Jumat, Maret 16, 2007

Bus Sekolah akan ada lagi di Jakarta

"Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso berharap sebanyak 34 unit bus sekolah milik Pemprov DKI sudah bisa beroperasi pada awal April 2007." begitu pembuka berita yang berjudul "34 Bus Sekolah Diharapkan Beroperasi April" dalam www.media-indonesia.com Kamis, 15 Maret 2007. Rute bus sekolah itu adalah mulai dari kawasan permukiman Kemayoran, Pulogadung, Taman Mini Indonesia Indah, Pasar Minggu, dan Kalideres, menuju daerah pendidikan SMP dan SMA di Lapangan Banteng, Tanjung Priok, Kampung Melayu, Kebayoran, dan Harmoni.

Sebenarnya ini bukan pertama kali Bus Sekolah diadakan di Jakarta, kebijakan mengadakan bus sekolah bukanlah hal yang buruk, apalagi bus ini gratis tentu akan sangat meringankan beban para pelajar dan orang tua tentunya.

Pengalaman ketika di tahun 1990-an Jakarta pernah menyelenggarakan bus sekolah berwarna kuning beroperasi di jalan-jalan Ibukota. Namun penumpang bus tersebut tidak hanya dipenuhi anak sekolah, tetapi pegawai kantoran juga menumpang bus itu. Hingga saat ini sebagian bus kuning itu sebenarnya masih beroperasi, penulis masih sering melihat di ruas Jl. Kh. Mas Mansyur, Tanah Abang, namun dengan membawa "nama" yang lain.

Akankah Bus Sekolah yang akan diadakan tahun 2007
beroperasi sesuai dengan harapan? Atau bernasib sama dengan pendahulunya yang dipenuhi tidak hanya oleh anak sekolah, tetapi juga pegawai kantoran serta comuter lainnya?

Nb. Buat anak CIX (SMAN 109 Jakarta, Lenteng Angung, Jak-Sel), menikmati bus sekolah gratis sepertinya cuma hayalan, lihat saja rute rencananya.

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...