Kamis, Maret 01, 2007

Internet Kecepatan Tinggi

Handphone atau HP boleh jadi bukan merupakan benda asing bagi kita. Perlahan tapi pasti, benda ini menjadi kian tak terpisahkan dari aktifitas keseharian kita. Meski demikian, seringkali kita temukan berbagai istilah yang kadang-kadang maknanya masih ’samar-samar’ bagi kita. Maklum, teknologi ini berasal dari negeri orang, jadi bahasanya juga menggunakan bahasa mereka.

Tulisan berikut ini, yang disarikan dan diterjemahkan dari berbagai sumber, berisi penjelasan sederhana dari istilah-istilah yang sering digunakan berkaitan dengan handphone dan berbagai aksesorisnya. Mudah-mudahan bermanfaat.

1G – HP Generasi Pertama
Saat ini HP generasi pertama sudah sangat ketinggalan jaman. Ditandai dengan buruknya sambungan percakapan, kurangnya keamanan dan kapasitas yang rendah. Entah apakah HP jenis ini masih ada yang mengoleksinya. Meski demikian, HP generasi pertama ini tetap berjasa besar karena dari sinilah cikal bakal HP yang lebih canggih terus tumbuh!

2G – HP Generasi Kedua
Jaringan telepon 2G (sering dikaitkan dengan GSM) masih digunakan di berbagai belahan dunia. 2G menawarkan kualitas suara dengan bit rate tinggi, tingkat enkripsi yang berbeda dan pengiriman teks SMS, meski masih terbatas dalam soal komunikasi data.

2.5G
HP 2.5G generasi transisi antara teknologi 2G and 3G, menawarkan kapasitas transmisi data yang lebih besar sehingga meningkatkan layanan data seperti GPRS. GPRS membolehkan penyedia jaringan untuk menarik biaya berdasarkan jumlah data yang dikirim dan bukan dari lamanya waktu koneksi.

3G – HP Generasi Ketiga
Jaringan telepon 3G diperkenalkan untuk pertamakalinya di Jepang pada tahun 2001, dan ejak saat itu secara bertahap menyebar ke sseluruh dunia. HP generasi ketiga ini mampu menerima data pada tinggkat yang jauh lebih tinggi dibanding teknologi sebelumnya. 3G juga mendukung aplikasi yang boros dalam penggunaan bandwidth seperti video conference, akes internet dengan kecepatan tinggi, mendownload MP3 dengan cepat, dan streaming audio dengan kualitas prima.

Airtime
Durasi atau lamanya panggilan yang dihitung sejak saat Anda berhasil melakukan panggilan hingga saat Anda menutup telepon.

Battery
Batere alias alat penyuplai daya bagi telepon yang bisa diisi (charge) ulang. Nickel Metal Hydride batteries (NiMH) sangat ringan namun memiliki kapasitas besar dan bisa diisi ulang (recharged) dalam waktu yang relatif singkat.

Battery Status/Battery Charge Display
Layar yang menunjukkan jumlah energi batere yang tersisa di HP Anda.

Bluetooth
Bluetooth memungkinkan transmisi data tanpa kabel (wireless) diantara peralatan-peralatan seperti HP, komputer dan PDA. Protokol Bluetooth diberi nama sesuai dengan nama raja Denmark jaman dahulu, Harald Bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda mengirim dan berbagi data dengan peralatan lainnya dalam jarak sekitar satu meter.

Call Barring
Fitur call barring memungkinkan Anda bisa melakukan blok pada panggilan masuk dan panggilan keluar.

Call Divert
Fitur yang sangat berguna sehingga Anda bisa mengalihkan panggilan dari HP Anda ke telepon lainnya.

Call Hold
Dengan fitur ini, Anda tidak perlu menutup hubungan telepon, meski pada saat yang sama Anda juga melakukan panggilan atau menerima telepon lain.

Caller Identification
Fitur yang menampilkan nomor dari orang yang menelepon Anda – meski demikian, ada nomor-nomor tertentu yang tidak bisa ditampilkan.

Call Timer
Fitur Call Timer mencatat durasi pembicaraan Anda sehingga Anda tidak perlu lagi berkerut kening saat Anda membayar telepon di akhir bulan!

