Rabu, Mei 30, 2007

1 Tahun - 109 High blogs, unofficial blogs 109 High School Community Jakarta


1'st Anniversary 109 High blogs goes online

31 Mei 2006 - 31 mei 2007

Tidak terasa telah 1 tahun sudah 109 High blogs dan 109high@yahoogroups.com goes online. Rasanya baru kemari gw memulai blog ini, 1 tahun tidak terasa sebagai waktu yang panjang, berbagai tanggapan, komentar, kritik dan saran diterima baik dari Komunitas SMAN 109 Jakarta (CIX-ers), Blogger, maupun dari masyarakat cyber lainnya.

Bagi gw, membangun blog dan milis SMAN 109 Jakarta berawal dari kerinduan akan masa-masa indah (masa-masa SMA) yang mustahil akan secara nyata dapat terulang kembali. Keinginan meningkatkan kebanggaan "Almamater" juga menjadi salah satu pemicu yang membuat gw terus men-sosialisasi-kan blog Komunitas SMAN 109 Jakarta dan Mailing List Komunitas SMAN 109 Jakarta yang tidak (belum) resmi ini kepada CIX-ers.

Tanggapan, komentar, kritik dan saran untuk 109 High blogs dan 109high@yahoogroups.com masih sangat harapkan dari dari Komunitas SMAN 109 Jakarta (CIX-ers), Blogger, maupun dari masyarakat cyber lainnya.

Tidak lupa gw juga terus mengundang CIX-ers untuk dapat membantu 109 High blogs, menginformasikan kepada CIX-ers yang belum mengetahui keberadaan media ini yang ditujukan untuk Kita Bersama. Semoga niat yang baik akan juga memberi hasil yang baik.

World No Tobacco Day 2007 : SMOKE-FREE ENVIRONMENTS


World No Tobacco Day is observed around the world every year on May 31. The member states of the World Health Organization created World No Tobacco Day in 1987. It draws global attention to the tobacco epidemic and to the preventable death and disease it causes.

Tobacco is the second major cause of death in the world. It is well known that half the people who smoke regularly today – about 650 million people – will eventually be killed by tobacco. Equally alarming is the fact that hundreds of thousands of people who have never smoked die each year from diseases caused by breathing second-hand tobacco smoke.

100% smoke-free is the only answer

Neither ventilation nor filtration, alone or in combination, can reduce exposure levels of tobacco smoke indoors to levels that are considered acceptable, even in terms of odor, much less health effects (see Myths below).

The evidence demands an immediate, decisive response, to protect the health of all people.

Why go smoke-free?

Because...

  • Second-hand tobacco smoke kills and causes serious illnesses.
  • 100% smoke-free environments fully protect workers and the public from the serious harmful effects of tobacco smoke.
  • The right to clean air, free from tobacco smoke, is a human right.
  • Most people in the world are non-smokers and have a right not to be exposed to other people's smoke.
  • Surveys show that smoking bans are widely supported by both smokers and non-smokers.
  • Smoke-free environments are good for business, as families with children, most non-smokers and even smokers often prefer to go to smoke-free places.
  • Smoke-free environments provide the many smokers who want to quit with a strong incentive to cut down or stop smoking altogether.
  • Smoke-free environments help prevent people – especially the young – from starting to smoke.
  • Smoke-free environments cost little and they work!


Selasa, Mei 29, 2007

Lihat Kecerdasan dari Panjang Jari

Menilai kecerdasan seseorang, lihatlah perbandingan panjang jari manis dan jari telunjuknya. Penelitian Mark Brosnan dari Universitas Bath menyebutkan, panjang jari-jari tangan merefleksikan perkembangan bagian-bagian di otak. Seorang anak yang memiliki jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk cenderung memiliki kemampuan matematika yang lebih tinggi daripada kemampuan verbal dan bahasa. Jika perbandingannya sebaliknya, anak umumnya memiliki kemampuan verbal seperti menulis dan membaca yang lebih baik dibandingkan matematika.

Menurut ilmuwan, pertumbuhan jari-jari tangan manusia berbeda-beda tergantung kadar hormon testosteron dan estrogen di dalam rahim saat bayi dikandung ibunya. Kadar testosteron yang tinggi diyakini mendukung perkembangan bagian otak yang berhubungan dengan kemampuan matematika dan pandang ruang. Hormon itu pula yang menyebabkan jari manis tumbuh lebih panjang. Estrogen juga mendorong efek yang sama pada bagian otak namun yang berhubungan dengan kemampuan verbal. Namun, hormon ini juga mendukung pertumbuhan jari telunjuk sehingga lebih panjang daripada jari manis.

Brosnan dan koleganya membandingkan hasil tes scholastik (SAT), semacam psikotes, kepada calon siswa yang mendaftar sekolah dengan panjang cap jari setiap siswa yang telah diminta sebelumnya. Mereka mengukur panjang jari-jari secara teliti menggunakan jangka sorong yang memiliki tingkat ketelitian 0,01 milimeter.

Mereka menemukan hubungan yang jelas antara tingginya paparan testosteron - terlihat dari panjang jari manis lebih panjang daripada jari telunjuk - dengan nilai uji matematika yang tinggi. Juga tingginya paparan estrogen dengan kemampuan bahasa dan verbal pada sebagian besar anak perempuan.

"Rasio panjang jari memberitahu kita gambaran mengenai kemampuan pribadi yang berhubungan dengan kognitif (daya pikir)," ujar Brosnan yang akan melaporkan temuannya dalam British Journal of Psychology.

Sumber: LiveScience.com

Senin, Mei 28, 2007

Bila Itu CINTA

Bila telapak tangan berkeringat, Hati dag dig dug, Suara bagai tersangkut di tenggorokan,
Itu bukan cinta, tetapi SUKA.

Bila tangan tidak dapat berhenti memegang dan menyentuhnya,
Itu bukan cinta tetapi BIRAHI.

Bila menginginkannya karena tahu Ia akan selalu berada di sampingmu,
Itu bukan cinta tetapi KESEPIAN.

Bila menerima pernyataan cintanya Karena tak mau menyakiti hatinya,
Itu bukan cinta tetapi KASIHAN.

Bila bersedia memberikan semua Yang kamu sukai demi dia,
Itu bukan cinta tetapi KEMURAHAN HATI.

Bila kamu bangga dan selalu ingin memamerkannya Kepada semua orang,
Itu bukan cinta tetapi KEMUJURAN.

Bila kamu katakan padanya bahwa ia adalah Satu-satunya hal yang kamu pikirkan,
Itu bukan cinta tetapi GOMBAL.

