Rabu, April 25, 2007

Tidur Berkualitas

Kualitas tidur merupakan sumber kesegaran, tenaga, dan vitalitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya. Kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak yang sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olah raga.

Yang terjadi pada tubuh selama kita tidur

Tidur adalah proses alamiah manusia untuk memberikaY kesempatan pada sel saraf (neuron) tubuh kita untuk beristirahat dan memperbaiki kondisinya.

Inilah yang terjadi pada tubuh kita selama kita tidur:
1. Tubuh memproduksi hormon pertumbuhan pada anak-anak dan orang dewasa muda
2. Produksi protein meningkat. Protein dibutuhkan untuk pertumbuhan sel dan memperbaiki kerusakan sel
3. Aktivitas otak pada bagian pengontrolan emosi, pengambilan keputusan, dan hubungan sosial akan beristirahat total
4. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa terjadi Sebuah pola signal yang terjadi berulang-ulang, yang mirip pada saat terjaga. Pola signal tersebut dapat membantu melakukan enkode pada sistem ingatan dan meningkatkan kemampuan belajar.

Tidur berkualitas

Semua manfaat tidur itu bisa diperoleh kalau tidur kita berkualitas. Artinya, tidur yang dalam alias nyenyak dan cukup porsinya dalam sehari. Inilah yang menjelaskan mengapa manusia disarankan untuk cukup tidur-menurut jam biologisnya, rata-rata 8 jam sehari. Kalau itu tidak tercukupi dan berlangsung terus menerus, maka keempat manfaat tadi tidak akan didapat, dan dapati dipastikan, kualitas hidup Anda bakal menurun.

Bentuk nyatanya, Anda lebih berisiko menderita hipertensi, lebih mudah marah dan stres, konsentrasi berkurang, dan lain sebagainya.

Caranya:

  • Pilih ruang tidur yang tenang, nyaman dengan ventilasi yang memadai
  • Tidurlah hingga Anda merasakan segar, namun jangan berlebihan
  • Untuk menyesuaikan siklus tidur Anda, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama pula setiap pagi harinya
  • Berolahragalah setiap hari, namun jangan terlalu dekat dengan waktu tidur. Anda boleh tidur setidaknya 6 jam setelah berolahraga
  • Hindari makan terlampau banyak sebelum tidur. Jika lapar membuat Anda tidak bisa tidur, konsumsilah makanan ringan
  • Jangan mengonsumsi kafein dan alkohol pada sore hari, karena akan membuat Anda sulit tidur di malam hari
  • Hentikan merokok, karena nikotin akan menghambat kenyamanan tidur Anda
  • Jangan bekerja, menonton televisi, atau membaca di atas tempat tidur. Hal itu akan membuat tubuh Anda sulit untuk tidur akibat pikiran Anda tidak beristirahat
  • Jangan berbaring di tempat tidur lebih dari 30 menit jika Anda tidak bisa tidur. Jika Anda sulit tidur, sebaiknya bangun sejenak, lakukan aktivitas ringan hingga Anda mengantuk, dan selanjutnya coba kembali memulai tidur Anda.
Cara sederhana untuk mengetahui apakah Anda mengalami kekurangan tidur atau tidak

Cobalah untuk duduk-duduk santai di udara terbuka pada siang hari dan cukup cahaya matahari. Jika beberapa saat kemudian Anda merasa lelah, mengantuk, dan tertidur dengan mudah, tandanya Anda mengalami kurang tidur.

Selain hal tersebut, ada beberapa tanda lain orang yang mengalami kurang tidur. Misalnya, sulit menahan kantuk saat beraktivitas ringan, merasa lelah saat terjaga, sulit mengingat dan berkonsentrasi, mengantuk setelah makan, dan tidur lebih panjang di akhir pekan.

Mengatasi kekurangan tidur

Cobalah menambah waktu tidur harian Anda sekitar 15 hingga 30 menit setiap malam. Setelah 2-3 minggu, perhatikan, adakah perubahan dalam kualitas kerja, aktivitas, dan mood. Jika memang berubah baik, tambahkan lagi hingga Anda mencapai waktu tidur ideal, yaitu sekitar 8 jam sehari.

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...