Kamis, Maret 22, 2007

Workshop Menulis Novel untuk Anak

Perdagangan bebas di ambang pintu. Artinya penerbit mana pun bebas mengembangkan bisnisnya, dan ini artinya juga pengarang internasional akan lebih mudah datang untuk menyapa pembaca Indonesia apalagi makin banyak saja pembaca anak-anak dan dewasa yang mampu berbahasa Inggris. Tidakkah kita akan bersiap-siap menyambut kemungkinan ini? Terbuka pintu lebar bagi pengarang atau calon pengarang Indonesia untuk menjadi pengarang dunia, asal memang berkemampuan. Sudahkah kita, Anda, siap untuk bersaing dan merebut pasar?

Kelompok Pencinta Bacaan Anak (KPBA) bekerja sama dengan Indonesian Board on Books for Young People (INABBY) bersiap menyambut hal ini dengan menyiapkan Anda menjadi penulis dan calon penulis yang serius. Global Issue adalah topik pertama yang akan kami garap bersama Deborah Ellis, pengarang dari Kanada, yang salah satu pengarang terkemuka di dunia, dan Dr. Murti Bunanta, ahli sastra anak. Apa yang akan dibicarakan dalam masalah-masalah global? Anak yang terjebak dalam perang, konflik dan permusuhan; anak yang harus hidup di pengungsian; anak jalanan; ketidak adilan, dan diskriminasi ras serta gender; anak yang berjuang melawan Aids, dan lain-lain. Masalah global ini adalah masalah kita juga di Indonesia.

Dengan mendalami dan menjadi peka terhadap masalah global, kita akan menjadi manusia dan pengarang yang peka akan keadaan di sekeliling kita, sehingga kita akan peduli orang lain.

Pelatihan ini ditujukan dan akan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sastra anak di Indonesia untuk berbicara di dunia internasional, menambah jumlah penulis anak dan remaja yang handal, menambah jumlah penulis baru, membangkitkan semangat penulis muda untuk menghasilkan karya yang bermutu, menyemangati mereka yang ingin mulai menulis dengan cara yang benar, meningkatkan pengetahuan para editor penerbitan dan mereka yang ingin menjadi editor berkualitas, juga untuk mereka yang ingin menjadi pengajar creative writing.

Para peserta akan dibekali dengan pengetahuan tentang berbagai jenis bacaan anak, elemen penulisan untuk anak dan remaja, elemen sebuah cerita, desain buku novel yang menarik, menulis berbagai isu-isu sulit misal Aids, peperangan, penindasan, kemiskinan dan lain-lain, menulis humor dan lain-lain.

Praktek menulis dan diskusi tentang berbagai tantangan penulisan dan sebagainya. Karena banyak permintaan maka diskusi dan pelatihan akan digunakan dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Banyak hal-hal lain akan dibahas dalam dua hari ini yang akan disertai dengan pameran buku novel dan karya-karya peserta yang telah diterbitkan.

Pelatihan ini akan dilanjutkan di masa datang dengan pelatihan dan pertemuan lain untuk lebih memantapkan kualitas penulisan dan membuat jejaring antar penulis buku anak, tukar menukar info baru tentang apa yang ada serta bisa diikuti oleh pengarang Indonesia untuk berbicara di dunia internasional.

Pelatihan akan diadakan pada tanggal 12 dan 13 April, pk. 09.00 – 16.00 di Unversitas Islam Nasional (UIN) Syarif Hidayatullah di Ciputat : Jl. Kerta Mukti Kampus II – UIN Syarif Hidayatullah. Hubungi KPBA, dengan Eli atau Erna di kantor KPBA, alamat: ITC Permata Hijau, Rukan Diamond No. 22 & 23, Jl. Arteri Permata Hijau, Jakarta Selatan, telp. 53664109, fax. 53664107. Kontribusi pelatihan Rp. 800.000 untuk 2 hari berikut makan siang dan 2 kali snack (setiap hari) serta diberikan 1 novel karya Katherine Paterson, pemenang puluhan penghargaan internasional sastra anak, antara lain Hans Christian Andersen Award, 1998 dan Astrid Lindgren Award, 2005. Catatkan diri Anda secepatnya karena tempat makin terbatas.

Tentang Deborah Ellis: salah satu bukunya yang berbentuk trilogy, The Breadwinner (2000), Parvana Journey (2002) dan Mud City (2003), diterjemahkan lebih dari 17 negara. Novel trilogy ini hasil kunjungannya ke Afganistan ke kamp pengungsian. Hasil royalti bukunya sebanyak lebih dari 650.000 dollar disumbangkan kepada “Afgan Women’s Association” dan “Street Kids Internasional”. Ia adalah penulis novel anak dan dewasa. Pemenang 12 penghargaan internasional. Karyanya diterbitkan dalam 19 bahasa, beberapa diantaranya best seller. Bukunya diterbitkan di 30 negara yaitu: Kanada, Italia, Jepang, Korea, Portugal, Cina, Turki, Jerman, Austria, Croasia, Inggris, Israel, Belanda, Australia, Amerika, Selandia Baru, Mexico, Brasilia, Zambia, Malawi, Tanzania, Kenya, Afrika Selatan, Perancis, Sepanyol, Yunani, Norwegia, Denmark, Swedia, dan India.

Tentang Dr. Murti Bunanta: ahli sastra anak, pengajar Universitas Indonesia, penulis 31 buku anak, peneliti sastra anak dan pimpinan pelatihan menulis dan mendongeng, pemenang 3 penghargaan internasional. Ketua dan pendiri KPBA, bukunya diterbitkan di Indonesia, Amerika, Jepang dan beberapa negara lain akan menyusul.

Pengarang, calon pengarang, pekerja sosial, editor penerbitan, pengajar creative writing patut bertemu dengan Deborah Ellis. Bagi yang berminat silakan mencatakan info diri secepatnya. Kontribusi biaya selambatnya 30 Maret 2007, cash atau transfer ke Bank Mandiri, Cab. Jakarta Grand Wijaya, no. rek: 126-0002217924, a/n: Kelompok Pencinta Bacaan Anak. Anggota KPBA, diskon 20%. Iuran keanggotaan Rp. 100.000 per tahun.

sumber : http://yaniar.multiply.com/journal/item/119

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...