Arti MENCINTAINYA ;

Ketika kamu MENERIMA KESALAHAN DIA, Karena itu adalah bagian dari kepribadiannya.
Ketika kamu RELA MEMBERIKAN HATIMU, KEHIDUPANMU, BAHKAN KEMATIANMU;
Ketika HATIMU TERCABIK BILA IA SEDIH, dan BERBUNGA BILA IA BAHAGIA;
Ketika kamu MENANGIS UNTUK KEPEDIHANNYA ,meskipun ia cukup tegar menghadapinya;
Ketika kamu tertarik kepada orang lain Tetapi kamu masih SETIA bersamanya.

CINTA adalah PENGORBANAN; MENCINTAI berarti MEMBERI DIRI.
CINTA adalah KEMATIAN ATAS SIFAT EGOIS dan EGOSENTRIS.

Kadang itu menyakitkan, tetapi itulah harga yang harus dibayar untuk sebuah CINTA...

Semua diatas adalah kata perumpamaan, tapi Awal dari cinta adalah membiarkan orang yang kita cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kita inginkan.
Jika tidak, kita hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kita temukan di dalam dia.

Sabtu, Mei 26, 2007

Layanan Perpustakaan Nasional dengan "Akses Terbuka"

Ini adalah kabar gembira, khususnya bagi civitas akademi ...

Mulai tanggal 30 Mei 2007, Perpustakaan Nasional meresmikan layanan "akses terbuka". Agenda yang rencananya akan di hadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, merupakan bagian dari rangkaian acara HUT ke-27 Perpustakaan Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei. Selain itu dilakukan juga peluncuran mobil perpustakaan elektronik keliling (pusteling).

Selama ini masyarakat hanya dapat menggunakan jasa layanan Perpustakaan Nasional di Gedung yang berada di Jl. Salemba, Jakarta dengan "akses tertutup". Masyarakat tidak dapat melihat dan mengambil buku langsung di/dari rak-rak buku.

Dengan dibukannya layanan "akses terbuka" , pencarian referensi di Perpustakaan Nasional dapat dilakukan lebih leluasa.

referensi : Media Indonesia (26 Mei 2007)

Anak-anak C.I.X Kelas X Study Tour ke Museum Gajah dan Ancol



Calon Ilmuwan Indonesia

Rabu, Mei 23, 2007

Think before...

Injecting drug use is the driving force behind the HIV/AIDS epidemic in many parts of the world. In response to this situation, the United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) launched a global campaign to raise awareness about the relationship between drug use, sharing needles and HIV/AIDS. The 'Think' slogan is designed to get young people to consider the possible consequences of drug use.

Ekskul Pecinta Alam

Kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) di sekolah merupakan salah satu tempat dimana para siswa yang menjadi anggotanya dapat mengisi waktu luang mereka. Setelah kepenatan selama enam hari berturut turut belajar diruang kelas, ekskul-ekskul yang umumnya beraktifitas di akhir pekan tersebut menjadi suatu wadah positif yang dapat menyegarkan para siswa. Mengikuti ekskul atau tidak, adalah sebuah pilihan pribadi dari siswa, termasuk juga ekskul apa yang akan dikuti dari sekian ekskul yang ada di sekolah.

Salah satu ekskul yang mungkin ada di sekolah adalah Pecinta Alam. Anggotanya secara bersama sama mempelajari berbagai materi tentang “Alam” dan melatih fisik mereka untuk penunjang dari kegiatan yang dilakukan di “Alam Bebas” sebagai pengenalan secara langsung terhadap “Kekayaan Alam”. Namun demikian tidak banyak sekolah yang bersikap mendukung keberadaan ekskul Pecinta Alam. Isu pembubaran ekskul Pecinta Alam oleh pihak sekolah kerap terjadi, sebagian ekskul Pecinta Alam “sukses” dibubarkan, sebagain berjalan dengan dukungan “setengah hati”, ada pula yang beraktifitas “underground” menghindari pihak sekolah yang dapat mematikan kreatifitas mereka.

Di SMAN 109 Jakarta pembubaran EKAPASERS, ekskul Pecinta Alam yang dibentuk pada tanggal 5 Agustus 1991, adalah isu yang tidak pernah hilang dari telinga para anggotanya. Sejak ekskul tersebut dibentuk, isu yang mejadi “hal biasa” tersebut tetap saja menimbulkan kekhawatiran akan hilangnya EKAPASERS dari SMAN 109 Jakarta. Hingga kini EKAPASERS masih terlihat beraktifitas di lingkungan sekolah, keberadaannya hanya mendapat dukungan setengah hati. Semangat berkreatifitas EKAPASERS seperti terbelenggu, begitu minim bimbingan yang diperoleh siswa yang gemar berpetualang tersebut, tidak sebanding dengan acaman pembubaran yang kerap terdengar. Apalagi ketika salah satu anggotanya melakukan kesalahan di sekolah, meskipun kesalahan tersebut bersifat pribadi yang semestimya tidak ada kaitannya dengan EKAPASERS.

Berbagai prestasi telah diberikan dari organisasi yang telah berusia 16 tahun ini, baik di tingkat daerah/propvinsi maupun tingkat nasional. Dikalangan organisasi Pecinta Alam Indonesia, nama EKAPASERS mungkin lebih dikenali dari nama SMAN 109 Jakarta itu sendiri, namun demikian setiap kegiatan yang dilakukan di luar sekolah EKAPASERS tidak melepas nama SMAN 109 Jakarta yang mereka akui sebagai “orang tua” mereka.

Sekolah sebagai institusi pendidikan, semestinya memberikan dukungan dan bimbingan, bukan mematikan kreatifitas siswa mereka yang merupakan asset terbesar mereka, yang juga asset nyata bangsa “Indonesia”.

Muhammad Soleh
EP/055/TS
Alumni (1997) SMAN 109 Jakarta

Selasa, Mei 22, 2007

Gubernur DKI Harus Mampu Membawa Perubahan

Peliknya persoalan yang dihadapi kota Jakarta dan dinamisnya pertumbuhan pembangunan menyebabkan pemimpin daerahnya harus mampu membuat terobosan dengan melakukan perubahan di semua sektor kehidupan.

Demikian ditegaskan tokoh masyarakat Betawi, Ridwan Saidi saat diskusi publik yang bertajuk menggagas pembaruan Jakarta melalui pilkada, di Jakarta Media Center, Senin (21/5). “Ke depan, idealnya Jakarta harus dipimpin oleh orang yang mampu membuat perubahan,” kata Ridwan Saidi.

Gubernur DKI Jakarta mendatang, kata Ridwan Saidi, harus mampu mengatasi persoalan yang selalu dihadapi warga setiap harinya seperti masalah penanganan sampah, banjir, transportasi, dan pengangguran yang selalu menjadi masalah di kota besar. “Gubernur Jakarta mendatang harus mampu melayani rakyat bukan melayani investor,” jelasnya.

Saidi juga menyayangkan belum diberikannnya kesempatan kepada masyarakat Betawi untuk mengembangkan potensi dirinya. Padahal jumlah warga Betawi mencapi 27 persen dari jumlah penduduk Jakarta yang mencapai 10 juta jiwa atau 2,7 juta jiwa.

