Rabu, Februari 14, 2007

Acara anak sekolah : Ngumpulin massa atau naikin gengsi?

Sambil nunggu KREMOESESS yang ke 2 (ada lagi gak ya?) berikut ada artikel terkait untuk masukan bagi CIX-ers yang di salin dari http://www.hai-online.com (2004)
=====================
Tiap tahun beberapa pensi digelar. Acara non pensi pun nggak mau ketinggalan. Tapi apa bener semata-mata untuk bikin naik nama sekolah?

Pensi dan sebangsanya, yang digelar anak-anak sekolah, makin lama makin jadi ajang perang gengsi. Nggak percaya? Coba aja liat pensi-pensi yang tiap tahun makin banyak digelar.

Sekolah mana sih yang nggak bangga kalo bisa memboyong band-band papan atas Indonesia kayak Dewa, Slank, atau Naif ke atas panggung mereka? Sekolah mana sih yang nggak bangga menggelar pensi yang udah mirip konser musik raksasa yang kadang digelar sampe dua hari?

Bisa ketebak, jawabannya pasti semua sekolah ngerasa bangga kalo acara bikinan mereka sukses dan bisa ditonton banyak orang. Bisa jadi karena alasan "demi meraup penonton yang banyak", pensi lama-lama berubah jadi ajang adu bintang tamu. Temen-temen kita, panitia pensi masing-masing sekolah, sibuk memutar otak menebak band yang paling diminati calon penonton dan abis-abisan mencari dana untuk ngongkosin band-band top itu.

"Kami sampe bikin angket ke satu sekolah tentang band apa yang pengen diliat di pensi kami, makanya yang tampil di Pirates itu adalah hasil polling," ujar Nilam, Ketua Pirates SMU 4 yang tadinya mau menggelar Pirates bertepatan dengan ultah SMU 4 di bulan Maret. "Karena Naif -yang ditunggu anak-anak- saat itu mau manggung di Kalimantan, acaranya kami majuin ke bulan Januari," lanjutnya. Buset, bela-belain banget ya?

NYARI MASSA

Kalo diliat dari banyaknya jumlah pensi yang digelar, apakah itu berarti pensi udah jadi kebutuhan anak-anak sekolah sekarang ini?

"Sebenernya tergantung sekolahnya. Kalo acara mereka udah punya nama kayak Kresikars, PL, atau Carasel mereka kan punya tanggung jawab untuk menggelar acara itu tiap tahun. Karena senior atau sekolah lain pasti pada nanyain kelangsungan acara itu. Nah, kalo sekolah yang baru bikin pensi, kayak masih ada pilihan lain untuk bikin acara selain pensi," jelas Aini, Ketua Carasel 68.

Kayaknya pendapat Aini nggak 100% bener. Soalnya, dari semua sekolah yang pernah bikin pensi, ada juga yang punya acara non pensi. Contohnya ada Daha Cup dari anak SMU 82 dan Astro-nya Labschool (singkatan dari Art and Sport for Trophy).

Biar begitu, sampe saat ini bisa dibilang pensi masih jadi pilihan utama. Bisa jadi gara-gara urusan menaikkan gengsi tadi. Bener nggak?

"Pasti ada unsur kayak gitu, walaupun mungkin nggak semua mikir kayak gitu. Yang pasti niatan untuk naikin gengsi sekolah pasti ada di panitia penyelenggara suatu event, baik itu pensi atau kejuaraan olah raga. Tapi itu kan lebih mendingan daripada tawuran?" sergah Bayu, Ketua Panitia Lab Blazt 2004.

"Sukses atau enggaknya penyelenggaraan event bakal menunjukkan sekolah itu udah eksis atau belum? Kayak SMU 82. Kami kan udah 15 tahun bikin Kresikars. Makanya anak-anak sekolah lain jadi banyak yang tau tentang Kresikars," jelas Abie, Ketua Umum Kresikars tahun ini.

"Sebetulnya yang paling populer sekarang ini kan pensi. Paling naikin pamor sekolah karena pasti banyak orang yang dateng. Kalo di bidang olah raga yang bisa naikin pamor sekolah itu biasanya bidang sepak bola atau basket," sambung Bayu.

Oke, jack. Berarti acara non pensi tetap punya peluang kan? Buktinya temen-temen kita di SMU Tarakanita baru aja bikin Teater, SMU Gonzaga bikin Gonzaga Cup dan masih ada sederet acara non pensi lain. Walaupun nggak menarik massa penonton yang banyak, tapi tetep ditonton banyak orang. Dan nama sekolahnya tetep terangkat lho!

Denger aja kata Mahareksa, ketua Bulungan Cup 2004 yang bercita-cita pengen bikin kompetisi tinju.

