Rabu, April 17, 2013

Diciptakan, Alat Menjaga Hati Tetap Hidup di Luar Tubuh

Tim dari King's College Hospital, Oxford University dan OrganOx berpose
dengan mesin OrganOx Metra. (REUTERS/University of Oxford/Handout)

Tim medis beranggotakan dokter, insinyur, dan ahli bedah di Inggris berhasil menciptakan mesin yang mampu menjaga hati hasil donor tetap hidup di luar tubuh manusia. Untuk pertama kalinya, hati tersebut juga sukses ditransplantasikan kepada pasien.

"Sangat mengejutkan melihat hati yang awalnya dingin dan abu-abu menjadi berwarna saat terhubung dengan mesin kami dan bekerja seperti di dalam tubuh," ujar salah seorang penemu mesin sekaligus Profesor Teknik Biomedis dari Oxford University, Constantin Coussios seperti dilansir kantor berita Reuters.

Menurut tim medis, penemuan tersebut bisa diterapkan sebagai praktik umum di seluruh negara maju, dalam beberapa tahun ke depan. Sejauh ini, prosedur itu berhasil diterapkan kepada dua pasien di Inggris dan mereka mengalami pemulihan yang baik.

Selama ini, hati yang akan digunakan untuk transplantasi disimpan 'di atas es'. Tujuannya untuk mendinginkan, memperlambat metabolisme, dan menjaga agar hati tetap berfungsi.
Sistem tersebut telah digunakan selama beberapa dekade. Namun kebanyakan tidak berjalan baik karena hati menjadi rusak dan tidak layak diberikan kepada pasien yang membutuhkan. Selain itu menurut para ahli bedah, menyimpan hati 'di atas es' lebih dari 14 jam bisa berisiko meski mampu bertahan hingga 20 jam.

Sementara teknologi terbaru yang dikembangkan Coussios bersama Direktur Pusat Transplantasi Oxford, Peter Friend mampu menjaga hati pada suhu tubuh dan memasok sel darah merah kaya oksigen agar tetap hidup. Untuk diketahui, Coussios dan Friend telah meneliti teknologi yang dikembangkan melalui perusahaan spin-off Oxford University bernama OrganOx itu, sejak 1994.

Lebih lanjut, tim medis berencana menjalankan percobaan pilot pada lebih dari 20 pasien transplantasi hati di King's College Hospital, London. Jika percobaan ini sukses, OrganOx pun bisa mengajukan hak pemasaran. Artinya mesin tersebut bisa tersedia lebih awal di pasaran, yakni sekitar tahun 2014.
sumber: VIVAlife

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...