Jumat, Februari 16, 2007

Tanggap Flu Burung!

Kampanye yang didukung oleh UNICEF dan Pemerintah Jepang ini berpusat pada empat pesan pokok: JANGAN SENTUH, CUCI PAKAI SABUN, PISAHKAN, dan PERIKSAKAN.

  1. Jangan sentuh unggas yang sakit atau mati. Jika terlanjur, cepat-cepat cuci tangan pakai sabun dan laporkan ke kepala desa.
  2. Cuci tangan pakai sabun dan juga peralatan masak Anda sebelum makan atau memasak. Masak ayam dan telur ayam sampai matang.
  3. Pisahkan unggas dari manusia. Dan juga pisahkan unggas baru dari unggas lama selama dua minggu.
  4. Periksakan ke puskesmas jika mengalami gejala flu dan demam setelah berdekatan dengan unggas.
Virus H5N1 sudah merupakan endemi pada unggas di 29 provinsi di Indonesia. Sampai 1 September 2006 telah terkonfirmasi 62 kasus pada manusia, 47 diantaranya meninggal, yang kebanyakan adalah anak-anak. Dikhawatirkan dengan semakin mendekatnya musim mewabahnya penyakit flu, jumlah kasus manusia akan meningkat secara signifikan. Para ahli kesehatan telah mengeluarkan peringatan bahwa virus H5N1 dapat bermutasi sehingga mudah menular antar manusia dan berpotensi memunculkan pandemi global. Pandemi akan berdampak sangat buruk bagi perekonomian nasional, mempengaruhi semua sektor, mulai dari pariwisata, pertanian, dan perdagangan.

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...