Senin, November 27, 2006

Ketahui Dari Mana Datangnya Motivasi

Kepemimpinan adalah seni membuat orang lain melakukan sesuatu yang Anda inginkan karena orang itu menginginkannya.
– Dwight Eisenhower

Ada seorang manajer bernama Tom yang datang lebih awal dalam sebuah seminar tentang kepemimpinan yang akan kami berikan. Ia berpakaian kaus polo berwarna hijau zaitun dan pantaloon berlipat warna putih, siap untuk bermain golf.
Tom sang pemain golf, berjalan kedepan ruangan dan berkata, "Lihatlah, mengikuti sesi Anda tidak diwajibkan, jadi saya berencana untuk tidak mengikutinya."
"Tidak apa-apa, tetapi saya bertanya mengapa Anda datang lebih awal dalam sesi ini untuk mengatakan kepada kami. Pasti ada sesuatu yang ingin Anda ketahui."
"Ya memang ada." Manajer itu menjawab. “Yang ingin saya ketahui adalah bagaimana orang-orang dalam tim penjualan saya berkembang, bagaimana saya mengaturnya?"
"Apakah hanya itu yang ingin Anda ketahui?"
"Ya, hanya itu," kata manajer itu lagi.
"Baiklah, kami bisa membuat Anda menghemat banyak waktu anda dan memastikan bahwa akan mencapai permainan golf Anda tepat pada waktunya."
Tom berdiri, menunggu kata-kata bijaksana yang akan ia dengarkan tentang cara mengatur orang-orangnya.
Dan kami mengatakan kepadanya:
"Anda tiak bisa."
"Apa?"
"Anda tidak mengatur seorangpun. Jadi, Anda bisa pergi dan menikmati suatu permainan yang hebat."
"Apa yang Anda katakana?" tanya manajer itu. "Saya kira Anda memberikan semua seminar Anda tentang cara memotivasi orang lain. Apa maksud Anda dengan mengatakan bahwa saya tidak bisa?"
"Memang kami memberikan semua seminar kami tentang topik ini. Tetapi salah satu hal pertama yang kami ajarkan kepada para manajer adalah bahwa mereka tidak bisa benar-benar secara langsung mengendalikan orang-orang mereka. Motivasi selalu berasal dari dalam diri karyawan Anda, bukan dari Anda."
"Jadi, apa sebenarnya yang Anda ajarkan?"
"Kami mengajarkan kepada Anda tentang cara membuat orang-orang Anda memotivasi diri mereka sendiri. Itulah kuncinya. Dan Anda melakukannya dengan mengelola kesepakatan, bukan orangnya. Dan itulah yang akan kita bicarakan pagi ini."
Manajer tadi memasukan kunci mobilnya ke dalam kantongnya dan duduk dibarisan terdepan sampai seminar kami selesai.

Steve Chandler dan Scott Richardson dalam 100 ways to Motivate Others; Career Press.
terjemahan Bahasa Indonesia; PT Bhuana Ilmu Populer.

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...