“Sedangkan warga Betawi yang memiliki hak pilih pada pilkada Agustus nanti, yakni 50 persen dari 2,7 juta jiwa atau 1,8 juta jiwa,” jelasnya.

Saidi menambahkan, seharusnya momen pilkada kali ini dapat dijadikan wahana bagi masyarakat Betawi menjadi tuan rumah di kampung sendiri.

“Saat ini pilkada masih menjadi ajang bagi partai politik bukan pesta demokrasi rakyat karena calon gubernur yang ada merupakan perpanjangan tangan parpol bukan rakyat,” tegasnya.

Penulis: wawan

sumber : BeritaJakarta

Senin, Mei 21, 2007

Transformer In Teater


Jum'at, 18 Mei 2007, pagi2....film yang pernahku tonton, tepatnya sebagai favorit film kartun awal tahun 1990, diangkat dalam film layar lebar, manusia sebagi peran utama dan robot2
besar yang mampu "bertransformasi" menjadi mobil helikopter, dan mesin transportasi lainnya, sebagai lawannya juga sebagai sahabat...

Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg, dan cerita oleh Michael Bay sebagai "pemilik" Film TRANSFORMER...

Hari kemerdekaan Amerika sebagai moment yang dipilih sebagi hari perdana dalam pemutarannya...4.7.7..

Kapankah Indonesia bisa menghasilkan "moment" seperti ini?...


Sucipto Ardi, S.Pd
Penggemar Pendidikan dan Sejarah

reference : http://www.transformersmovie.com

Minggu, Mei 20, 2007

Tunamen Futsal dan Basket 3 on 3 se-Jabodetabek

SMA YAPEMRI Depok
Jl. Agung Ujung No. 3 Kec. Sukmajaya Kel. Abadijaya Depok - 16417
Telepon 021 - 7703045, 021 - 77834777

Tunamen Futsal dan Basket 3 on 3 se-Jabodetabek
24 - 29 Juni 2007

Pendaftaran:
21 Mei 2007 s.d. 2 Juni 2007

Biaya :
Rp 125.000,- / tim futsal
Rp 100.000,- / tim basket 3 on 3

Contact Person : Yasha 085692570648

Pilih Perguruan Tinggi Yang Pas!

Pilih perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS)? Sampai sekarang ternyata masih ada dua kutub: kebanyakan anak-anak SMA negeri ternyata tetap punya prioritas untuk masuk PTN. Anak SMA swasta? Mereka ternyata punya beberapa alternatif.

Sekarang, beragam universitas tersedia. Mulai PTN, PTS, atau PTS yang menggunakan bahasa Inggris sekalipun sebagai bahasa pengantarnya. Ada juga PT yang punya dual-degree, gelar dobel hasil kerja sama dengan universitas luar negeri.

Sebagian PTN juga ada lho jurusan-jurusan berkategori internasional. Tentu saja syarat masuk dan biayanya berbeda.

Sebagian masih berpendapat seperti calon mahasiswa tahun 1980-an, yakni terasa gengsi kalau bisa diterima di PTN lewat SPMB. Namun, inti semuanya, cari informasi sebanyak-banyaknya.

Berikut tip-tip memilih perguruan tinggi yang diberikan Supriyanto (Manajer Pemasaran dan Humas Primagama Pusat di Yogyakarta) dalam Kompas 18 Mei 2007 "Salah Jurusan Bisa Terjerumus".

  1. Tak ada cara lain, untuk menghindari kebingungan, harus cari informasi sebanyak mungkin. Informasi merupakan salah satu alat penentu kemenangan karena tidak ada yang lebih membahagiakan selain kuliah di tempat yang tepat. Nah, jangan menjatuhkan pilihan sebelum loe tahu mendapat informasi banyak soal PT dan jurusan yang loe pilih. Salah jurusan, bisa terjerumus selamanya.
  2. Tersedia berbagai pilihan PT, yaitu akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, atau universitas. Kenali karakter jenis PT itu sebaik mungkin.
  3. Sebelum memutuskan ambil jurusan, pahami dengan baik jurusan apa yang cocok. Tentu jurusan yang diambil harus selaras dengan minat dan bakat. Jangan memilih jurusan hanya karena gengsi karena itu akan memengaruhi rencana hidup kita di masa depan. Contoh, jika ingin bekerja di industri tekstil, lebih baik ambil teknik kimia, bukan kimia murni.
  4. Jangan semata menuruti keinginan orangtua atau orang lain, tetapi harus berdasarkan minat dan bakat yang kita punyai. Jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari. Bagi yang bakat seni musik, misalnya, jangan maksa kuliah di ekonomi hanya karena orangtua menginginkannya. Sejumlah survei menunjukkan, kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan studi disebabkan jurusan yang diambil tidak berdasarkan minat dan bakat. Ada baiknya bertanya kepada guru Bimbingan dan Konseling di sekolah atau pergi ke lembaga psikologi.
  5. Pilihlah PT yang bisa mengakomodasi minat dan bakat. Jangan memilih universitas hanya karena nama universitas tersebut besar tetapi program studi yang ditawarkan tidak bagus atau tidak sesuai minat. Seharusnya memilih PT karena menawarkan program studi yang diinginkan, bukan karena PT tersebut punya nama besar.
  6. Pada akhirnya, keputusan untuk kuliah serta memilih jurusan kembali bergantung pada kita sendiri, bukan kepada orang lain, siapa pun orang lain itu. Kita sendirilah yang tahu apa minat dan bakat yang terpendam dalam diri, "be yourself". Namun ingat, nantinya bukan sekadar menjadi sarjana apalagi sarjana muda, seperti dalam lagu Iwan Fals yang kelelahan mencari kerja. Tetapi mampu menjadi sarjana yang andal, mempunyai cukup ilmu dan keahlian, sehingga tidak menambah daftar penganggur intelektual yang sudah terlalu banyak di negeri ini. Syukur-syukur justru bisa menciptakan lapangan kerja.
sumber : Kompas 18 Mei 2007 "Salah Jurusan Bisa Terjerumus"

Jumat, Mei 18, 2007

Create your own "80x15 brilliant button", also known as "antipixel buttons", "sticker" or "badges"

The "80x15 brilliant buttons", also known as "antipixel buttons" or "badges", are the very popular buttons especially used by bloggers. These are some place where you can create your own "80×15 brilliant button".

here are the example :

Indonesia Top BlogWorld Top Blogs - Blog TopSitesKampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog IndonesiaBlog Top SitesBlog Flux Directoryblog search directory Academics BlogsAcademics BlogsTop BlogsTop blogsBloggapedia - Find It!Top Blogs ListAcademics BlogsAcademics Blogs Academics BlogsBlogRankers.comVote Rankings - Top Blogs, Sites & ForumsAcademics Blogs - Blog Flare

Rabu, Mei 16, 2007

Komunitas Blogger

Buat temen teman yang suka nge-blog, ga ada salahnya untuk ikut bergabung bersama Komunitas Blogger yang ada di Indonesia. Anda dapat saling bertukar pengetahuan dan informasi seputar blog, mungkin juga untuk bertukar link sesama anggotanya.

