Minggu, April 08, 2007

Lumut

Dalam bahasa Indonesia, lumut merupakan istilah umum untuk menyatakan sekumpulan tetumbuhan (vegetasi) kecil yang tumbuh menutupi suatu permukaan. Dari sudut pandang taksonomi, vegetasi ini mungkin tergolong dalam divisio tumbuhan lumut, lumut hati, lumut tanduk, fungi, alga, lumut kerak, atau bahkan tumbuhan berbiji (lumut spanyol).

Lumut mampu menyerap banyak karbon dioksida dan karbon monooksida, sehingga dapat berfungsi sebagai indikator pencemaran.

Lumut biasanya tidak disukai keberadaannya, khususnya bila tumbuh di tempat orang melakukan aktivitas (misalnya di tembok rumah, kantor, atau pagar). Pengendalian lumut biasanya dilakukan dengan pemberian oksidator kuat pada konsentrasi rendah yang banyak dijual sebagai pemutih (bleach), misalnya larutan natrium hipoklorit 4% (tersedia dalam beberapa merek dagang) atau larutan hidrogen peroksida 4%.

Tahukah Anda... Di bumi Indonesia tumbuh sekitar 1500 spesies lumut, sementara di dunia terdapat 4000 spesies? Dengan demikian Indonesia memiliki sekitar 38% dari kekayaan lumut dunia. Taman lumut dengan jumlah koleksi terbesar di dunia terdapat di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur? Taman ini memiliki sekitar 170 spesies lumut yang sebagian besar berasal dari Indonesia.

1 komentar:

Rifki mengatakan...

makasi untuk kk kk 109 ada bantuan untuk tugas proyek di blog ini

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...