Selasa, Maret 13, 2007

Tips memilih & membeli Ponsel

Ponsel memang sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi sebagian orang, dan mungkin juga Anda. Wajar saja, mengingat dengan alat komunikasi ini Anda bisa menelepon siapa saja dan dari tempat Anda berada. Sebaliknya, Anda juga bisa dihubungi di mana saja.

Berbagai merk beredar dipasaran (NOKIA, SONY ERICSSON, MOTOROLA, SIEMENS, SAMSUNG, PANASONIC, PHILIPS, O2, IPAQ, LG, TREO, TUNGSTEN, SAGEM, ALCATEL, SANEX, DOPOD, BENQ, KYOCERA, AUDIOVOX, MODOTTEL, SKY, ZTE, KYOCERA, dll) dengan berbagai fitur yang menyertainya. Untuk membantu anda, berikut ini tips sederhana memilih/membeli ponsel (handset).
  1. Tentukan kebutuhan ponsel Anda dan sesuaikan dengan keuangan Anda. Sekarang hampir tiap bulan keluar seri ponsel baru dari merek yang berbeda-beda. Masing-masing punya keistimewaan sendiri. Makin lengkap fasilitas, makin mahal juga harganya. Namun buat membeli ponsel dengan berbagai fasilitas kalau nantinya enggak ada yang saya pakai. Sebagai contoh, fasilitas game atau permainan di HP biasanya jarang sekali digunakan, sebagus apa pun game-nya. Atau fasilitas dering yang bisa lagu atau polytone, yang kalau dipikir-pikir fungsinya sebetulnya sama saja, mau bunyi apa pun. Mungkin memori penyimpan nomer teleponnya bisa muat lebih banyak yang benar-benar diperlukan buat menyimpan nomor telepon rekan-rekan. Di sini, Andalah yang pegang kendali, tentukan kebutuhan Anda, lalu putuskan ponsel yang sesuai kebutuhan tadi.
  2. Cari referensi tentang ponsel yang sesuai. Anda bisa mencari tahu lewat iklan di koran, internet, atau sembari berjalan-jalan di pertokoan. Anda juga bisa mencari referensi lewat teman Anda yang cukup mengerti tentang HP. Nah, sewaktu Anda mencari referensi, coba cari tahu tentang fitur-fiturnya (manfaat yang diberikan), harga jual barunya dan bagaimana prospek dari merek itu bila kita ingin menjual kembali, apakah harga bekasnya nanti kira-kira akan turun jauh atau tidak. Kalau Anda jenis orang yang suka gonta-ganti HP tiap 3 - 6 bulan sekali, tentu saja Anda harus mencari HP yang harga jual bekasnya tidak terlalu jauh dari harga baru.
  3. Tentukan di mana Anda akan membelinya dan lakukan tes disana. Di mana Anda akan beli handphone? Di agen resmi? Toko biasa, atau di Pusat Perbelanjaan seperti ITC Roxy di Jakarta? Tipsnya, kalau Anda mau membanding-bandingkan harga antar satu toko dengan toko yang lainnya, datang saja ke pusat belanja HP. Di sana kita bisa membandingkan harga dan pelayanan penjualnya. Biasanya disana juga banyak referensi tentang ponsel bekas. Tapi kalau Anda hanya mau perlu beli HP sederhana atau "pasaran" (biasanya harganya tak jauh beda antara satu toko dan yang lainnya) dan rumah Anda jauh dari pusat belanja, jangan lupa untuk memperhitungkan juga biaya transport Anda ke sana. Jangan-jangan hitungan totalnya malah lebih mahal daripada kalau Anda membelinya di toko dekat rumah Anda. Begitu Anda sudah membeli HP yang Anda inginkan, jangan lupa untuk mencobanya sekalian di sana. Sekalian juga minta diajari cara pemakaian serta fungsi-fungsinya.
  4. Selalu minta garansi untuk mengurangi masalah di kemudian hari. Karena tidak ada di antara kita yang mau pusing nantinya kalau HP kita rusak. Jadi, kalau kelak ponsel kita bermasalah, bawa saja lagi ke si penjual itu lagi. Harapannya, supaya mereka bisa mereparasi atau menggantinya. Itu gunanya garansi. Nah, sekarang ada lagi kan kaitannya dengan beli HP di tempat yang mudah dijangkau dari rumah? Sehingga kalau ada apa-apa kita bisa cepat pergi ke tempat itu tanpa keluar ongkos berlebihan. Garansi menjadi sangat penting apabila barang yang kita beli adalah model yang canggih, di mana sangat susah mencari tempat reparasinya, atau kalau pun ada, ongkosnya jadi sangat mahal.
  5. Beli saja yang bekas kalau dana Anda terbatas. Tak ada salahnya kalau Anda beli yang bekas kalau memang dana Anda tidak cukup untuk membeli yang baru. Cuma harus diingat, beli ponsel bekas bisa seperti seperti beli kucing dalam karung, karena kita sering tidak tahu riwayat dan kondisi kucingnya. Memang terkadang ada HP bekas yang masih bergaransi. Tapi kebanyakan tidak. Nah, kalaupun Anda harus membeli yang bekas, belilah ke toko yang penjualnya sudah Anda kenal baik. Jadi, faktor insting dan kepercayaan akan jadi semakin penting dalam membeli HP bekas. Bila Anda baru kali ini beli ponsel, mungkin lebih baik ajak teman yang bisa dipercaya yang mungkin punya kenalan atau langganan toko HP.
referensi : http://www.ketok.com/forum/viewtopic.php?p=294

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...