Berikut adalah Situs Komunitas Blogger Indonesia yang telah dapat ditemui saat ini :
(kok blom ada komunitas blogger Jakarta yah!)
Walaupun beberapa situ di atas memberi 'label kota masing-masing', namun dalam menjaring anggota tidak hanya sebatas yang berasal dari kota tersebut saja. Blogger kota lain pun bisa menjadi anggotanya kok :) Hanya saja biasanya memang kegiatannya berpusat di kota asal komunitas tersebut.
referensi : Pernak-pernik Blog

Terjebak di Halte Busway Ancol

Gue bukan orang kaya, yg biasa pake mobil pribadi. Keseharian gw ber transportasi menggunakan sepeda motor, dan sesekali naik kendaraan umum. Berikut ini cerita yang mungkin yah lumayan malu-maluin buat pribadi tapi rasanya perlu diceritain untuk warga Jakarta.

Suatu hari gw dapet tugas dari Bos gw untuk menghadiri rapat yang diselenggarakan di Cordova Tower, Ancol. Kebetulan hari hujan, namun gw harus berangkat karena waktunya memang gak bisa ditawarlagi. So.. gw pilih lah naik kendaraan umum, "Busway" karena gw pikir bakal murah, cepat dan setahu gw ada haltenya di Ancol (Karena ada jurusan Kp. Melayu - Ancol), dari sana baru naik taksi.

Tibalah gw di halte terakhir Ancol. Rasa terkejut ketika mengetahui ternyata halte tersebut "eksklusif" untuk mereka yang mau masuk ke Ancol, sedang gw kan harus nyabung lagi. Gw terjebak di dalam sana, untuk keluar dari area tersebut gw harus berjalan kaki pada lajur Busway (karena memang tidak ada kendaraan umum, atau pun jalur pejalan kaki untuk kearah keluar) sekitar sejauh 300 m.

Mungkin ini perlu menjadi perhatian Pemda DKI dan Pengelola Busway, bahwa konsep transportasi umum mestinya "tidak ada jaringan yang terputus", keaman dan kenyamanan juga harus menjadi faktor utama. Gw (orang) terpaksa berjalan pada lajur Busway bukan karena keinginan.

Gak semua orang yang ke Ancol berarti ingin masuk "Ancol Jakarta Bay City", untuk itu mohon diperhatikan ke-ter-integrasi-an halte Busway Ancol (dan halte Busway lainnya) dengan sistim transportasi yang ada disekitarnya, termasuk juga fasilitas pejalan kakinya.

Sabtu, Mei 12, 2007

Tips Memilih Kamera Digital

Kamera Digital mempunyai jenis yang bermacam-macam dan fitur yang terkadang membuat kita bingung untuk memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Memilih kamera sebenarnya gampang-gampang susah terutama bagi pengguna yang masuk kategori pemula atau amatir. Oleh karena itu, tips ini sangat berguna bagi calon pengguna kamera sebelum memilih kamera digital yang diinginkan. Berikut beberapa tips sebelum berburu kamera digital.

Resolusi
Gambar digital dibuat oleh titik-titik yang disebut piksel. Resolusi ini merujuk pada banyaknya piksel yang bekerja sama membuat suatu foto. Biasanya ditunjukkan oleh horizontal x vertikal. Resolusi 1280x960 memiliki total 1,2 Megapiksel. Semakin besar resolusi akan memproduksi foto yang juga lebih baik.

Sesuaikan resolusi yang ditawarkan dengan pilihan Anda. Biasanya dalam satu kamera tersedia pilihan resolusi yang berbeda. Jika hanya ingin mengirim foto melalui e-mail, resolusi 640x480 sudah memadai. Tapi jika ingin mencetak sebaiknya pilih resolusi yang lebih besar, agar gambar tidak pecah dan buram.

Pastikan fitur pendukung lainnya
Sebelum membeli, pastikan kamera digital pilihan Anda memilih beberapa fitur pendukung seperti kemampuan memori tambahan. Ini untuk memperbesar gudang penyimpanan foto Anda.

Jika sesekali menginginkan gambar bergerak, pilih kamera yang mendukung video karena beberapa kamera digital ada yang hanya berkemampuan audio saja. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Video atau audio?

Selain itu perhatikan kemampuan zoom yang ditawarkan. Optical zoom menjadi pusat perhatian ketimbang digital zoom, si peranti kunak yang menyediakan fasilitas croppping dan memperbesar gambar.

Lampu kilat (flash)
Rata-rata produk kamera digital dilengkapi dengan lampu kilat yang terintegrasi. Ada yang otomatis atau perlu menekan tombol on untuk menjalankannya. Flash berguna sebagai pendukung cahaya.

Gambar yang diambil dalam kondisi agak gelap dapat tetap tampil maksimal dengan bantuan lampu menyilaukan.

Perhatikan juga apakah si ramping memiliki fitur tambahan seperti pengurang efek mata merah. Beberapa produk juga datang dengan pilihan foto untuk pengambilan gambar di malam hari atau night scene.

Layar LCD
Layar LCD di bagian belakang kamera digital memudahkan Anda melihat obyek. Di sini Anda juga bisa melihat dan menghapus gambar yang tidak diinginkan. Pilih layar LCD dengan kandungan resolusi yang cukup besar sehingga warna yang tampil lebih natural. Ukuran layar juga berbeda-beda. Pastikan layar tidak terlalu kecil, sehingga gambar bisa tampil maksimal.

Self-timer
Self timer biasanya bisa mencapai 10 detik. Selain memudahkan memotret gambar diri, fitur ini juga berguna untuk mengambil gambar dalam keadaan cahaya yang kurang karena bisa mengurangi guncangan akibat tekanan pada tombol pengambilan gambar.

Daya tahan baterai
Kalau tak ingin kesenangan terputus gara-gara baterai loyo, Anda perlu memperhatikan berapa lama sumber listrik ini bisa bertahan. Memilih baterai yang bisa diisi ulang (rechargeable) adalah tindakan bijaksana dan lebih hemat.

Koneksi
Perhatikan apakah kamera digital Anda bisa berhubungan dengan perangkat digital lainnya seperti televisi, printer, PC atau Mac. Anda akan tertolong dengan adanya USB kabel.

Anda juga bisa mencetak gambar dengan bantuan kabel USB. Beberapa kamera digital sudah mendukung PictBridge yang membuat Anda leluasa mencetak gambar langsung dari kamera digital meski mereknya berbeda.

Adapun keenam vendor yang mempelopori standar terbuka itu adalah Canon, Hewleet-Packard, Seiko Epson Corporation, Olympus Optical Company, Fuji Photo Film Corporation dan Sony Corporation.