Coverage
Untuk bisa menelepon dari HP, tentu harus ada sinyal dari jaringan penyedia layanan yang Anda gunakan. Jaringan ini tentu saja tidak bisa mencakup semua wilayah yang jauh. Idealnya, penyedia layanan jaringan ini akan menyediakan peta cakupan (coverage map) yang menunjukkan di wilayah mana saja kita bisa menggunakan layanan mereka.

Data Cable
Kabel yang digunakan untuk menghubungkan HP Anda dengan peralatan lain seperti komputer misalnya, sehingga Anda bisa mentransfer file seperti foto atau audio.

Data Card
Sebuah kartu data yang disisipkan pada laptop Anda. Dengan alat ini kita bisa mengakses internet lewat HP. Ini cocok bagi para pebisnis yang sering membutuhkan konektivitas internet ketika sedang berada di perjalanan.

Data Connectivity
Konektivitas data mengacu kepada kemampuan HP Anda untuk dihubungkan dengan peralatan lain seperti PC atau HP yang lain. Konektivitas data biasanya dicapai melalui protokol tanpakabel (wireless)seperti Bluetooth, atau bisa juga melalui Data Cable.

Digital
Di masa lalu semua HP menggunakan teknologi analog yang sekarang dianggap kuno – menghasilkan kualitas suara yang buruk dan keamanan yang lemah. Saat ini semua handphone menggunakan sinyal digital sehingga menghasilkan kualitas panggilan dan keamanan yang prima. Sebagai tambahan, telepon digital juga bisa digunakan untuk rangkaian aplikasi yang lebih luas seperti akses internet.

Digital Zoom
Digital zoom sering kita temukan pada HP dengan kamera, yang cara kerjanya adalah membesarkan bagian gambar yang dipilih dengan melakukan manipulasi secara digital. Ini kurang lebih mirip dengan cara kerja software gambar yang bisa merubah ukuran gambar dan memperbesarnya. Foto kemungkinan kan menurun kualitas gambarnya setelah melalui proses ini, terutama pada large zoom. Zoom jenis kedua yang terdapat pada kamera adalah is optical zoom, pada fitur ini, pembesaran dilakukan oleh lensa yang biasanya terlihat bergerak keluar-masuk.

Document Viewers
Fitur Document Viewer alias pengintip dokumen yang sangat berguna, terdapat pada jenis HP yang lebih canggih. Dengan fitur ini pemakai bisa membuka dokumen dari berbagai aplikasi seperti Microsoft Word, Excel, Access dan Adobe Acrobat. Sangat bermanfaat terutama bagi pembisnis.

Dual Band
Merujuk pada kemampuan jenis HP tertentu untuk beroperasi pada dua frekuensi yang berbeda, misalnya 900MHz dan 1800 MHz.

EDGE
EDGE adalah metode transmisi data yang 2-3 kali lebih cepat dari GPRS sehingga bisa melakukan transfer data 3G. EDGE adalah singkatan dari Enhanced Data for Global Evolution. Seperti juga GPRS, biaya penggunaa Edge ini ditentukan berdasarkan jumlah megabytes yang di-download dan bukan dihitung dari waktu koneksi. Penggunaan EDGE sangat ideal untuk aplikasi yang membutuhkan bandwidth besar seperti video streaming dan men-download MP3.

GPS
GPS adalah kependekan dari Global Positioning System – suatu sistem navigasi satelit yang memungkinkan penggunanya untuk menunjukkan suatu lokasi secara tepat. Cocok bagi mereka yang suka beraktivitas di alam bebas, yang suka bepergian, serta mereka yang banyak menghabiskan waktu di jalanan.

GPRS
GPRS adalah singkatan dari General Packet Radio Service yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data melalui jaringan handphone. Biaya penggunaan GPRS dihitung berdasakan jumlah megabyte yang di-download dan bukan dari lamanya waktu koneksi. GPRS memungkinkan para pengguna handphone untuk mengakses Internet, mengirim email, menggunakan pesan-pesan multimedia dan sebagainya.

GSM
GSM adalah singkatan dari Global System for Mobile Communication – yakni suatu standar komunikasi digital yang dirancang untuk menggantikan sistem analog. Saat ini digunakan oleh lebih dari 70% jaringan hand phone di seluruh dunia.

GSM900
Jaringan hand phone yang beroperasi pada frekuensi GSM 900MHz – di Inggris misalnya, digunakan oleh Vodafone dan O2.

