Rabu, Maret 14, 2007

Perlukah Kita Tersenyum ?

Tersenyum adalah perilaku yang sangat menyenangkan. Dalam senyuman, terpancar perasaan dan perilaku positif, keramahan, kegembiraan, kesopanan, dan rasa hormat.

Senyuman memiliki kekuatan luar biasa. Senyuman dapat membuat kita melihat dunia lebih indah. Senyum tulus dapat mencairkan hubungan yang beku, memberi semangat pada orang yang putus asa, membuat cerah suasana muram, obat penenang jiwa yang resah.

Ekspresi loyo dan malas membuat orang lain pun malas berkomunikasi dengan kita. Dan sebaliknya, ekspresi bergairah dan ramah akan meningkatkan hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita. Ini terjadi karena ketika kita berbicara, orang melihat muka kita. Dan ciri yang paling menonjol adalah senyuman. Menurut ahli, ada 18 jenis senyuman, dan setiap senyuman menggunakan kombinasi otot yang sedikit berbeda serta menyampaikan pesan yang berbeda.

Wanita sering kali tersenyum untuk menenteramkan pria. Ya, senyum memang dapat membuat orang tampak ramah, menarik dan terbuka, tapi juga dapat dipandang sebagai undangan seksual. Jadi, wanita sebaiknya tidak tersenyum berlebihan.

Riset menyimpulkan bahwa senyum yang tidak menarik dapat ditafsirkan sebagai tanda kurang percaya diri, sementara senyum yang menarik cenderung dipersepsikan sebagai keramahan dan percaya diri.

Karenanya, perhatikan cara Anda tersenyum, dan sesuaikan dengan situasi kegiatan atau peran Anda. Tersenyum lebar saat kumpul santai dengan teman adalah wajar, tapi jangan tersenyum sangat lebar ketika situasi sangat resmi. Senyuman adalah pernyataan untuk membuka diri pada sekeliling kita.

Jadi, meski tersenyum kelihatannya seuatu yang sederhana, tapi berdampak luar biasa. Tersenyum adalah sesuatu yang dapat dilatih dengan kesadaran. Ingat, tersenyum adalah cara termudah untuk menghadiahi seseorang, tanpa biaya, memperkaya si penerima tanpa mempermiskin si pemberi. Sekilas, namun tahan lama. Senyum adalah sesuatu yang tidak berharga bagi seseorang kecuali diberikan. (Tabloid Nova)

Tidak ada komentar:

linkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...