Rabu, Februari 21, 2007

Merokok dan Narkoba Sama Bahayanya

Tahukah Anda bahwa merokok dan menggunakan narkoba sama-sama bisa menyebabkan perubahan kimia pada otak dalam jangka panjang?
Kalau diminta menjauhi narkoba Anda pasti mengangguk setuju, tapi kalau menjauhi rokok? Mungkin Anda akan menjawab, "nanti dulu". Bahaya rokok selama ini sering disepelekan. Padahal keduanya sama-sama membuat sel otak rusak.
Dalam riset yang dilakukan National Institute on Drug Abuse, AS, para peneliti melakukan analisa kadar dua enzim yang ada di dalam sel otak atau disebut neurons. Enzim-enzim ini membantu syaraf memanfaatkan sinyal-sinyal kimia seperti sinyal yang dihasilkan oleh dopamine, senyawa pengirim pesan. Nah, kadar kedua enzim tersebut sangat tinggi pada perokok dan mantan perokok.
Penelitian yang dilakukan pada hewan yang diberikan kokain dan heroin juga menunjukkan tingginya enzim-enzim tersebut. Sehingga makin jelas bahwa baik rokok atau narkoba memiliki dampak yang sama pada otak.
"Data penelitian tersebut menunjukkan perubahan kimiawi jangka panjang pada otak manusia," kata Michael Kuhar dari Universitas Atlanta, AS. Menurutnya perubahan kimia tersebut disebabkan karena dampak psikologis akibat kecanduan nikotin.
Sejak lama para ahli dan dokter telah mengingatkan bahwa kecanduan nikotin sama halnya dengan kecanduan heroin, tapi tetap saja jumlah perokok makin meningkat setiap tahunnya.

Sumber: reuters
Penulis: An

referensi : http://www.kompas.com/ver1/Kesehatan/0702/21/120824.htm

1 komentar:

M Fahmi Aulia mengatakan...

sebagai artikel tambahan...untuk melengkapi:
- rokok dan nikotin
- merokok

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...