GSM1800
Jaringan hand phone yang beroperasi pada frekuensi GSM 1800MHz – di Inggris digunakan oleh Orange dan T-Mobile.

IMEI
IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Ini merupakan nomor identitas unik yang diberikan untuk handphone, mirip dengan plat nomor mobil. Operator jaringan bisa mengunakan nomor ini untuk memblokir sebuah handphone yang dicuri.

Infrared
Infrared atau infra merah memungkinkan konektivitas data tanpa kabel diantara HP dengan peralatan lain seperti laptop. Port infrared di kedua alat tersebut harus disesuaikan sebelum transfer dilakukan.

Internet Browser
Software untuk menjelajah internet. Saat ini semakin banyak HP yang dilengkapi dengan perambah internet untuk keperluan ini.

Java
Java adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan program-program kecil bisa di-instal dan dijalankan di HP Anda. Program-program kecil ini sering disebut sebagai midlet dan bisa di-downloaded secara gratis maupun berbayar di internet.

Media Players
Media players program software yang di-instal pada HP tertentu sehingga pemakainya bisa mendengarkan audio atau nonton video. Contohnya: Windows Media Player.

Megapixel Camera
Kamera megapiksel terapat pada banyak jenis HP dan mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi yang layak cetak.

Memory Card
Memory digunakan untuk menyimpan data eperti nomor telepon, gambar, dan audio pada HP Anda. Pada beberapa jenis HP tertentu, memori ini bisa di-upgrade agar bisa menyimpan lebih banyak data.

MMS
MMS singkatan dari Multimedia Messaging Service (layanan pengiriman pesan multimedia). Dengan fitur ini, penggunanya bisa mengirim teks, suara, gambar dan bahkan video di dalam sebuah pesan.

MP3 Player
Aplikasi software pada jenis HP tertentu untuk mendengarkan audio berformat MP3.

Network Provider
Perusahaan yang mengoperasikan layanan jaringan. Adalima jaringan besar di Inggris, yakni Three, Vodafone, O2, Orange and T-Mobile.

Phonebook
Kebanyakan HP saat ini dilengkapi dengan aplikasi phonebook atau buku telepon. Gunanya untuk menyimpan daftar nama dan nomor telepon.

PIN
PIN merupakan 4 digit kode keamanan untuk HP Anda. Kode PIN ini bisa digunakan untuk mencegah penggunaan HP oleh orang-orang yang tidak berhak. Kode ini juga bisa dirubah kapan saja oleh pemilik HP.

Polyphonic Ringtones
Ringtone yang bisa memperdengarkan lebih dari satu nada pada saat yang bersamaan.

Predictive Text
Fitur predictive text ini membuat proses penulisan pesan menjadi lebih mudah dan sederhana karena bisa memprediksi huruf yang akan kita tulis berdasarkan pengenalan program terhadap kata-kata. Sayangnya belum ada predictive text versi bahasa Indonesia, sehingga fitur ini malah agak menyulitkan ketika kita menulis pesan dalam bahasa Indonesia.

PUK
PUK adalah singkatan dari personal unblocking code (kode pribadi untuk membuka blokir). Jika Anda berulangkali memasukkan kode PIN yang salah pada HP yang diproteksi, maka HP tersebut akan diblokir oleh provider jaringan. Untuk membuka blokir tersebut diperlukan PUK yang biasanya terdiri dari delapan digit.

Quad Band
HP dengan quad bisa dioperasikan pada 4 frekuensi, sehingga HP tersebut bisa dipakai di lebih banyak negara.

Roaming
Roaming adalah kemampuan untuk membuat dan menerima panggilan pada saat Anda berada di luar wilayah cakupan jaringan tempat Anda terdaftar. Bahkan Anda bisa saja menggunakan HP di luar negeri jika ada ‘roaming agreements’ antara provider jaringan Anda dengan provider jaringan di luar negeri.

SAR
SAR adalah singkatan dari Specific Absorption Rate, yakni unit pengukuran yang dirancang untuk mengetahui jumlah frekuensi radio yang terserap oleh tubuh manusia pada saat menggunakan handphone.

SIM Card
SIM adalah singkatan dari subscriber identity module alias modul identitas pelanggan. SIM card merupakan kartu kecil yang disisipkan ke dalam handphone dan digunakan jaringan telepon untuk mengidentifikasi handset Anda. SIM card juga bisa menyimpan data seperti pesan berupa tulisan dan buku telepon.