Kalkulasi harga
Jangan lupa untuk mengkalkulasi harga perangkat pendukung lainnya seperti baterai isi ulang dan adapter AC.

Waktu operasi
Pilih kamera digital yang tidak butuh waktu terlalu banyak setelah jeda pengambilan gambar. Selisih waktu 4 hingga 6 detik saja mungkin membuat Anda kurang puas dengan kinerja si ramping.

Bandingkan harga dan garansi
Jangan hanya terpikat pada sati toko saja. Kalau ada waktu luang tidak ada salahnya Anda melakukan riset kecil-kecilan sebelum membeli.

Margin keuntungan yang berbeda menjadi sumber mengapa harga yang Anda temui di toko yang satu tidak sama dengan yang lain. Perhatikan juga garansi.


Akhirnya jangan hanya terpikat pada bentuk tubuh yang menggoda tapi perhatikan isi atau fitur yang ada di dalam suatu produk.

Silahkan menggunakan fasilitas Kamera-Digital.com Forum untuk melihat dan mencari informasi tambahan sebelum memutuskan pilihan anda.

Tips Membeli Kamera Digital

Semakin lama, kita semakin menyadari, bahwa kebutuhan kita akan pendokumentasian suatu moment sangatlah penting. Dengan kamera digital, kita akan semakin mudah dalam mewujudkan keinginan kita tersebut. Namun, sebelum membeli kamera digital, ada beberapa tips yang dapat dijadikan pegangan :

Sesuaikan keperluan Megapixel
Banyak iklan yang mengexpose megapixel, namun banyak juga dari kita tidak mengerti sampai sebesar apa megapixel yang kita butuhkan. Biasanya, semakin besar megapixel dari sebuah kamera, harganya juga akan semakin mahal, namun untuk kualitas gambar, megapixel yang besar tidak menjamin kualitas yang baik. Sebuah kamera digital dengan 2 megapixel sudah cukup untuk foto sehari-hari dan cukup untuk dilihat di layar komputer dan dicetak sampai dengan ukuran 6R. Jika anda berencana mencetak pada ukuran lebih besar, setidaknya diperlukan 3 megapixel. Selanjutnya jika masih mau mencetak lebih besar lagi, maka megapixel yang semakin besar sangat anda butuhkan. Namun jika dipaksakan, kamera dengan megapixel yang kecil masih bisa mencetak pada ukuran kertas yang besar, namun kadang-kadang hasilnya akan terlihat kabur.

Perhatikan battery dan chargernya
Jika kamera anda menggunakan battery lithium, pemakaiannya tidak terlalu memerlukan banyak perhatian, cukup dicharge dan pakai, kalo selesai dipakai, silahkan di charge lagi. Bebeberapa kamera menggunakan battery jenis AA. Untuk jenis ini, kita bisa memilik menggunakan battery Alkaline, atau battery yang bisa diisi ulang. Kami selalu menyarankan setiap user untuk menggunakan battery jenis isi ulang dibandingkan jenis Alkaline, memang harga battery isi ulang sedikit lebih mahal dibandingkan Alkaline, tetapi kemampuanya dipakai beberapa kali (diisi ulang bisa sampai 500x pemakaian normal), maka harga battery ini akan menjadi jauh lebih murah. Penjelasan detail tentang battery ini, bisa dicari di artikel lain pada situs ini. Tetapi harap berhati-hati untuk tidak membeli battery isi ulang jenis AA yang palsu, karena sekarang sudah banyak beredar dipasaran.

Optical Zoom (dan Digital Zoom)
Perbesaran gambar secara optical (ini berbeda dengan digital zoom). Usahakan kita mendapatkan kamera dengan minimal 2x optical zoom. Sebagian besar kamera digital mempunyai fasilitas optical zoom, dan ini sangat berguna buat kepentingan kita mengabil gambar untuk jarak yang agak jauh dari tempat kita. Jangan terkecoh dengan digital zoom, rata-rata kamera digital semuanya mempunyai fasilitas digital zoom, namun hasil perbesaran dengan digital zoom akan mengakibatkan hasil foto kita jadi pecah dan tidak jelas. Sebaiknya apabila tidak terpaksa, usahakan untuk selalu menghindari pemakaian digital zoom. Digital zoom dapat juga di lakukan dengan software di PC.

Fasilitas Bantuan untuk low-light
Pada kondisi cahaya yang tidak terang, biasanya kamera akan kesulitan mendapatkan focus sebelum kita shoot object tersebut. Oleh karena itu, beberapa kamera digital dilengkapi dengan lampu bantuan (bentuknya bermacam-macam) yang berfungsi untuk membantu pengambilan foto pada tempat yang kurang cahaya. Ini sangat penting terutama pada pengambilan foto di dalam ruangan.

Perhatikan Memory Storagenya
Beberapa kamera mempunyai memory internal didalamnya, tetapi biasanya kapasitasnya tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, kita harus memastikan bahwa kamera digital kita dilengkapi dengan port untuk memory external, sehingga kita dapat memberikan tambahan memory sesuai dngan kebutuhan kita. Ada berbagai macam jenis memory yang dapat dipakai pada kamera digital, jenis dan bentuknya biasanya disesuaikan dengan jenis kamera digital tersebut. Harganya bervariasi, namun semakin besar kapasitasnya, maka harganya akan semakin mahal juga. Internal memory yang ada pada kamera digital bisa anda abaikan bila kamera digital tersebut tidak memiliki fasilitas tersebut.

Cobalah kamera tersebut sebelum membeli
Kamera digital hampir sama dengan digital media lainnya, biasanya dilengkapi dengan menu dan tombol-tombol pengontrol untuk disesuaikan dengan keperluan kita. Beberapa amera memiliki perintah yang mudah dimengerti dibanding jenis lainnya. Perbandingan mudah atau susah dapat anda simpulkan jika anda sudah mencobanya. Juga perhatikan time delay dari mulai kita tekan tombol shoot sampai gambar selesai diambil (shutter lag), kamera tertentu ada yang delaynya sangat lama, tetapi ini juga berpengaruh dari kondisi ruang dan cahaya tempat kita mencoba kamera tersebut. Coba juga lensa zoomnya (optical zoom), apakah dapat digunakan dengan mudah dan cepat. Ketahuilah juga berapa lama waktu yang harus ditunggu dari mulai menghidupkan kamera sampai kamera siap untuk digunakan. Jangan lupa mencoba LCD dan viewfindernya.

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya
Ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu kemampuan, spesifikasi, dan kekurangan dari kamera yang anda taksir untuk dibeli itu. Bertanya kepada pakar, atau orang yang sudah pernah menggunakan akan sangat membantu kita untuk menentukan apakah kamera tersebut layak untuk dibeli. Beberapa website di internet banyak memberikan review tentang kamera digital, mulai dari yang mengulas secara global sampai direview sedetail-detailnya. Tempat diskusi di Internet juga sangat dianjurkan untuk dijadikan referensi sebelum membeli kamera digital.

