok pada abad 21 jika Pemerintah dan warga sipil tidak segera bertindak mengatasi epidemik penggunaan tembakau.

Riset WHO merekomendasikan perlunya penerapan enam strategi berlapis untuk memerangi epidemik tersebut.Enam strategi ini adalah memantau penggunaan tembakau dan kebijakan pencegahannya, melindungi masyarakat dari rokok, menawarkan bantuan untuk berhenti menggunakan tembakau, memperingati akan bahaya tembakau, menerapkan larangan bagi promosi dan iklan produk tembakau, serta menaikkan pajak produk tembakau.

“Seratus juta kematian tercatat akibat tembakau pada abad ke 20 lalu. Jika tren ini terus berlanjut, akan ada kenaikan hingga satu miliar kematian pada abad ke-21. Bila tidak dikendalikan, kematian yang berkaitan dengan tembakau akan meningkat lebih dari delapan juta per tahunnya pada 2030, dan 80 persen dari kematian tersebut akan terjadi di negara-negara berkembang,” ungkap laporan yang disampaikan Direktur Jendral WHO, Margaret Chan, dalam jumpa pers dengan Walikota New York, Michael Bloomberg.

Diungkapkan pula dalam laporan itu, hampir dua pertiga dari perokok di dunia tinggal di 10 negara : yakni China ( 30 persen), India (10 persen), Indonesia, Rusia, Amerika Serikat, Jepang, Brazil, Bangladesh, Jerman dan Turki.
sumber : Kompas.Com

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...