Smartphone
Smartphone adalah HP yang menggabungkan fitur handphone dan PDA (personal digital assistant). Cocok bagi para pebisnis.

SMS
SMS adalah singkatan dari Short Message Service (Layanan Pesan Singkat) yang gunanya untuk mengirim dan menerima pesan berupa tulisan singkat.

Speaker Phone
Pengeras suara pada HP sehingga kita bisa mendengarkan percakapan tanpa harus mendekatkan receiver ke telinga kita.

Standby Time
Rentang waktu yang dimiliki batere sejak saat dicharge penuh hingga habis dalam keadaan standby (tidak digunakan).

Streaming
Kemampuan untuk menikmati sajian audio atau video di HP Anda secara ‘live’ (langsung) tanpa harus men-downloadnya terlebih dahulu.

Symbian
Kelompok perusahaan yang terdiri dari Sony Ericsson, Nokia dan Psion. Symbian mengkhususkan diri pada pengembangan sistem operasi untuk handphone dan PDA (personal digital assistant.)

T9
Juga dikenal sebagai predictive text input – yang membuat proses menulis pesan menjadi lebih sederhana dan cepat. Ini terjadi gara-gara programnya bisa memperkirakan apa huruf yang akan kita ketikkan berikutnya berdasarkan pengenalan program terhadap kata.

Talk Time
Talk time adalah jumlah keseluruhan waktu bicara Anda sebelum batere perlu diisi kembali (recharged).

Tariff
Mengacu pada struktur penentuan harga yang ditawarkan provider jaringan. Biasanya jaringan menawarkan tarif yang bervariasi tergantung kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda. Tarif tertentu mungkin sesuai bagi mereka yang tidak terlalu aktif menggunakan telepon, sementara tarif yang lain lebih sesuai bagi mereka yang aktif. Tarif ini pada umumnya juga termasuk telepon dan SMS gratis dalam jumlah tertentu, serta harga pulsa per menit untuk tagihan bulanan. Memilih tarif yang sesuai dengan keperluan Anda akan membantu Anda menekan biaya telepon bulanan.

Text Messaging
Kemampuan untuk mengirim dan menerima pesan pendek atau kita kenal dengan SMS. Hampir semua handphone saat ini memiliki fasilitas tersebut.

Tri-Band
Handphone Tri-band bisa dioperasikan pada tiga frekuensi GSM yang berbeda – GSM900, GSM1800, dan GSM1900. HP jenis ini bisa digunakan di lebih banyak negara.

UMTS
UMTS adalah singkatan dari Universal Mobile Telephone System atau dikenal juga sebagai 3G.

Vibrating Alert
Sebagian besar handphone dilengkapi dengan fitur vibrating alert (getaran) untuk memberitahu adanya telepon masuk – cocok untuk keadaan dimana bunyi panggilan masuk akan mengganggu orang lain, misalnya saat berada di bioskop.

Video Calling
Kemampuan untuk melakukan panggilan video 2 arah melalui HP. Untuk melakukannya dibutuhkan handset 3G.

Voice Dial
Voice dial adalah fitur yang tersedia pada beberapa jenis HP yang membuat pemiliknya bisa melakukan panggilan telepon hanya dengan menyebutkan nama orang yang akan ditelepon. Begitu nama yang dimaksud diucapkan, HP akan secara otomatis menelepon orang tersebut.

Voicemail
Kemampuan untuk menerima rekaman pesan suara pada saat HP tidak aktif, atau ketika Anda tidak mengangkat telepon.

Wallpaper
Banyak handphone yang latar belakang layarnya bisa diganti-ganti desainnya. Nah desain latar belakang layar ini sering disebut wallpaper.

WAP
WAP adalah singkatan dari Wireless Application Protocol yang membuat pengguna HP bisa mengakses layanan informasi melalui telepon mereka – mirip dengan browsing pada sebuah halaman web.

Wi-Fi
Kemampuan untuk terhubung ke sebuah jaringan wireless (tanpa kabel) berkecepatan tinggi – biasanya terdapat pada handphone yang lebih canggih.

(Tata Danamihardja / berbagai sumber)

sumber : http://firmanyudha.wordpress.com/2007/01/31/berbagai-istilah-seputar-handphone

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...