Fitur tambahan
Banyak kamera digital yang dilengkapi dengan fitur tambahan, salah satunya yang selalu ada adalah kemampuan untuk merekam gambar bergerak (video). Pada kamera digital, fitur ini hanyalah sebagai tambahan saja dan kemampuannya sangat terbatas. Harap anda tidak menentukan keputusan membeli kamera digital dari kemampuan kamera tersebut untuk merekam video. Hasil rekaman video dari kamera digital tidak akan bisa maksimal, kamera digital didesign untuk menghasilakan foto diam secara maksimum. Jika anda lebih berniat merekam video, sebaiknya dipertimbangkan untuk membeli handycam atau alat sejenis yang memang dibuat untuk merekam video.

Pertimbangkan membeli card reader
Card reader adalah alat tambahan yang digunakan untuk membaca memory card pada kamera digital. Pada saat kita membeli kamera digital, pasti sudah disertakan kabel dan driver untuk mentransfer/memindahkan foto dari kamera ke komputer. Namun jika kita menggunakan alat yang disebut card reader, maka kita akan menghemat waktu untuk mentransfer dari kamera ke komputer dan dilakukan dengan cara yang sangat mudah, selain itu jika kita menggunakan card reader, maka kamera kita tidak perlu dihidupkan (on) dan akhirnya kita juga bisa menghemat umur battery kita.

Jumat, Mei 11, 2007

Terminator Will Be Back, Tanpa Arnold Schwarzenegger

Film Terminator 4 yang sedang digarap oleh Halcyon Company, sepertinya tidak akan memunculkan Arnold Schwarzenegger sebagai The Terminator, disebutkan dalam United Press International, A fourth "Terminator" movie is in the works without California Gov. Arnold Schwarzenegger as the on-screen cyborg or director James Cameron shouting "Action!".

Dan seperti yang terjadi pada penggarapan Terminator 3, Terminator 4 juga kemungkinan tidak akan ditangani oleh James Cameron, seperti dikutip Channell NewASia, Though no director or cast has been secured for "Terminator 4," which is tentatively scheduled for release in 2009, Variety reported that neither Schwarzenegger nor director James Cameron would be involved.

Film Terminator pertama kali dirilis tahun 1984, dan mengangkat karir
Arnold Schwarzenegger dari seorang olah ragawan menjadi aktor profesional dalam dunia per-film-an internasional. Kini Arnold Schwarzenegger terjun ke dunia politik dalam jabatan Gubernur California.

Jakarta Anggarkan lebih dari 20 % APBD Untuk Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta menempatkan bidang pendidikan sebagai program strategis, hingga perlu adanya biaya yang cukup untuk memajukan bidang pendidikan.

Dikutip dari Jakarta--RRI-Online : "Untuk 2007, diproyeksikan APBD senilai Rp21 triliun dan 22,2 persen di antaranya digunakan untuk pendidikan atau setara dengan Rp4 triliun," katanya dalam acara Peresmian Gedung Utama Universitas Tarumanagara, di Jakarta, Rabu (9/5).


Dikmenti Terbitkan 2.550 Kartu Pendidikan Gratis

Dikutip dari dari Situs Resmi Pemerintah Propinsi DKI Jakarta : Sebagai wujud perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam bidang pendidikan, pada tahun ajaran baru 2007-2008 mendatang, Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta akan menerbitkan 2.550 kartu pendidikan gratis untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Untuk sementara kartu gratis ini kita berikan untuk siswa SMA dulu. Keuntunganya siswa tersebut bebas dari segala iuran. Jadi siswa-siswa yang masuk ke sekolah negeri itu tetap kita kawal pembiayaanya sampai lulus, jangan ada yang putus sekolah, kecuali tersangkut pelanggaran hukum, baru kita keluarkan," kata Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta, Margani M Mustar, di Bali Kota, Rabu (2/5).

Kebangkitan nasional

20 Mei 1908

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, ada baiknya kita mengingat kembali perjalanan sejarah bangsa kita, yang dimulai dengan lahirnya gerakan nasionalis pertama Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908, hampir seratus tahun yang lalu. Pergerakan nasional ini dipimpin oleh Dokter Soetomo di Jakarta. Dengan dorongan dilahirkannya Boedi Oetomo ini, kemudian lahirlah Sarekat Islam, di tahun 1912, di bawah pimpinan Haji O.S. Tjokroaminoto bersama Haji Agus Salim dan Abdul Muis. Dalam tahun 1912 itu lahir pula satu gerakan politik yang amat penting, yaitu Indische Partij yang dimpimpin oleh Douwes Dekker (Dr. Setiabudhi), R.M. Suwardi Suryaningrat dan Dr. Tjipto Mangunkusumo. Tahun 1913, partai ini dilarang oleh pemerintah kolonial Belanda dan pemimpin-pemimpinnya ditangkapi dan kemudian dibuang dalam pengasingan.

Sebagai buntut perkembangan ini, maka pada tahun 1914 lahir di Semarang satu organisasi berfaham kiri (komunis), yaitu Indische Sociaal Demokratische Vereeniging (ISDV) di bawah pimpinan Sneevliet dan Semaun. Dalam tahun 1920 (23 Mei) ISDV ini telah berubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI), dengan pimpinan Semaun juga. Dalam perjuangan melawan kolonialisme Belanda, PKI telah mencetuskan pembrontakan di Banten, Jakarta dan Yogyakarta dalam tahun 1926, dan kemudian juga di Sumatera Barat dalam tahun 1927. Setelah pemberontakan itu ditindas oleh pemerintahan kolonial Belanda, maka ribuan pimpinan dan anggota PKI ditangkapi, dan kemudian dibuang dalam pengasingan di Tanah Merah (Digul).

Berbekal sejarah di atas, sudah saatnya kita sebagai masyarakat Indonesia bersatu untuk membangun kembali negara yang selama beberapa tahun belakangan ini terus-menerus diberikan cobaan dan musibah, serta maraknya kasus-kasus kriminal dari mulai yang dilakukan oleh masyarakat yang perkenomiannya lemah bahkan sampai para pejabat yang terus-menerus mencuri aset negara Indonesia. Oleh karena itu, mari kita mulai hari Kebangkitan Nasional tahun ini dengan mengintrospeksi diri masing-masing. Mari sama-sama kita perbaiki moral masing-masing diri kita dan juga moral masyarakat Indonesia secara keseluruhan, sehingga harapan kita, dengan moral masyarakat yang baik, maka negara kita yang tercinta ini akan menjadi baik pula.

