Selasa, November 28, 2006

Komponen Standar dalam sebuah PC

Sebuah PC (Personal Computer) untuk dapat digunakan/dioperasikan secara normal, secara umum harus terdiri dari beberapa komponen (hardware) sebagai berikut:

Monitor, pada umumnya berbentuk seperti televisi. Monitor digunakan untuk menampilkan gambar sesuai dengan program/software yang dijalankan sehingga pengoperasian komputer dapat berlangsung secara interaktif. Jenis monitor yang dikenal secara umum adalah CRT (tabung) atau LCD (liquid crisal display).

Motherboard (mainboard), adalah sebuah papan rangkaian elektronik utama yang menjadi landasan dari komponen-konponen lainnya diantaranya processors, memori, video graphic acceleration (VGA), souncard dan lain-lain dalam slot-slot/soket yang tersedia. Penggunaan jenis processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.

Processors, dapat dikatakan sebagai "otak" dari sebuah komputer. Berbentuk segi empat dengan ukuran bervariasi sekitar 4 cm x 4 cm serta memiliki banyak kaki kecil. Terdiri dari ribuan transistor (IC) dalam ukuran mikro. Kecepatan (MHz atau GHz) sering menjadi perhatian dalam memilih sebuah processor, namun demikian feature-feature lain juga akan mempengaruhi performanya.

Video graphic acceleration (VGA), juga berbentuk sebuah papan rangkaian elektronik. Berfungsi untuk menampilkan gambar ke layar monitor. Komputer yang digunakan untuk desain grafis, video editing, gamer yang menginginkan detail image dengan tampilan gambar yang halus dan tajam dengan resolusi tinggi disarankan menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi. Umumnya ditentukan oleh kecepatan "chip" dan kapasitas "memori" -nya

Memori RAM (random access memory), berfungsi untuk menyimpan program/data yang diolah untuk sementara waktu dalam sebuah komputer yang sedang dioperasikan. Secara umum memori telihat seperti sebuah kepingan persegi panjang dengan beberapa buah IC menenpel padanya. Kapasitas memori (Megabyte atau Gigabyte) dapat mempengaruhi kecepatan proses sebuah komputer.

Harddisk, adalah media penyimpanan tetap untuk file-file data dan file-file program/software baik sistem operasi maupun aplikasi. Hal yang umumnya dipertimbangkan dalam memilih sebuah hardisk adalah kapasitas (Gb) atau kemampuan hardisk tersebut menyimpan banyaknya data. Namun perlu juga diperhatikan adalah kecepatan baca dan tulisnya, hal ini biasanya dipengaruhi oleh kecepatan putaran hardisk.

FlopyDrive, untuk membaca data dari sebuah disket (flopydisk). Ini adalah salah satu media penyimpanan paling tua yang masih sering digunakan hingga saat ini. Yang umum terpasang di PC adalah jenis flopy drive 3,5 inch dengan kapasitas flopydisk 1,4 megabyte.

CD/DVD ROM drive, pembaca media penyimpanan optikal yang lebih umum dikenal sebagai CD/DVD. Untuk fungsi lebih luas dapat dipilih tipe writer, sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data dalam kepingan CD-R/RW atau DVD-R/RW.

Keyboard & Mouse, kedua alat ini secara umum berfungsi sebagai input device, yaitu alat yang menganalogkan keinginan pengguna/operator agar sebuah komputer dapat difungsikan sesuai maksud operator. Keyboard berbentuk seperti sebuah papan dengan tombol-tombol huruf & angka lengkap dengan simbol-simbol umum. Mouse, disebut mouse (=tikus) kerena secara fisik memang berbentuk seperti tikus.

Cassing & PowerSupply, kedua alat ini bisa dijual satu paket, namun ada juga yang menjualnya secara terpisah. Cassing berfungsi sebagai rumah dari komponen-komponen elektronik di dalamnya termasuk PowerSupply. Sedangan Powersupply berfungsi sebagai pengatur arus listrik dari luar (sumber AC) untuk didistribusikan keseluruh komponen-komponen elektronik lainnya sesuai dengan besaran Voltase yang ditentukan.

Software, dalam bentuk CD/DVD terdiri dari sistem operasi dan aplikasi, yang umum dipakai adalah keluaran perusahaan software komersial terbesar "Microsoft" yaitu : Microsoft Windows dan Microsoft Office. Sebagai alternatif dapat juga diguna sofware berbasis Linux yang bersifat free (gratis) dan open source (terbuka).

Perangkat lain juga dapat anda tambahkan, seperti soundcard & speaker system, modem internal, ataupun tuner tv dan radio.

Berikut ini tips atau saran dari wacana di atas antara lain:
  1. Sebelum Anda membeli komputer, cari dahulu informasi spesifikasi yang cocok terhadap kebutuhan penggunaan, kepada orang yang mengerti tentang komputer. Sayang bila komputer dibeli dengan mahal tetapi penggunaannya tidak optimal
  2. Jangan terpancing terhadap harga komputer murah. Terlebih dahulu perhatikan spesifikasi-nya, adalah hal yang biasa bila hardware pembentuknya memang senilai dengan harga murah sebagaimana ditawarkan.
  3. Harga komputer satu unitnya sangat relatif tergantung dari hardware sebagai pembentuk komputer itu sendiri.

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...