Rabu, Maret 28, 2007

Tanya Jawab tentang Spam

Apakah spam itu?

Spam adalah pesan atau posting, apa pun isinya, yang dikirimkan ke sejumlah penerima yang tidak secara khusus meminta/menginginkan pesan tersebut. Spam juga dapat berupa pengiriman pesan secara berulang-ulang ke berbagai newsgroup atau server milis dengan pokok bahasan yang tidak berkaitan. Nama umum lain untuk spam adalah email komersial yang tidak diminta (UCE-unsolicited commercial email), email massal yang tidak diminta (UBE-unsolicited bulk email), dan surat sampah.

Click here for Definitions of "spam" on the Web

Sejumlah situs web yang kurang bereputasi atau yang kebijakan privasinya kurang ketat mungkin menjual alamat email Anda kepada spammer. Pengirim spam biasanya membeli daftar alamat email dari situs web semacam ini. Mereka mengirimkan pesan dari alamat yang berbeda-beda - dan sering kali palsu - ke seluruh area Web, yang membuat mereka sukar dilacak.

Mengapa saya menerima spam?

Spammer mengirimkan email yang tidak diminta dengan harapan Anda akan membeli produk atau layanan mereka - konsepnya sama dengan surat sampah yang dikirimkan ke rumah Anda. Karena biaya pengiriman email sangat murah, spammer bisa mengirimkan jutaan email, meskipun hanya sejumlah kecil saja orang yang menanggapi dengan membeli produk mereka.

Bagaimana caranya agar saya bisa menghindari spam?
  • Jangan pernah membalas email yang tidak diminta. Bagi pengirim pesan, satu balasan atau "hit" dari ribuan email sudah cukup untuk membenarkan praktik ini. Selain itu, balasan Anda akan memvalidasi bahwa alamat email Anda aktif, yang membuatnya lebih bernilai, dan karena itu akan mengundang lebih banyak spam.
  • Jangan pernah mengirimkan informasi pribadi Anda (nomor kartu kredit, sandi, dsb.) melalui email. Spammer bisa memalsu format berbagai situs tepercaya untuk mengelabui anda.
  • Jangan pernah mengikuti petunjuk email spam untuk membalas dengan kata "remove" atau "unsubscribe" pada baris topik atau pada tubuh pesan, kecuali jika Anda mempercayai sumbernya. Ini sering merupakan tipuan agar Anda menanggapi email tersebut. Spammer bukan saja tidak akan membatalkan langganan Anda, tetapi malah semakin gencar menjual alamat Anda - yang telah Anda validasi dengan respons itu.
  • Jangan pernah mengklik URL atau alamat web yang dicantumkan dalam email spam, meskipun ada pesan bahwa itulah cara untuk menghentikan langganan. Langkah ini juga akan memberitahu pengirim spam bahwa alamat email Anda aktif dan bisa mengundang lebih banyak spam.
  • Jangan pernah mendaftarkan diri ke situs yang menjanjikan untuk menghapus nama Anda dari daftar spam. Meskipun sebagian situs ini mungkin valid, sebagian besar hanyalah pengumpul alamat. Jika si pengumpul mencatat alamat Anda, mereka akan lebih menghargainya karena alamat tersebut aktif.

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...