Selain moral yang baik, yang tidak kalah penting adalah masalah pendidikan di negara kita. Dengan momen hari Kebangkitan Nasional ini, mari sama-sama kita memberikan andil dan solusi terbaik untuk membangun pendidikan Indonesia yang baik dan berkualitas. Karena dengan SDM manusia yang bermoral baik dan memiliki kuantitas serta kualitas yang baik bangsa Indonesia bisa bangkit menjadi bangsa yang baik dan bermartabat.

sumber : e-SmartSchool

Selasa, Mei 08, 2007

16 Lirik Lagu Wajib Nasional

Bagi temen-temen yang masih berstatus pelajar, pastilah lagu-lagu Wajib Nasional masih sangat familiar di telinga. Setidaknya saat upacara bedera Lagu Indonesia Raya tidak pernah terlewat dinyanyikan oleh paduan suara dari kelas yang mendapat giliran untuk menjadi petugas upacara. Namun para alumni yang telah lulus lebih dari 2 tahun, apakah masih ingat dengan lirik dan nada dari lagu-lagu Wajib Nasional tersebut?

Sekedar menyegarkan dan meningkatkan semangat Nasional, berikut lirik-lirik 16 lagu Wajib Nasional Indonesia, sebagian disertakan dengan instrumen MIDI yang di embed dari Songs Indonesia (http://www.geocities.com/SoHo/1823/) :
  1. Bagimu Negeri (Ciptaan : Kusbini)
  2. Bendera Merah Putih (Ciptaan : Ibu Sud)
  3. Berkibarlah benderaku (Ciptaan : Ibu Sud)
  4. Dari Sabang sampai Merauke (Ciptaan : R. Surarjo)
  5. Garuda Pancasila (Ciptaan : Sudharnoto)
  6. Hari Merdeka (Ciptaan : H. Mutahar)
  7. Halo-Halo Bandung (Ciptaan : Ismail Marzuki)
  8. Ibu Kartini (Ciptaan : WR Supratman)
  9. Indonesia Pusaka (Ciptaan : Ismail Marzuki)
  10. Indonesia Raya (Ciptaan : WR Supratman)
  11. Indonesia Tetap Merdeka (Ciptaan : C. Simanjuntak)
  12. Indonesia Tumpah Darahku (Ciptaan : Ibu Sud)
  13. Maju Tak Gentar (Ciptaan : C. Simanjuntak)
  14. Rayuan Pulau Kelapa (Ciptaan : Ismail Marzuki)
  15. Satu Nusa Satu Bangsa (Ciptaan : L. Manik)
  16. Syukur (Ciptaan : H. Mutahar)

Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan

Pesatnya perkembangan kota Jakarta mengakibatkan keaslian desa khas Betawi mulai hilang. Oleh karenanya masyarakat dengan didukung Pemerintah Daerah berusaha melestarikan kehidupan masyarakat dan budaya Betawi yang dipusatkan di Perkampungan Budaya Betawi-Situ Babakan-Srengseng sawah, Jakarta Selatan.

Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan sangat menarik untuk dikunjungi bagi mereka yang ingin menikmati suasana pedesaan, berwisata alam atau menyaksikan seni budaya Betawi asli. Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan merupakan salah satu obyek yang dipilih PATA sebagai obyek kunjungan bagi peserta Konferensi PATA di Jakarta bulan Oktober 2002.

Di desa Situ Babakan yang diapit oleh dua situ (danau) ini masyarakatnya menetap dengan gaya hidup secara tradisional dan sangat sederhana. Masyarakat melestarikan budaya asli dan cara hidup dengan tradisi Betawi. Secara bersamaan mereka melakukan penghijauan lingkungan serta meningkatkan taraf hidup masyarakatnya melalui usaha pertanian dan berkesenian.

Potensi alam desa tersebut berupa dua situ (danau) yang diberi nama Situ Babakan dan Situ Mangga Bolong. Pengunjung dapat berkeliling danau dengan menggunakan sepeda air yang disewakan dengan tarif yang murah. Lingkungan alam yang sejuk dengan pepohonan rindang serta aneka tanaman buah dan tanaman hijau yang mengilingi desa merupakan tempat yang cocok untuk beristirahat atau memancing di pinggir danau sambil menikmati suasana yang lain serta jauh dari hiruk-pikuk kota Jakarta.

Dapat disaksikan pula secara Aktifitas keseharian masyarakat setempat seperti budidaya ikan dalam keramba yang terdapat disepanjang pinggiran situ, memancing, bercocok tanam, berdagang, membuat kerajinan tangan serta membuat makanan dan minuman khas Betawi seperti dodol Betawi dan bir pletok.

Seni budaya Betawi seperti tari Cokek, tari Topeng, Lenong dan Ondel-ondel dipergelarkan di panggung terbuka setiap hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung dapat menikmati kesenian ini atau bahkan ikut menari bersama.

Wisma Betawi berfungsi sebagai penginapan, memiliki teras yang luas dengan 2 kamar tidur. Kamar tersebut masing-masing untuk pria dan wanita dengan kapasitas 6 orang dan memiliki kamar mandi terpisah. Terdapat pula kamar utama yang dilengkapi kamar mandi di dalam dan semua kamar bernuansa tradisi Betawi.

Senin, Mei 07, 2007

Bagimu Negeri (Ciptaan : Kusbini)

Padamu negri
kami berjanji
Padamu negri
kami berbakti
Padamu negri
kami mengabdi
Bagimu negri
jiwa raga kami


Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Bendera Merah Putih (Ciptaan : Ibu Sud)

Bendera Merah Putih
Bendera tanah airku
Gagah dan jernih tampak warnamu
Berkibarlah di langit yang biru
Bendera Merah Putih
Bendera bangsaku

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Berkibarlah benderaku (Ciptaan : Ibu Sud)

Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira
Di seluruh pantai Indonesia
Kau tetap pujaan bangsa
Siapa berani menurunkan engkau
Serentak rakyatmu membela

Sang Merah Putih yang perwira
Berkibarlah s'lama lamanya

Kami rakyat Indonesia
Bersedia setiap masa
Mencurahkan segenap tenaga
Supaya kau tetap cemerlang
Tak goyang jiwaku menahan rintangan
Tak gentar rakyatmu berkorban

Sang Merah Putih yang perwira
Berkibarlah s'lama lamanya

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Dari Sabang sampai Merauke (Ciptaan : R. Surarjo)

Dari Sabang sampai Merauke
Berjajar pulau-pulau
Sambung menyambung menjadi satu
Itulah Indonesia

Indonesia tanah airku
Aku berjanji padamu
Menjunjung tanah airku
Tanah airku Indonesia

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Garuda Pancasila (Ciptaan : Sudharnoto)

Garuda Pancasila
Aku-lah pendukungmu
Patriot proklamasi
Sedia berkorban untukmu

Pancasila dasar negara
Rakyat adil makmur sentosa
Pribadi bangsaku

Ayo maju maju
Ayo maju maju
Ayo maju maju

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Hari Merdeka (Ciptaan : H. Mutahar)

Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari Merdeka Nusa dan Bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
merdeka . . .

