Minggu, Desember 08, 2013

Kebijakan Siswa SD Tak Boleh Tinggal Kelas Dipertanyakan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menetapkan kebijakan tidak ada lagi peserta didik Sekolah Dasar (SD) yang tinggal kelas. Kebijakan tersebut mendapat tanggapan yang beragam baik dari guru maupun orang tua murid.

Kepala Sekolah SD Negeri 015 Grogol Selatan, Jakarta Selatan, Cicih Sulastri, S.pd menilai kebijakan itu tidak efektif. Menurutnya siswa yang tidak memiliki kompetensi lebih baik mengulang pelajaran.

"Kalau memang anak tidak mampu ya biarkan dia untuk belajar ulang," ucapnya saat ditemui metrotvnews.com, di SDN 015 Grogol Selatan, Jakarta Selatan, Selasa, (3/12).

Cicih mengatakan kebijakan tersebut akan menimbulkan anak menjadi malas untuk belajar, karena sudah ada jaminan pasti naik. "Kalau anak dinaikkan semua, dia (siswa) bilang 'ahh anak bodoh juga bisa naik," katanya.

Begitupun Ros (40) seorang Ibu rumah tangga yang memiliki anak SD kelas 4, menilai kebijakan tersebut tidak efektif untuk diterapkan. Karena anak akan menjadi lebih sulit dalam menerima ilmu pelajaran."Gimana mau lanjut sedangkan pelajaran sebelumnya gagal?" ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menerapkan sistem penilaian baru bagi peserta didik Sekolah Dasar. Kemendikbud akan membuat kebijakan yang tak membolehkan siswa sekolah dasar tinggal kelas.
sumber: Metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...