Jumat, Februari 23, 2007

Freeware Alternatif : Kategori Multimedia & Burning tools

1. Winamp (www.nullsoft.com)

Siapa yang tidak kenal winamp, aplikasi yang satu ini wajib diinstal pada PC Anda. Sejak era MP3 diperkenalkan, aplikasi ini sudah menjadi standar player. Mulai dari versi 1.x hingga sekarang ke versi 5.31, winamp selalu melakukan perubahan yang menarik. Tersedianya skin ataupun visualisasi yang berlimpah ditambah dengan kemampuan untuk menampilkan format video, semakin menambah keperkasaan winamp dibanding aplikasi player lainnya.

2. XnView (www.xnview.com)

XnView menyediakan fungsi yang ekstra lengkap bila anda bekerja dengan berbagai format gambar dan foto digital. Sebut saja viewer, pengolah gambar, slideshow, impot dari scanner dan kamera, serta fungsi rename beberapa fail sekaligus sebagai contohnya. XnView juga membuka foto dengan sistem tab, seperti pada browser Opera dan Firefox, sehingga meniadakan keperluan akan jendela khusus untuk setiap foto.

XnView dapat menyimpan foto dalam 60 format dan membaca lebih dari 400 format. Pengeditan foto (memotong dan memutar) juga dapat dilakukannya, walau tidak selengkap foto editor lengkap seperti Photoshop. XnView juga dapat memproses beberapa fail sekaligus. Daftar option detailnya dapat anda lihat melalui “Tools | Batch Convert | Advanced Operations”. Tampilan XnView diawali dengan browser foto yang desainnya sangat mirip Windows Explorer atau
ACDSee (program sejenis bersifat komesial). Klik ganda pada foto akan membuka mode pengeditan fotonya.

3. VirtualDub (www.virtualdub.org)

VirtualDub dapat disebut sebagai tool terbaik diantara program video editor gratis yang ada saat ini. Editing, sinkronisasi audio, filter, dan fungsi-fungsi pengeditan lainnya bukan masalah bagi tool open source ini. VirtualDub bahkan dapat mengedit video dan audio secara terpisah. Misalnya, untuk menyesuaikan audionya tanpa harus mengubah videonya.

Fungsi video capture juga terintegrasi, sehingga Anda dapat langsung merekam program siaran TV dari TV tuner card. VirtualDub meng-encode video dan audio secara real time dengan codec-codec yang telah ter-install pada Windows.

Tool ini dapat menangani file AVI hingga ukuran 4 GB. Pengguna tingkat lanjutan akan menemukan banyak kemungkinan settings pada VirtualDub, sementara pemula perlu mempelajarinya terlebih dulu.

4. Audacity (audacity.sf.net)

Audacity memproses dan mengedit file-file audio dalam format WAV, MP3, OggVorbis dan AIFF, atau merekam file audio baru melalui sound card. Misalnya untuk digitalisasi koleksi piringan musik analog Anda.

Untuk editing, tersedia banyak efek. Misalnya, Anda dapat menyingkirkan bunyi ketukan dan noise, menambahkan echo, mengubah tinggi nada dan tempo secara terpisah, atau mem-playback lagu secara terbalik dari akhir ke awal.

Audacity dapat menangani hingga 16 audio track. Dengan demikian Anda dapat melakukan mixing berbagai sound. Dengan equalizer terintegrasi, Anda dapat mengubah frekuensi, misalnya agar suara penyanyi latar lebih terdengar atau untuk menambahkan efek bass.

5. CDBurnerXP Pro (www.cdburnerxp.se)

Apabila driver pembakar Anda tidak menyertakan tool pembakar, CDBurnerXP Pro adalah alternatif terbaik. Fasilitas yang dimilikinya juga tidak sedikit. Di samping mendukung pembakaran data biasa pada CD/ DVD, tool ini juga dapat membakar boot disk, CD audio, dan file ISO. Dengan CD-ripper terintegrasinya, CDBurnerXP Pro dapat meng-copy isi CD audio yang tidak diproteksi ke hard disk.

Untuk menyisipkan informasi pada file, terdapat fasilitas editor id3-tag. Anda pun dapat mengkonversi file WAV ke MP3 atau sebaliknya dengan sebuah tool editor audio ‘mini’. Tidak ketinggalan, fasilitas untuk mendesain CD cover dengan editor cover.


Freeware Alternatif :Office & Internet, Multimedia & Burning tools, Security, Tools & Utilities

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...