S'kali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih dikandung badan

Kita tetap setia tetap sedia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap sedia
Membela negara kita

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Halo-Halo Bandung (Ciptaan : Ismail Marzuki)

Halo-halo Bandung
Ibukota periangan
Halo-halo Bandung
Kota kenang-kenangan
Sudah lama beta
Tidak berjumpa dengan kau
Sekarang telah menjadi lautan api
Mari bung rebut kembali

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Ibu Kartini (Ciptaan : WR Supratman)

Ibu kita Kartini Putri sejati
Putri Indonesia Harum namanya

Ibu kita Kartini Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini Putri jauhari
Putri yang berjasa Se Indonesia

Ibu kita Kartini Putri yang suci
Putri yang merdeka Cita-citanya

Wahai ibu kita Kartini Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini Pendekar bangsa
Pendeka kaum ibu Se-Indonesia

Ibu kita Kartini Penyuluh budi
Penyuluh bangsanya Karena cintanya

Wahai ibu kita Kartini Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya Bagi Indonesia

Indonesia Pusaka (Ciptaan : Ismail Marzuki)

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja puja bangsa

Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Indonesia Raya (Ciptaan : WR Supratman)

(I)
Indonesia , tanah airku , tanah tumpah darahku
disanalah aku berdiri , jadi pandu ibuku
Indonesia , kebangsaanku , bangsa dan tanah airku
marilah kita berseru : Indonesia bersatu

hiduplah tanahku, hiduplah negriku
bangsaku, rakyatku, semuanya
bangunlah jiwanya, bangunlah badannya
untuk Indonesia Raya

Indonesia Raya, merdeka merdeka
tanahku, negriku, yang kucinta
Indonesia Raya, merdeka merdeka
hiduplah Indonesia Raya

(II)
Indonesia tanah yang mulia, tanah kita yang kaya
Di sanalah aku berada, untuk s'lama lamanya
Indonesia tanah pusaka, p'saka kita semuanya
Marilah kita mendo'a, Indonesia bahagia

Suburlah tanahnya, suburlah jiwanya
Bangsanya, Rakyatnya semuanya
Sadarlah hatinya, sadarlah budinya
Untuk Indonesia Raya

(III)
Indonesia tanah yang suci, tanah kita yang sakti
Di sanalah aku berdiri, 'njaga ibu sejati
Indonesia tanah berseri, tanah yang aku sayangi
Marilah kita berjanji, Indonesia abadi

S'lamatlah rakyatnya, s'lamatlah putranya
Pulaunya, lautnya semuanya
Majulah negrinya, majulah pandunya
Untuk Indonesia Raya

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Indonesia Tetap Merdeka (Ciptaan : C. Simanjuntak)

Sorak sorak bergembira
Bergembira semua
Sudah bebas negri kita
Indonesia merdeka

Indonesia merdeka
Republik Indonesia
Itulah hak milik kita
Untuk s'lama lamanya

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Indonesia Tumpah Darahku (Ciptaan : Ibu Sud)

Di mana sawah luas menghijau
Di mana bukit biru menghimbau
Itu tanahku tumpah darahku
Tanah pusaka yang kaya raya
Harum namanya Indonesia

Di mana puput berbunyi merdu
Di bawah gunung lembah yang biru
Itu tanahku tumpah darahku
Tanah pusaka aman sentausa
Harum namanya Indonesia

Di mana nyiur melambai-lambai
Di mana padi masak mengurai
Tanah pusaka bahagia mulia
Harum namanya Indonesia

Maju Tak Gentar (Ciptaan : C. Simanjuntak)

Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita menang

Bergerak bergerak, Serentak serentak
Menerkam menerjang terjang
Tak gentar tak gentar, Menyerang menyerang
Majulah majulah menang

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Rayuan Pulau Kelapa (Ciptaan : Ismail Marzuki)

Tanah airku Indonesia
Negeri elok amat kucinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang kupuja sepanjang masa

Tanah airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala

Reff:

Melambai lambai
Nyiur di pantai
Berbisik bisik
Raja Kelana

Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah Airku
Indonesia

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Satu Nusa Satu Bangsa (Ciptaan : L. Manik)

Satu nusa
Satu bangsa
Satu bahasa kita

Tanah air
Pasti jaya
Untuk Selama-lamanya

Indonesia pusaka
Indonesia tercinta
Nusa bangsa
Dan Bahasa
Kita bela bersama

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Syukur (Ciptaan : H. Mutahar)

Dari yakinku teguh, hati ikhlasku penuh
Akan karuniamu, tanah air pusaka
Indonesia merdeka
Syukur aku sembahkan, kehadiratMu Tuhan

Dari yakinku teguh, cinta ikhlasku penuh
Akan jasa usaha pahlawanku yang baka
Indonesia merdeka
Syukur aku hunjukkan ke bawah duli Tuhan

Dari yakinku teguh, bakti ikhlasku penuh
Akan azas rukunmu, pandu bangsa yang nyata
Indonesia merdeka
Syukur aku hunjukkan ke hadapanMu Tuhan

Copy code/scrip berikut ini untuk memasang lagu ini di halaman web anda
(Website, Blog, Friendster Profile dll)

Daftar provinsi di Indonesia

Indonesia terdiri atas 33 provinsi. Dari 33 provinsi tersebut, 5 di antaranya memiliki status khusus (*): Nanggroe Aceh Darussalam, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Papua, dan Papua Barat.

Berikut adalah daftar Provinsi dan Ibu Kota beserta lambangnya :

Provinsi Ibu Kota Lambang
Bali Denpasar
Bengkulu Bengkulu
Banten Serang
Daerah Istimewa Yogyakarta* Kota Yogyakarta
Daerah Khusus Ibukota Jakarta* Jakarta
Gorontalo Gorontalo
Jambi Jambi
Jawa Barat Bandung
Jawa Tengah Semarang
Jawa Timur Surabaya
Kalimantan Barat Pontianak
Kalimantan Tengah Palangkaraya
Kalimantan Timur Samarinda
Kalimantan Selatan Banjarmasin
Kepulauan Bangka Belitung Pangkal Pinang
Lampung Bandar Lampung
Maluku Ambon
Maluku Utara Ternate
Nanggroe Aceh Darussalam* (dahulu: Daerah Istimewa Aceh) Banda Aceh
Nusa Tenggara Barat Mataram
Nusa Tenggara Timur Kupang
Papua* (dahulu: Irian Jaya) Jayapura
Papua Barat* (dahulu: Irian Jaya Barat) Manokwari
Riau Pekan Baru
Kepulauan Riau Batam
Sulawesi Barat Mamuju
Sulawesi Tengah Palu
Sulawesi Tenggara Kendari
Sulawesi Selatan Makassar
Sulawesi Utara Manado
Sumatra Barat Padang
Sumatra Selatan Palembang
Sumatra Utara Medan
sumber : http://id.wikipedia.org
tanggal 7 Mei 2007

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...