"SMU 70 tuh dikenal orang karena sering bikin event olahraga. Abis, kalo kita bikin pensi ntar kesannya ngikutin sekolah lain. Lagian kalo acara olahraga penonton pasti dateng untuk acara olahraganya. Kalo pensi, nama sekolah tuh kadang nggak diperhatiin. Mereka dateng untuk bintang tamu!" beber cowok yang akrab dipanggil Eksa ini.

DANA SPONSOR

Eksa nggak asal tuduh. Hampir semua pantia pensi ngakuin kalo tiap pensi digelar, penonton cuma dateng untuk bintang tamu. Nggak heran kalo mereka konsentrasi sama siapa yang bakal jadi bintang tamu, dan tentu saja siapa yang ngesponsorin mereka membayar bintang tamu itu.

"Wah susah tuh kalo jadwal pensi lagi padet. Soalnya kadang para artis udah dipanggil di pensi lain. Tapi yang paling nyesek tuh kalo sponsor yang kita keceng direbut orang lain. Aduh itu lemes banget lho!" aku salah satu pencari dana di Pirates.

Untungnya, hari gini banyak banget perusahaan yang mau dana atau malah promosi gratis untuk pensi. Sebut aja produk minuman Fruit Tea dan Radio U FM yang baru-baru ini ngucurin dana buat sebuah pensi. Atau liat deh Radio Prambors yang udah berbaik hati ngasih promosi konvoi gratis pensi lainnya.

"Sponsor itu ada yang datang nawarin, tapi ada juga yang musti dicari. Soalnya dananya kan nggak mungkin dari satu sumber," tambah Nilam, bos-nya Pirate SMU 4.

Untungnya, acara non pensi pun tetap mendapat dukungan dana dari beberapa sponsor. Bisa jadi lantaran nggak butuh dana sampe ratusan juta, panitia acara non pensi pun nggak jarang nerima sponsor yang "nggak akrab" diterima anak-anak.

"Ah, yang penting kan kami seneng ada yang dukung," ujar Eksa yang acara Bul Cup-nya berhasil didukung LPG.

Tuh kan, seru juga. Terbukti kalo apapun yang dilakukan anak sekolah sekarang ini dapet dukungan pihak sponsor. Nggak cuma pensi aja. Karena sebenernya acara sekolahan itu bakal lebih berarti kalo bisa nyalurin bakat-bakat seni atau kegiatan ekstra kuriukuler anak sekolah itu sendiri. Setuju?

BOSEN PENSI, LO BISA BIKIN....

Man, ini sederet kegiatan yang bisa dilakuin buat acara sekolah. Walaupun nggak menarik massa banyak kayak pensi, tapi cukup asik untuk digelar.

  1. Kompetisi band antar sekolah
  2. Ini yang udah jarang dibikin. Nggak usah nyewa stadion. Cukup digelar di sekolah lo aja plus nyewa juri yang kawakan soal musik. Siapa tau diem-diem sekolah lo yang jadi pemenangnya!

  3. Acara olahraga khusus
  4. Siapa yang berani bikin turnamen tinju anak sekolah (mudah-mudahan yang punya ekskul tinju jadi bikin ini). Atau bikin olahraga rakyat kayak benteng dan galasin antar sekolah. Pasti seru dan kocak!

  5. Kompetisi antar ekskul sekolah
  6. SMU 70 udah ngelakuin ini lewat Bulungan Cup. Mereka mengikut sertakan fotografi dan pencak silat di dalam turnamen. Patut dicoba tuh!

  7. Kompetisi Breakdance
  8. Ini juga lagi rame, jack! Malah udah ada yang jadi ekskul sekolah. Selain itu, tarian jalanan ini udah sering muncul dimana-mana. Kalo di tiap pensi pasti ada breaker, kenapa nggak dibikinin aja sekalian kompetisinya?

  9. Teater anak sekolah

Semenjak bangkitnya film nasional, seni peran mulai naik daun. Boleh juga tuh manfaatin momen ini dengan bikin pagelaran teater atau operet. Lebih bagus lagi ngarang cerita orisinil dari tim teater sekolah lo!

STOPPER

Sebuah acara sekolah bertema olahraga paling banter bakal ngabisin 70 juta rupiah. Sementara biaya minimal untuk pensi adalah 300 juta rupiah!

Sampai pertengahan tahun 90-an, masih ada pensi yang menggelar kompetisi band antar sekolah di dalamnya. Setelah itu, udah nggak ada lagi tuh!

Paling susah menggelar pensi di Lapangan Soemantri Brojonegoro, Kuningan. Selain lokasi bongkar pasang panggung susah lantaran pintu masuk harus dari bawah lapangan, tanah di stadion itu pasti jadi arena lumpur begitu turun hujan.

Lokasi yang paling rawan penonton gratisan adalah di Plaza Barat Senayan. Kalo nggak punya duit, para penonton bandel tinggal nonton dari lapangan tennis outdoor yang terletak di venue Plaza Barat.

sumber : http://www.hai-online.com

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...