Senin, Maret 26, 2007

Perguruan Tinggi setara Program D-III/IV - Departemen Perindustrian

Pembangunan Nasional bidang pendidikan merupakan upaya mencerdaskan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Oleh karena itu dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan nasional Departemen Perindustrian telah memiliki
Unit Pendidikan yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan dalam rangka menyiapkan tenaga professional untuk memenuhi kebutuhan sektor industri.

Departemen Perindustrian mempunyai beberapa Unit Pendidikan khususnya Perguruan Tinggi setara Program D-III/IV antara lain :

1. Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) di Bandung

STTT Bandung adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi tekstil yang bernaung di bawah Departemen Perindustrian.

STTT Bandung menyelenggarakan Program Diploma IV dalam bidang teknologi tekstil dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknik Tekstil
b. Kimia Tekstil
c. Barang Jadi Tekstil

2. Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) di Jakarta

STMI Jakarta adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi industri yang bernaung di bawah Departemen Perindustrian.

STMI Jakarta menyelenggarakan Program Diploma IV dalam bidang teknologi industri dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknik dan Manajemen Industri
b. Teknik dan Manajemen Informatika
c. Teknik Kimia Industri

3. Pendidikan Teknologi Kimia Industri (PTKI) di Medan

PTKI Medan adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi kimia industri yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

PTKI Medan menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang teknologi kimia industri dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknologi Kimia Industri
b. Teknologi Mekanik Industri

4. Akademi Teknologi Industri (ATI) di Padang

ATI Padang adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi industri yang bernaung di bawah Departemen Perindustrian.

ATI Padang menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang teknologi industri dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknologi Kimia
b. Sistem Produksi Industri
c. Kimia Analisis
d. Lingkungan Industri
e. Manajemen Industri

5.Akademi Teknik Industri (ATI) di Makassar

ATI Makassar adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi industri yang bernaung di bawah Departemen Perindustrian.

ATI Makassar menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang teknologi industri dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Manajemen Teknik Industri
b. Teknik Mekanik Industri
c. Teknik Elektro Industri
d. Teknik Pengendalian Mutu dan Lingkungan Industri

6. Akademi Teknologi Kulit (ATK) di Yogyakarta

ATK Yogyakarta adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang teknologi kulit yang bernaung di bawah Departemen Perindustrian.

ATK Yogyakarta menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang teknologi kulit dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Teknologi Bahan Kulit, Karet dan Plastik
b. Teknologi Pengolahan Kulit
c. Desain dan Teknologi Sepatu
d. Desain dan Teknologi Produk Kulit

7. Akademi Kimia Analisis (AKA) di Bogor

AKA Bogor adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang kimia analisis yang bernaung di bawah Departemen Perindustrian.

AKA Bogor menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang kimia analisis dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Kimia Analisis

8. Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) di Jakarta

APP Jakarta adalah Perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vokasi dan profesi bidang ilmu manajemen industri dan perdagangan yang bernaung dibawah Departemen Perindustrian.

APP Jakarta menyelenggarakan Program Diploma III dalam bidang manajemen industri dan perdagangan dan mempunyai jurusan pendidikan sebagai berikut :

a. Manajemen SDM
b. Manajemen Produksi
c. Manajemen Pemasaran
d. Manajemen Keuangan
e. Perdagangan Internasional

B. PROGRAM BEASISWA CALON TPL

Unit-unit Pendidikan di Lingkungan Departemen Perindustrian dapat dipersiapkan untuk menciptakan tenaga professional dalam mengembangkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) melalui penyiapan Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) yang professional yang dapat ditempatkan di seluruh Kabupaten/Kota dimana yang bersangkutan berasal sebagai calon Pembina Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Wirausahawan IKM.

Dalam usaha mendukung kebijakan pembangunan industri yaitu pengembangan Usaha Kecil dan Menengah agar menjadi tulang punggung pembangunan ekonomi nasional,Departemen Perindustrian merupakan salah satu instansi yang berkompeten dan berperan aktif
mempersiapkan tenaga-tenaga profesional khususnya Tenaga Penyuluh Lapangan, sebagai salah satu ujung tombak untuk memicu pertumbuhan perekonomian melalui Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM)

Untuk itu Departemen Perindustrian berusaha dan berupaya dengan
merekrut Siswa-Siswa berprestasi dilingkungan Sekolah Menengah
Tingkat Atas dengan memberikan Beasiswa untuk disekolahkan pada Unit
Pendidikan di Lingkungan Departemen Perindustrian.

Dalam rangka penyelenggaraan Beasiswa Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) tadi semua Unit Pendidikan di Lingkungan Departemen Perindustrian diharapkan dapat menciptakan Tenaga Profesional Penyuluh Lapangan yang berkemampuan setara Program D-3 sesuai dengan berbagai Jurusan disesuaikan dengan Potensi Daerah masing-masing. Program D-3 untuk
Tenaga Penyuluh Lapangan (TPL) dapat ditempuh selama 3 (tiga) tahun (6 semester) sebanyak 110 - 120 sks.

Untuk download Formulir / Pendaftaran Online dapat mengkases ke www.depperin. go.id/tpl

Mohon untuk disebarluaskan informasi ini..
terima kasih

Biro Kepegawaian
Departemen Perindustrian
"Industrialisasi Menuju Kehidupan Yang Lebih Baik"

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...